Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP dengan Menggunakan Metode Reciprocal Teaching pada Materi Lingkaran

  • Ai Rosita IKIP Siliwangi Cimahi
  • Nita Yunia Prodi Pendidikan Matematika, IKIP Siliwangi
  • Luvy Sylviana Zanthy Prodi Pendidikan Matematika, IKIP Siliwangi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menelaah pencapaian dan peningkatan kemampuan komunikasi dengan pembelajarannya menggunakan metode Reciprocal Teaching. Metode Reciprocal Teaching adalah suatu kegiatan belajar yang meliputi bahan ajar yang telah disusun kemudian siswa membuat soal pertanyaan, menjelaskan, memprediksi dan merangkum. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain angket sehingga pada akhir pembelajaran siswa diberikan tes pembelajaran berupa angket yang diberikan kepada siswa. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Patriot Bangsa, untuk sampelnya diambil 5 siswa dari 36 siswa yang sudah melakukan tes. Sample tersebut dilihat dari tingkat kemampuan siswa dari tinggi, sedang dan rendah . Tes yang diberikan berupa seperangkat soal berjumlah 5 soal untuk mengukur kemampuan komuinkasi matematis siswa.

Keywords: Kemampuan Matematis, Metode Reciprocal Teaching, Kemampuan Komunikasi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aminah, S., Wijaya, T., & Yuspriyati, D. (2018). ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII PADA MATERI HIMPUNAN. Journal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 15–22.

Awaliyah, R., & Idris, R. (2015). Pengaruh penggunaan model reciprocal teaching terhadap hasil belajar matematika siswa kelas viii mtsn balang-balang kecamatan bontomarannu kabupaten gowa. MaPan: Jurnal Maematika Dan Pembelajaran, 3, 59–72.

Azhari, N. dkk. (2018). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa smp berdasarkan gender dan self concept. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(2), 129–137. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i2.93-218

Firdawati, I., & Hidayat, W. (2018). Hubungan Antara Keaktifan Belajar Siswa Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMK. Jurnal Visipena, 9, 151–158.

Halim, F., & Rasidah, N. (2019). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN ( ANALYSIS OF STUDENT ERRORS IN RESOLVING THE PROBLEM OF. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 02(01), 35–44.

Muslimin., Indaryanti., & Susanti, E. (2017). PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL RECIPROCAL TEACHING UNTUK MELATIH KECAKAPAN. JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 11.

Prisiani, D., Wahab, R., & Putri, A. (2016). PENGARUH PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 PALEMBANG. Jurnal Pendidikan Matematika JPM RAFA, 2(2), 214–228.

Rosyana, T., & Sari, I. P. (2015). PENERAPAN AKTIVITAS QUICK ON THE DRAW MELALUI PENDEKATAN THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PENALARAN MATEMATIS SISWA MA. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, 2(2), 192–202.

Utami, C. A., Mulyanto, B., & Yanti, D. F. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learnin (CTL) Trhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMS NEGERI 1 Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2014/2015. Cybrarians Journal, (37), 1–31. https://doi.org/10.12816/0013114

Zanthy, L. S. (2016). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DITINJAU DARI LATAR BELAKANG JURUSAN TERHDAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA DI STKIP SILIWANGU BANDUNG. Jurnal Teori Dan Riset Matematika (TEOREMA), 1(1).

Published
2020-12-04
How to Cite
Rosita, A., Yunia, N., & Sylviana Zanthy , L. (2020). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP dengan Menggunakan Metode Reciprocal Teaching pada Materi Lingkaran. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 6(2), 137-144. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v6i2.903
Abstract viewed = 22 times
PDF downloaded = 24 times