PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM ( IPA ) SISWA KELAS IV SDN 1 CILEUYA KECAMATAN CIMAHI KABUPATEN KUNINGAN
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar pada mata pelajaran IPA di kelas IV SDN 01 Cileuya, dan untuk mengetahui peran serta kendala yang menghambat proses pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar pada mata pelajaran IPA dikelas IV SDN I Cileuya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain penelitian studi kasus, dengan menggunakan responden siswa kelas IV, guru/ wali kelas IV. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi, sementara untuk teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah triangulasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa dengan guru menerapkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar pada pembelajaran IPA dapat membuat suasana pembelajaran menjadi menyenangkan, karena lingkungan sekolah sangatlah berperan penting dalam proses pembelajaran, khususnya pada pembelajaran IPA yang erat kaitanya dengan lingkungan sekitar. Namun adapula beberapa kendala yang mengambat seperti dalam pengelolaan waktu dan kurangnya konsentrasi siswa.
Downloads
References
Djanali. 2007. Model Pembelajaran Kooperatif. Departemen Pendidikan Nasional Jakarta
Darmodjo, Hendro. 2011. Pendidikan IPA II. Jakarta : Depdikbud
Hatimah, Ihat. 2007. Penelitian Pendidikan. Bandung : UPI Press
Moleong, Lexy J. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Mudlofir, Ali. 2015. Desain Pembelajaran Inovatif. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Narimawati, Umi. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kauntitatif. Bandung : Agung Media
Rusman, 2014. Model - Model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Tatang, 2012. Ilmu Pendidikan. Bandung : CV. Pustaka Setia.