Eksplorasi Kultural Matematis Pada Aktivitas Bertenun Adat Baduy
Abstract
Budaya merupakan pengenal atau identitas dari suatu daerah. Namun budaya berkaitan erat dengan Pendidikan. Hal ini budaya dapat dijadikan media pembelajaran sekaligus mengenal budaya tersebut. Pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan budaya dikenal dengan ethnomatematika. Ethnomatematika merupakan pendekatan pembelajaran matematika yang dapat menjembatani pembelajaran matematika dengan melalui budaya setempat. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi unsur-unsur matematis yang ada dalam pembuatan tenun adat baduy. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Subjek dalam penelitian ini adalah penenun adat baduy yang berada di desa kanekes leuwidamar lebak banten. Pengumpulan data dilakukan dengan cara triangulasi yaitu menggunakan metode observasi, wawancara dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya unsur-unsur geometri pada motif tenun baduy yang dapat diimplementasikan sebagai media pembelajaran matematika pada materi geometri bangun datar (persegi, persegi panjang, belah ketupat, segitiga sama sisi, transformasi geometri (refleksi , translasi (pergeseran), dilatasi (perkalian), dan rotasi), garis pada tenun, simetri putar dan simetri lipat, kekongruenan.
Downloads
References
Agasi, G. R., & Wahyuono, Y. D. (2016). Kajian Etnomatematika : Studi Kasus Penggunaan Bahasa Lokal Untuk Penyajian Dan Penyelesaian Masalah Lokal Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 527–540.
Amini, N. M. (n.d.). INTERAKSI SOSIAL PEREMPUAN PEKERJA BADUY, 22–41.
Doc, I. (2020). Dicetak pada tanggal 2020-01-19 Id Doc: 589c8c2181944d3e10494077, 1–7.
Maftukha, N., Yustiono, Y., & Adriati, I. (2017). Visualisasi Tenun Baduy. Journal of Visual Art and Design, 9(2), 51. https://doi.org/10.5614/j.vad.2017.9.2.1
me. (2012). No Title3(September), 1–47.
Oliver, J. (2013).No Title No Title. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Risdiyanti, I., & Prahmana, R. C. I. (2018). Ethnomathematics: Exploration in Javanese culture. Journal of Physics: Conference Series, 943(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/943/1/012032
Sabilirrosyad, S. (2018). Ethnomathematics Sasak: Eksplorasi Geometri Tenun Suku Sasak Sukarara Dan Implikasinya Untuk Pembelajaran. Jurnal Tatsqif, 14(1), 49–65. https://doi.org/10.20414/jtq.v14i1.21
Samijo, S., & Yohanie, D. D. (2017). Pengaruh model pembelajaran kontekstual berbasis etnomatematika pada pola batik tenun (ATBM) khas Kota Kediri terhadap kemampuan refleksi dan simetri mahasiswa semester 2 Prodi Pendidikan Matematika UNP Kediri. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 3(2), 135. https://doi.org/10.29407/jmen.v3i2.11975
Setyowati, S. (2014). Etnografi Sebagai Metode Pilihan Dalam Penelitian Kualitatif Di Keperawatan. Jurnal Keperawatan Indonesia, 10(1), 35–40. https://doi.org/10.7454/jki.v10i1.171
Tabares, I., Sukmaningrum, P. S., Performance, F., Insurance, I., Pendahuluan, I., Belakang, L., … Tabares, I. (2013). Jurnal Teknologi, 1(1), 69–73. https://doi.org/10.11113/jt.v56.60
Turmudi. (2017). Ethnomathematics: Apa Mengapa dan Bagaimana Implementasi dalam Pembelajaran Matematika di Kelas. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1–9.
Tobing, D. H., Herdiyanto, Y. K., Astiti, D. P., Rustika, I. M., Indrawati, K. R., Susilawati, L. K. P. A., & All, E. (2016). Bahan Ajar Metode Penelitian Kualitatif. Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Udaya, 1–41.
Wahyudin. (2018). Etnomatematika Dan Pendidikan Matematika Multikultural. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia, 1–19.
Copyright (c) 2020 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.