PERANAN DISKUSI KELOMPOK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERHADAP PERILAKU AKADEMIK SISWA DI SD NEGERI KADUAGUNG KECAMATAN SINDANGAGUNG KABUPATEN KUNINGAN

  • Ade Maharani STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Dede Darkam STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku akademik Siswa dalam diskusi kelompok Pembelajaran Tematik Di SD Negeri Kaduagung. Metode penelitian ini memakai metode penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian bertempat di Sekolah Dasar Negeri Kaduagung Kecamatan Sindangagung Kabupaten Kuningan dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas V yang berjumlah 38 orang siswa dan guru wali kelas V sebagai informan. Teknik pengumpulan data dan instrumen wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat dampak positif dari pembelajaran diskusi kelompok terhadap perilaku akademik siswa kelas V di SD Negeri Kaduagung Kecamatan Sindangagung Kabupaten Kuningan. Guru berperan untuk meningkatkan kualitas perilaku akademik siswa dalam proses pembelajaran selama berada di sekolah. Sehingga disini guru sangat berperan dalam meningkatkan kualitas perilaku akademik siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Terdapat Dampak Yang Positif Dari Pembelajaran Diskusi Kelompok Terhadap Perilaku Akademik Siswa Kelas V di SD Negeri Kaduagung Kecamatan Sindangagung Kabupaten Kuningan.

Keywords: metode diskusi kelompok, perilaku akademik siswa, siswa sekolah dasar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Baharudin. 2009. Pendidikan & Psikologi Perkembangan. Jakarta: Ar. Ruzz Media.
S Tatang. 2012. Ilmu Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.
Sa’ud Udian Syaefudin dan Makmun Arbin Syamsuddin. 2014. Perencanaan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset. 2011. Manajemen Kelas Untuk Guru Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Sudjana, Nana. 2013. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA
Published
2022-01-21
Section
Articles
Abstract viewed = 50 times
pdf (Bahasa Indonesia) downloaded = 47 times