STRATEGI GURU DALAM PEMBENTUKAN SIKAP SOSIAL SISWA SDN 1 GERESIK

  • Diana Septiani STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Dede Darkam STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Narasumber pokok dalam penelitian ini adalah siswa 5 orang siswa kelas 5, 1 orang guru atau wali kelas, 1 kepala sekolah SD Negeri 1 Geresik. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi dengan informan kepala sekolah guru dan siswa yang ditentukan secara purposive sampling. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru yang di gunakan dalam membentuk sikap sosial siswa. Guru melakukan strategi belajar mengajar dengan cara membuat perangkat pembelajaran yang terdiri dari sumber belajar yang sesuai dengan materi pelajaran, penyampaian tujuan pembelajaran, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, membuat kelompok diskusi dan memberikan motivasi. Sikap sosial yang muncul pada siswa adalah disiplin, tanggung jawab, santun, peduli dan percaya diri yang tercermin pada aktivitas yang dilakaukan siswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anisabellah. 2017. Pengaruh Sikap Sosial Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VIII di MTs AL- Maarif 01 Singosari Malang. Skripsi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Azami, Tomi. 2015. Korelasi Intensitas Membaca Al-Quran dengan Perilaku Keagamaan Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 23 Semarang Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Hanurawan, Fattah. 2010. Psikologi sosial. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Kemendikbud Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah No.3638 Tahun 2016 tentang Panduan Penilaian di SD.
Kholifah, Siti Nur (2017). Strategi dalam Pembentukan Karakter Siswa Berbasis Kurikulum 2013 di SDN Sidomulyo 01 Kota Batu. Skripsi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Kurnianingrum, Rinda. 2018. Penanaman Sikap Sosial Melalui Pembelajaran IPS Kelas V di SD Negeri Pengkol. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol (7), No (2)
Nasution. 206. Metode Research. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Nurfirdaus, Nunu. 2019. Ilmu Pengetahuan Sosial. Jawa Timur: CV Mitra Karya
Nor Hayati, Siti. 2017. Manfaat Sholat Dhuha dalam Pembentukan Akhlakul Kharimah (Studi Kasus Pada Siswa Kelas Xl Man Purwoasri Kediri Tahunpelajaran 2014-2015). Jurnal Vol (1), No (1).
Rosidah. 2019. Strategi Pembelajaran dalam Menanamkan Sikap sosial Siswa di Kelas v MIN 2 Bandar Lampung. Skripsi Universitas Islam Negeri raden Intan lampung.
Salimah, Hamidatus. 2018. Strategi Guru dalam Pengembangan Kecerdasan Emosional Siswa Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ukum 1 Gejug Jati Lekok Pasuruan. Skripsi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Saondi, Ondi dan Suherman, Aris. (2009). Etika Profesi Keguruan. Kuningan: PT Reflika Aditama
Sugiyono. 2015. Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Surahman, Edy dan Mukminan. 2017. Peran Guru IPS Sebagai Pendidik dan Pengajar dalam Sikap Sosial dan Tanggung Jawab Sosial siswa SMP. Vol (4), No (1), (1-13).
Syatra, Nuni Yusvavera. 2013. Desain Relasi Efektif Guru dan Murid. Jogjakarta: Buku Biru.
Tatang. 2012. Ilmu Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.
Thaib, Razali M dan Siswanto Irman. Inovasi Kurikulum dalam Pengembangan Pendidikan. Jurnal Edukasi. Vol (1). No (2).
Virani, Ida Ayu Dewi. (2016). Deskripsi sikap Sosial Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 4 Panarukan 1`Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng. Jurnal PGSD. Vol (4), No (1).
Warif, Muhammad. 2019. Strategi Guru Kelas dalam Menghadapi Peserta Didik yang Malas Belajar. Jurnal Tabawi. Vol (4), No (1).
Published
2021-02-26
Section
Articles
Abstract viewed = 521 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 437 times