Eksplorasi unsur matematika dalam pembuatan batik khas Tasikmalaya

  • Dedi Nurjamil Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Siliwangi
  • Elis Nurhayati Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Siliwangi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan matematika dalam pembuatan batik khas tasikmalaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksploratif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah pengerajin batik khas tasikmalaya yang berada di daerah Cigereung Kota Tasikmalaya. Pengumpulan data dilakukan dengan cara triangulasi data yaitu menggunakan metode wawancara, observasi dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari segi unsur geometri motif batik Tasikmalaya, memiliki hubungan dengan konsep transformasi bangun datar, yaitu translasi, refleksi dan rotasi,

Keywords: eksplorasi unsur matematika, Batik Tasikmalaya, Geometri

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adam, S. 2004. Ethnomatematical Ideas In The Curriculum. Mathematics Education Journal. 16(2), 49-68.

Arwanto. (2017). Eksplorasi Etnomatematika Batik Trusmi Cirebon Untuk Mengungkap Nilai Filosofi Dan Konsep Matematis. Jurnal Pendidikan MIPA Phenomenon. Vol. 1 No. 1 2017

Ascher, M,. (1991). Ethnomathematics: A Multicultural view of mathematical ideas. Pasific Grove. Calivornia

Budiarto, Mega Teguh. (2016). Peran Matematika dan Pembelajarannya Dalam Mengembangkan Kearifan Budaya Lokal Mendukung Pendidikan Karakter Bangsa. Prosiding Seminar Nasional 2016 Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Madura, Madura. Hal. 1-11

D’Ambrosio, Ubiratan. (1985). Ethnomathematics and its Place in the History and Pedagogy of Mathematics, For the Learning of Mathematics, 5(1) 44-48

Fathani, A. H. (2009). Matematika Hakikat & Logika. Jakarta: Ar-Ruzz.

Lipka, Jerry dan Andrew-Irkhe, Dora. (2009). Ethnomathematics Applied to Classroom in Alaska: Math in a Cultural Context. Paper at the NASGEM Ethnomathematics SIG at the 2009 Annual Meeting NCSM. p. 8-10

Rosa, Milton dan Daniel Clark Orey. (2011). Ethnomathematics: the cultural aspects of mathematics. Revista Latinoamericana de Etnomatemática, 4(2). 32-54

Shirley, L. (2001). Ethnomathematics as a fundamental of instructional methodology. ZDM, 33(3).
Shirley, L. 2008. Looks Back Ethnomathematics and Look Forward. Journal International Congress of Mathematics Education. 6. 6-13.

Sirate, F. (2012). Implementasi etnomatematika dalam pembelajaran matematika pada jenjang pendidikan sekolah dasar. Lentera Pendidikan, 15(1), 41-54.

Windria, H. (2016). Batik Kaya Matematika, Memanfaatkan Motif Batik dalam Kelas Matematika. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016 Universitas Kanjuruhan Malang. Malang

Zayyadi, M. (2017). Eksplorasi Etnomatematika pada Batik Madura. Jurnal Sigma 2(2), 36-40.

https://batik-tulis.com/blog/batik-tasikmalaya/
Published
2019-12-10
How to Cite
Nurjamil, D., & Nurhayati, E. (2019). Eksplorasi unsur matematika dalam pembuatan batik khas Tasikmalaya. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 5(2), 111-119. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v5i2.763
Abstract viewed = 890 times
PDF downloaded = 645 times