EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA SEKOLAH DASAR

  • Dessi Purnamasari STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Nana Sutarna STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Efektivitas Media Pembelajaran Pop Up Book Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar Kelas II SDN Randobawailir, Pogram Studi Guru Sekolah Dasar (PGSD), 2019, Kemampuan Membaca anak perlu di tingkatkan, oleh karena itu pembelajaran harus menarik dan menyenangkan. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan membaca adalah melalui buku cerita 3 dimensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca adalah melalui buku cerita 3 dimensi (Pop Up Book). Penelitian ini merupakan tindakan kelas. Lokasi SDN Randobawailir Subyek dalam  penelitian ini adalah anak didik Kelas II A dan II B SDN Randobawailir, semester II tahun pelajaran 2018/2019. Adapun  jumlah anak didik kelas II A dan II B SDN Randobawailir adalah jumlah 44 anak. Data dikumpulkan melalui  tes dan observasi. Keabsahan data diperiksa dengan perhitungan. Data dianalisis secara perhitungan kuantitatif media alur. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada peningkatan dalam kemampuan membaca anak Sekolah Dasar melalui media pembelajaran 3 dimensi (Pop Up Book) , yakni kemampuan membaca nilai rata-rata pretest  sebesar 61,47 dan efektivitas media pembelajaran kemampuan membaca  nilai rata-rata posttest sebesar 75,54, pengujian hipotesis dengan taraf signifikan 5% ternyata thitung  sebesar ≥ ttabel (3.292 ≥ 1,683), maka  HI diterima HO ditolak. Artinya terdapat peningkatan antara pretest dan posttest pada kelas eksperimen. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Creswell, Jhon W. 2013. Research Desaign Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed, Yogyakarta : Pustaka Belajar.
Tatang. 2012. Ilmu Pendidikan. Bandung : CV Pustaka Setia.
Susanto, Ahmad. 2013 Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Prenadamedia Group.
Sholikhah, Aimatus. 2017. Pengembangan Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Kreatif Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Menulis Karangan Kelas V SDN di Rowoharjo. Jurnal Univesitas Nusantara PGRI Simki-Pedagogia Vol. 01 No. 08 tahun 2017 ISSN : 2599-073X
Published
2020-09-24
Section
Articles
Abstract viewed = 144 times
pdf (Bahasa Indonesia) downloaded = 135 times