PENGARUH MEDIA MINIATUR STRUKTUR BUMI TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI BUMI KELAS V-D SD NEGERI 17 KUNINGAN
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa masih rendah, hal ini dibuktikan dari data yang diperoleh yang menunjukkan bahwa sebagian besar siswa yaitu sebesar 45% memperoleh nilai di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas V-D SD Negeri 17 Kuningan yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive
Sampling, karena peneliti yang menentukan dan memilih sendiri kelas yang akan digunakan menjadi sampel, sehingga sampel yang diambil adalah siswa kelas V-D SD Negeri 17 Kuningan yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi (pengamatan), tes, studi pustaka dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji rerata dan uji gain.. Berdasarkan perhitungan secara statistik diperoleh nilai thitung = 3,62 > ttabel = 1,67 maka H1 diterima, ini artinya terdapat pengaruh media miniatur struktur bumi terhadap peningkatan hasil belajar IPA materi bumi kelas V-D SD Negeri 17 Kuningan.