Implementasi Permainan Tradisional dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional (Studi Kasus di SD Negeri 2 Kalapagunung)

  • Widia Indah Lestari STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Nunu Nurfirdaus STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang implementasi permainan tradisional dalam mengembangkan kecerdasan emosional siswa di SD Negeri 2 Kalapagunung Kecamatan Kramatmulya Kabupaten Kuningan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan metode purposive sampling. Narasumber pokok dalam penelitian ini adalah siswa 1 orang kelas I, 1 orang kelas II, 2 orang kelas III, 3 orang kelas IV, 2 orang kelas V, 1 orang kelas VI, 7 orang guru dan 1 kepala sekolah SD Negeri 2 Kalapagunung. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan tradisional sudah di terpakan di sekolah ini. Hal ini di dukung oleh program dan kebijakan kepala sekolah serta peran guruguru yang memperkenalkan permainan tradisional kepada siswa. Dalam memperkenalkan permainan tradisional kepada siswa, para guru menerapkan permainan tradisional dalam pembelajaran, selain itu saat jam istirahat atau dalam kegiatan ekstrakurikuler serta dalam kegiatan non formal. Secara garis besar, permainan tradisional yang sering di terapkan di sekolah tersebut seperti gobang sodor, egrang, bakiak, parengket-rengket jengkol memiliki dampak yang baik kepada siswa, dimana permainan tradisional mampu mengembangkan kecerdasan emosional siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, Rulam. 2016. Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Andriani, Tuti. 2012. Permainan Tradisional dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini. Ejurnal.uin-suska.id. Jurnal Sosial Budaya Vol 9 (1).
Moleong. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Safrudin, dkk. 2014. Aktualisasi Pembeljaran Berbasis Permainan Tradisional Sebagai Upaya Mengembangkan IQ, EQ dan SQ Siwa dalam Mewujudkan Karakter Bangsa Yang Berbudaya. Media.neliti.com. Jurnal PENA. Vol 1 (2).
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: ALFABETA.
Published
2020-09-09
Section
Articles
Abstract viewed = 274 times
pdf (Bahasa Indonesia) downloaded = 234 times