ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PELAKSANAAN PENILAIAN BERBASIS DARING (ONLINE)

  • Aditya Ramdhanika STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Dede Darkam STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Permasalahan awal yang muncul saat ini karena adanya pandemi global, pembelajaran siswa SDN Kertaungaran, di dusun pahing, Desa Kertaungaran, Kecamatan Sindangagung, Kabupaten Kuningan pembelajaran seadanya seperti pembelajaran daring (Online) sampai penilaian diadakan secara daring (Online). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis kompetensi pedagogik guru, penilaian berbasis daring (Online) di SDN Kertaungaran. Mengetahui kompetensi pedagogik guru dalam melaksanakan penilaian berbasis daring (Online). Model penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif serta Metode yang digunakan adalah : 1) metode observasi; 2) metode wawancara; 3) metode kuesioner (angket) dengan teknik Purposive Sampling pada guru kelas SDN Kertaungaran dengan teknik analisis datanya menggunakan:  a) Reduksi Data; b) Penyajian Data; dan c) Conclusing Drawing/ verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para guru di SDN Kertaungaran tetap menerapkan rencana pembelajaran dan materi yang dituangkan dalam RPP dan tetap melaksanakan kompetensi pedagogiknya, dalam menjalankan penilaian berbasis daring (Online) merumuskan aspek-aspek yang akan dinilai, guru dibantu oleh orang tua peserta didik dalam pembelajarannya. Dalam hal ini orang tua hanya mengamati dan merekam proses belajar siswa ke dalam bentuk video atau memfoto hasil karya siswa kemudian disampaikan kepada guru melalui media daring

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amelia, Shinta dkk. (2020). Sistematika penilaian autentik dalam pembelajaran daring di rumah lewat televisi saat terjadinya COVID-19. Wahana Didaktika, Vol 18 (2), hal 120–131.
Aqib, Z. (2009). Menjadi guru profesional berstandar nasional. Bandung: Penerbityramawidya.
Fattah, A. (2018). Peningkatan kompetensi pedagogis guru berbasis keterampilan dasar mengajar di MI nurul karim NW kebon ayu gerung lombok barat. Jurnal Transformasi. Vol 14(1), Hal 13–26.
Hanum, Numiek S. (2013). Keefektifan e-learning sebagai media pembelajaran (studi evaluasi model pembelajara e-learning SMK telkom sandhy putra purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi. Vol 3(1), Hal 92.
Imania, Kuntum A. (2019). Rancangan pengembangan instrumen penilaian pembelajaran berbasis daring. Jurnal Petik. Vol 5(1), Hal 31–47.
Kuncahyono, dkk. (2019). Pengembangan instrumen e-test sebagai inovasi penilaian berbasis online di sekolah dasar berpikirnya. Jurnal Inovasi Pembelajaran. Vol 5 (2), Hal 155–169.
Kurniawan, Ade. (2017). Deskripsi kompetensi pedagogik guru dan calon guru kimia SMA muhammadiyah 1 semarang. Seminar Nasional Pendidikan, Sains Dan Teknologi. Vol 1, Hal 1–7.
Moleong, L. J. (2011). Metodologi penelitian kualitatif edisi revisi 2011. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sadulloh, U., Muharram, A., & Robandi, B. (2014). Pedagogik (ilmu mendidik). Bandung: Alfabeta.
Sudijono, Anas. (2013). Pengantar evaluasi pendidikan. Bandung: PT. Rajagrafindo Persada.
Sudjana, Nana. (2011). Dasar-dasar proses belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta, CV.
Susanti. 2018. Kompetensi pedagogik yang dimiliki guru kelas tinggi Di MI Ma’arif NU 2 pancasan Ajibarang. Jurnal Penelitian Agama. Vol 19(2), Hal 1–1
Published
2021-02-26
Section
Articles
Abstract viewed = 198 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 164 times