Eksplorasi Kultural Matematis Pada Aktivitas Bertenun Adat Baduy

  • Risky Indah Yuniar Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Heni pujiastuti Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Abstract

Budaya merupakan pengenal atau identitas dari suatu daerah. Namun budaya berkaitan erat dengan Pendidikan. Hal ini budaya dapat dijadikan media pembelajaran sekaligus mengenal budaya tersebut. Pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan budaya dikenal dengan ethnomatematika. Ethnomatematika merupakan pendekatan pembelajaran matematika yang dapat menjembatani pembelajaran matematika dengan melalui budaya setempat. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi unsur-unsur matematis yang ada dalam pembuatan tenun adat baduy. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Subjek  dalam  penelitian  ini  adalah  penenun adat baduy yang berada di desa kanekes leuwidamar lebak banten. Pengumpulan data dilakukan dengan cara triangulasi yaitu menggunakan metode observasi, wawancara dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya unsur-unsur geometri pada motif tenun baduy yang dapat diimplementasikan sebagai media pembelajaran matematika pada materi geometri bangun datar (persegi, persegi panjang, belah ketupat, segitiga sama sisi, transformasi geometri (refleksi , translasi (pergeseran), dilatasi (perkalian), dan rotasi), garis pada tenun, simetri putar dan simetri lipat, kekongruenan.

Keywords: eksplorasi, ethnomatematika, tenun baduy

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmad, Z. A., & Ida, R. (2018). Etnografi Virtual Sebagai Teknik Pengumpulan Data Dan Metode Penelitian. The Journal of Society & Media, 2(2), 130. https://doi.org/10.26740/jsm.v2n2.p130-145
Agasi, G. R., & Wahyuono, Y. D. (2016). Kajian Etnomatematika : Studi Kasus Penggunaan Bahasa Lokal Untuk Penyajian Dan Penyelesaian Masalah Lokal Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 527–540.
Amini, N. M. (n.d.). INTERAKSI SOSIAL PEREMPUAN PEKERJA BADUY, 22–41.
Doc, I. (2020). Dicetak pada tanggal 2020-01-19 Id Doc: 589c8c2181944d3e10494077, 1–7.
Maftukha, N., Yustiono, Y., & Adriati, I. (2017). Visualisasi Tenun Baduy. Journal of Visual Art and Design, 9(2), 51. https://doi.org/10.5614/j.vad.2017.9.2.1
me. (2012). No Title3(September), 1–47.
Oliver, J. (2013).No Title No Title. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Risdiyanti, I., & Prahmana, R. C. I. (2018). Ethnomathematics: Exploration in Javanese culture. Journal of Physics: Conference Series, 943(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/943/1/012032
Sabilirrosyad, S. (2018). Ethnomathematics Sasak: Eksplorasi Geometri Tenun Suku Sasak Sukarara Dan Implikasinya Untuk Pembelajaran. Jurnal Tatsqif, 14(1), 49–65. https://doi.org/10.20414/jtq.v14i1.21
Samijo, S., & Yohanie, D. D. (2017). Pengaruh model pembelajaran kontekstual berbasis etnomatematika pada pola batik tenun (ATBM) khas Kota Kediri terhadap kemampuan refleksi dan simetri mahasiswa semester 2 Prodi Pendidikan Matematika UNP Kediri. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 3(2), 135. https://doi.org/10.29407/jmen.v3i2.11975
Setyowati, S. (2014). Etnografi Sebagai Metode Pilihan Dalam Penelitian Kualitatif Di Keperawatan. Jurnal Keperawatan Indonesia, 10(1), 35–40. https://doi.org/10.7454/jki.v10i1.171
Tabares, I., Sukmaningrum, P. S., Performance, F., Insurance, I., Pendahuluan, I., Belakang, L., … Tabares, I. (2013). Jurnal Teknologi, 1(1), 69–73. https://doi.org/10.11113/jt.v56.60
Turmudi. (2017). Ethnomathematics: Apa Mengapa dan Bagaimana Implementasi dalam Pembelajaran Matematika di Kelas. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1–9.
Tobing, D. H., Herdiyanto, Y. K., Astiti, D. P., Rustika, I. M., Indrawati, K. R., Susilawati, L. K. P. A., & All, E. (2016). Bahan Ajar Metode Penelitian Kualitatif. Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Udaya, 1–41.
Wahyudin. (2018). Etnomatematika Dan Pendidikan Matematika Multikultural. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia, 1–19.
Published
2020-06-05
How to Cite
Yuniar, R. I., & pujiastuti, H. (2020). Eksplorasi Kultural Matematis Pada Aktivitas Bertenun Adat Baduy. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 6(1), 66 - 77. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v6i1.948
Abstract viewed = 628 times
PDF downloaded = 549 times