Author Guidelines

PERSYARATAN NASKAH UNTUK JURNAL LENSA PENDAS

1. Artikel merupakan/diangkat dari hasil penelitian di bidang pendidikan dan pengajaran pada tingkat pendidikan dasar.

2. Artikel ditulis dalam Bahasa Indonesia sepanjang 15-20 halaman kuarto, spasi 1,15. Jenis huruf Times New Roman 12. Identitas penulis dicantumkan di bawah judul (Nama tanpa gelar, Instansi, Email). Artikel dikirim melalui sistem journals on line STKIP Muhammadiyah Kuningan.

3. Abstrak dalam bahasa Inggris 100 – 200 kata dan memuat tujuan, metode, dan hasil penelitian dan diketik 1 spasi, disertai dengan kata kunci yang mencerminkan substansi artikel.

4. Artikel ditulis dengan sistematika:

  • Judul, nama penulis tanpa gelar, instansi asal, alamat email, abstrak (dalam bahasa Inggris), kata kunci, isi meliputi: Pendahuluan (latar belakang, permasalahan, tujuan, dan landasan teori); Metode Penelitian; Hasil dan Pembahasan; dan Simpulan, Daftar Pustaka. Isi Tanpa Penomoran.
  • Pada bagian pendahuluan harus memuat gap analysisstate of the art, dan novelty.
  • Pada bagian metode harus memuat: research design, population and sample, instrument development, instrument development process, pilot study, data collection dan data analysis.
  • Pada bagian hasil dan pembahasan harus memuat temuan-temuan baru, perbandingan dengan temuan-temuan penelitian terkait sebelumnya, serta alasan dari perbedaan atau persamaan temuan tersebut.
  • Pada bagian kesimpulan harus memuat jawaban singkat atas rumusan masalah, keterbatasan penelitian, serta rekomendasi penelitian selanjutnya.

5. Gambar, grafik, dan tabel disajikan dengan ketentuan:

  • Ukuran gambar, grafik, dan tabel menyesuaikan ukuran kertas
  • Judul gambar dan grafik ditulis di tengah bawah dan diberi nomor urut
  • Judul tabel di tengah atas dan diberi nomor urut, format tabel wajib sesuai template

6. Catatan untuk Kutipan

  • Setiap kutipan disertai halaman, contoh: (Sutrisno, 2015: 13)
  • Acuan yang digunakan terbitan mutakhir (maksimal 10 tahun terakhir) bersumber dari buku 10% dan jurnal 90%.

7. Artikel dikirim paling lambat 1 (satu) bulan sebelum penerbitan secara on line di alamat http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/lensapendas

8. Artikel wajib melampirkan hasil pengecekkan plagiasi dari Turnitin (berbentuk Pdf) yang diunggah dalam "Suplementary File". Persentase kesamaan tidak lebih dari 30%.

9. Kepastian pemuatan atau penolakan naskah akan diberitahukan secara on line. Penulis diharapkan selalu mengecek status artikel melalui akun masing-masing.