Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP dengan Menggunakan Metode Reciprocal Teaching pada Materi Lingkaran
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menelaah pencapaian dan peningkatan kemampuan komunikasi dengan pembelajarannya menggunakan metode Reciprocal Teaching. Metode Reciprocal Teaching adalah suatu kegiatan belajar yang meliputi bahan ajar yang telah disusun kemudian siswa membuat soal pertanyaan, menjelaskan, memprediksi dan merangkum. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain angket sehingga pada akhir pembelajaran siswa diberikan tes pembelajaran berupa angket yang diberikan kepada siswa. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Patriot Bangsa, untuk sampelnya diambil 5 siswa dari 36 siswa yang sudah melakukan tes. Sample tersebut dilihat dari tingkat kemampuan siswa dari tinggi, sedang dan rendah . Tes yang diberikan berupa seperangkat soal berjumlah 5 soal untuk mengukur kemampuan komuinkasi matematis siswa.
Downloads
References
Aminah, S., Wijaya, T., & Yuspriyati, D. (2018). ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII PADA MATERI HIMPUNAN. Journal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 15–22.
Awaliyah, R., & Idris, R. (2015). Pengaruh penggunaan model reciprocal teaching terhadap hasil belajar matematika siswa kelas viii mtsn balang-balang kecamatan bontomarannu kabupaten gowa. MaPan: Jurnal Maematika Dan Pembelajaran, 3, 59–72.
Azhari, N. dkk. (2018). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa smp berdasarkan gender dan self concept. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(2), 129–137. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i2.93-218
Firdawati, I., & Hidayat, W. (2018). Hubungan Antara Keaktifan Belajar Siswa Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMK. Jurnal Visipena, 9, 151–158.
Halim, F., & Rasidah, N. (2019). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN ( ANALYSIS OF STUDENT ERRORS IN RESOLVING THE PROBLEM OF. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 02(01), 35–44.
Muslimin., Indaryanti., & Susanti, E. (2017). PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL RECIPROCAL TEACHING UNTUK MELATIH KECAKAPAN. JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 11.
Prisiani, D., Wahab, R., & Putri, A. (2016). PENGARUH PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 PALEMBANG. Jurnal Pendidikan Matematika JPM RAFA, 2(2), 214–228.
Rosyana, T., & Sari, I. P. (2015). PENERAPAN AKTIVITAS QUICK ON THE DRAW MELALUI PENDEKATAN THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PENALARAN MATEMATIS SISWA MA. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, 2(2), 192–202.
Utami, C. A., Mulyanto, B., & Yanti, D. F. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learnin (CTL) Trhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMS NEGERI 1 Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2014/2015. Cybrarians Journal, (37), 1–31. https://doi.org/10.12816/0013114
Zanthy, L. S. (2016). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DITINJAU DARI LATAR BELAKANG JURUSAN TERHDAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA DI STKIP SILIWANGU BANDUNG. Jurnal Teori Dan Riset Matematika (TEOREMA), 1(1).
Copyright (c) 2020 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.