Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray terhadap Hasil Belajar dan Minat Belajar

  • Presti Kiran Putri Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Achmad Hidayatullah Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Shoffan Shoffa Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surabaya

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar dan Minat Belajar Peserta Didik Kelas VII yang berjumlah 19 peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan untuk penelitian ini yaitu kuesioner respon peserta didik dan tes hasi belajar. Hasil penelitian ini menunjukan nilai  = 11.85 dan nilai signifikansi (Sig) adalah 0.001. Karena , yaitu  maka  ditolak dan  diterima. Artinya terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar peserta didik. Lebih lanjut, P-value  atau nilai signifikansi 0.001 < 0.05, sehingga pengaruh yang ada adalah signifikan. Kemudian kuesioner respon peserta didik diperoleh persentase untuk keseluruhan pernyataan lebih dari  merespon positif. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan hasil belajar dan minat belajar peserta didik jika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray.

Kata kunci: Minat Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray, Hasil Belajar.

 

Abstract

This study aims to determine the effect of the Cooperative Learning Model, type Two Stay Two Stray on Learning Outcomes and Learning Interest of Class VII Students, amounting to 19 students. This type of research is quantitative descriptive. The instruments used for this study were the student response questionnaire and the learning achievement test. The results of this study indicate the value = 11.85 and the significance value (Sig) is 0.001. Because, that is, then rejected and accepted. This means that there is an influence of the application of the cooperative learning model Two Stay Two Stray to the learning outcomes of students. Furthermore, the P-value or significance value of 0.001 <0.05, so that the influence is significant. Then the student response questionnaire obtained a percentage for the overall statement more than responding positively. So it can be concluded that there is a positive and significant effect on student learning outcomes and learning interest if using the cooperative learning model type Two Stay Two Stray.

Keywords: Learning Interest, Cooperative Learning Model Type Two Stay Two Stray, Learning Outcomes.

Keywords: Minat Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray, Hasil Belajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hamalik, O. (2011). Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Bumi Askara.
Ishak, M. (2016). Pengaruh minat belajar dan kedisiplinan terhadap prestasi belajar PAI. Jurnal tarbawy, 3(2), 120.
Lestari, W. S. (2017). Hasil belajar matematika dengan strategi problem based learning dan two stay two stray ditinjau dari motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Surakarta. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Rusman. (2014). Model-model pembelajaran: Mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D . Bandung: ALFABET.
Supriadi, Leonard, Suhendri, H., & Rismurdiyanti. (2012). Pengaruh media pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar fisika. Jurnal Formatif, 2(1), 74.
Published
2020-06-01
How to Cite
Putri, P. K., Achmad Hidayatullah, & Shoffan Shoffa. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray terhadap Hasil Belajar dan Minat Belajar. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 6(1), 24 - 36. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v6i1.885
Abstract viewed = 776 times
PDF downloaded = 653 times