Analisis hambatan belajar siswa pada materi program linear
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan pemecahan masalah matematis dalam menyelesaikan permasalahan pada materi program linear yang berkaitan dengan learning obstacle. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui learrning obstacle siswa pada materi program linear. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan desain DDR dan uji terbatas. Instrumen uji coba soal learning obstacle yang digunakan berupa soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan transkrip wawancara. Sebanyak 33 siswa kelas XI MIPA 4 dipilih 8 siswa untuk melakukan wawancara mengenai hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis tiga kemampuan tinggi, tiga kemampuan sedang, dan dua siswa kemampuan rendah. Data mengenai hasil tes uji coba soal learning obstacle kemampuan pemecahan masalah matematis selanjutnya dilakukan tahap triangulasi dengan data hasil wawancara. Deskripsi data pada penelitian ini dilakukan dengan tahap analisis learning obstacle. Hasil penelitian menunjukkan bahwa learning obstacle siswa pada materi program linear yaitu siswa tidak dapat menentukan pemisalan variabel, siswa tidak dapat menentukan model matematika, siswa tidak mengetahui titik potong pada masalah program linear, siswa tidak dapat menyelesaikan daerah penyelesaian dan siswa tidak mengetahui tahapan-tahapan pengerjaan aplikasi atau soal cerita program linear.
Downloads
References
Khasanah, N.U. 2016. Peningkatan Kemampuam Pemecahan Masalah Matematis Melalui Strategi Realistic Mathematics Education Berbasis Grup Investigation. Eprints.ums.
Lidinillah, D.A.M. 2011. Educational Design Research: A Theoretical Framework For Action. Research Gate.
Mulyati, T. 2011. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar. Eduhumaniora Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2).
Muslim, S.R. 2017. Kajian Learning Obstacle Mahasiswa Pendidikan Matematika Pada Materi Trigonometri Dalam Perkuliahan Kapita Selekta Sekolah Menengah. Jurnal Siliwangi, 3(2).
Mustaqim. 2013. Proses Scaffolding Berdasarkan diagnosis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Program Linear dengan Menggunakan Mapping Mathematic. Jurnal Pendidikan Sains, 1(1).
Noormandiri, B.K. 2016. Matematika Untuk SMA/MA Kelas XI Kelompok Wajib. Jakarta: Erlangga
Putra, H.D, dkk. 2018. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(2).
Rahmad, P.S. 2012. Penelitian Kulatitatif. Equilibrium, 5(9).
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumartini, T.S. 2016. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2).
Suryadi, D. 2010. Didactical Design Research Dalam Pengembangan Belajar Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1.
Ulvah, S. 2016. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau Melalui Model Pembelajaran SAVI Dan Konvensonal. Jurnal Riset Pendidikan, 2(2).
Widjajanti, D.B. 2009. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika: Apa dan Bagaimana Mengembangkannya. UNY:Yogyakarta.
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.