Peranan Permainan Tradisional Engklek dalam Mengembangkan Kemampuan Matematika di Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan matematika dalam permainan tradisional engklek , Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah etnografi, dimana peneliti hanya melakukan pengamatan melalui dokumentasi, wawancara dan studi literatur yang berkaitan dengan permainan tradisional kelereng jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah anak-anak usia Sekolah Dasar di desa Umbul Kabupaten Serang. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya unsur matematika yang terkandung dalam permainan tradisional engklek. Permainan tradisional engklek mengajarkan nilai-nilai sosial, seperti kejujuran, kesabaran, kerjasama, saling menghargai, kedisiplin, ketelitian bahkan dapat melatih kemampuan motorik seperti menjaga keseimbangan tubuh, lebih aktif, dan menggunakan feeling dalam bermain, selain itu anak mulai memahami adanya kaitan matematika dalam kehidupan sehari-hari seperti unsur matematika bangun datar, membuat garis lurus, mengingat nomor setiap kotak, konsep peluang. Dengan ini anak-anak merasa senang belajar Matematika dengan bermain, dan anak turut serta melestarikan budaya Indonesia agar tidak luntur bahkan punah yaitu permainan tradisional engklek.
Downloads
References
Dedi, N., & Elis, N. (2019). Eksplorasi Unsur Matematika Dalam Pembuatan Batik Khas Tasikmalaya. Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 5(2), 111–119.
Ekawati, & Melda, Jaya, S. (2018). Kesulitan Belajar Matematika Berkaitan dengan Konsep pada Topik Aljabar : Studi Kasus pada Siswa Kelas VII Sekolah ABC Lampung. A Journal of Language, Literature< Culture, and Edicationournal of Language, Literature Culture, and Edication, 14(1), 53–64.
Ema, Butsi, P. (2013). Pemanfaatan Etnomatematik Melalui Permainan Engklek Sebagai Sumber Belajar. Journal of Separation Science and Engineering, 5(1), 11–21. http://scholar.google.com/scholar?hl=en&btnG=Search&q=intitle:No+Title#0
Faridah, Jihan, Wahidin, H. B. (2019). Penerapan Metode Problem Solving Berbantu Benda Konkret Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. JUMLAHKU, 5(2), 25–38.
Febriyanti, C., Prasetya, R., & Irawan, A. (2018). Etnomatematika Pada Permainan Tradisional Engklek Dan Gasing Khas Kebudayaan Sunda. Barekeng: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 12(1), 1. https://doi.org/10.30598/vol12iss1pp1-6ar358
Fitriyah, A., & Khaerunisa, I. (2018). Pengaruh Penggunaan Metode Drill Berbantuan Permainan Engklek Termodifikasi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(2), 267. https://doi.org/10.31331/medives.v2i2.653
Hartoyo, A. (2013). Etnomatematika Pada Budaya Masyarakat Dayak Perbatasan Indonesia-Malaysia. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 2(1). https://doi.org/10.26418/jpmipa.v2i1.2180
Hendriana, B., Wahyuningsih, & Supriadi, E. (2019). Pengaruh penggunaan media pembelajaran cangkang kerang terhadap motivasi belajar siswa sekolah dasar di Kab. Sikka. Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiah Kuningan, 5(2), 1–11.
Hestika Novianingsih. (2016). Pendekatan pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan dalam pembelajaran matematika sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 1–11.
Kurniati, E. (2011). Program Bimbingan Untuk Mengembangkan. 1–18. http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PGTK/197706112001122-EUIS_KURNIATI/pedagogia.pdf
Kusmiati, A. M., & Sumarno, G. (2018). Pengaruh Permainan Tradisional terhadap Kemampuan Perseptual Motorik Anak di SDN Margawatu II Garut Kota. TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 1(2), 17. https://doi.org/10.17509/tegar.v1i2.11934
Maulida, S. H. (2019). Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Melalui Permainan Tradisional Engklek. 561–569.
Nurjamil, Dedi, D. (2019). Eksplorasi Unsur Matematika Dalam Pembuatan Batik Khas Tasikmalaya. JUMLAHKU, 5.2(8), 111–119. https://doi.org/10.15036/arerugi.44.821_2
Rusja, J., Rosyid, A., & Umbara, U. (2017). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBASIS ETHNO MATHEMATICS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIK SISWA. Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiah Kuningan, 3(2), 57–62.
Siregar, N., & Lestari, W. (2018). Peranan permainan tradisional dalam mengembangkan kemampuan matematika anak usia sekolah dasar. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 1. https://doi.org/10.26486/jm.v2i1.427
Sugiarti, A. N. D., & Hasibuan, R. (2017). Pengaruh Permainan Engklek Modifikasi Terhadap Kemampuan Kognitif Mengenal Lambang Bilangan Kelompok A TK Tunas Harapan Plandaan Jombang. PAUD Teratai, 6(3).
Wijayanti, R., & Trisiana, A. (2018). Pengaruh Permainan Engklek Berbasis Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas Iii. Jurnal Sinektik, 1.
Wulandari, Rifa, S., & Hurustyanti, H. (2016). Character Building Anak Usia Dini Melalui. Journal Indonesian Language Education and Literature, 2(1), 22–31.
Yudiwinata, H. P., & Handoyo, P. (2014). Permainan Tradisional dalam Budaya dan Perkembangan Anak. Paradigma, 2, 1–5.
Copyright (c) 2020 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.