Analisis hambatan belajar siswa pada materi program linear

  • Indah Widia Fahrilianti Universitas Swadaya Gunung Jati

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan pemecahan masalah matematis dalam menyelesaikan permasalahan pada materi program linear yang berkaitan dengan learning obstacle. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui learrning obstacle siswa pada materi program linear. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan desain DDR dan uji terbatas. Instrumen uji coba soal learning obstacle yang digunakan berupa soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan transkrip wawancara.  Sebanyak 33 siswa kelas XI MIPA 4 dipilih 8 siswa untuk melakukan wawancara mengenai hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis tiga kemampuan tinggi, tiga kemampuan sedang, dan dua siswa kemampuan rendah. Data mengenai hasil tes uji coba soal learning obstacle kemampuan pemecahan masalah matematis selanjutnya dilakukan tahap triangulasi dengan data hasil wawancara. Deskripsi data pada penelitian ini dilakukan dengan tahap analisis learning obstacle. Hasil penelitian menunjukkan bahwa learning obstacle siswa pada materi program linear yaitu siswa tidak dapat menentukan pemisalan variabel, siswa tidak dapat menentukan model matematika, siswa tidak mengetahui titik potong pada masalah program linear, siswa tidak dapat menyelesaikan daerah penyelesaian dan siswa tidak mengetahui tahapan-tahapan pengerjaan aplikasi atau soal cerita program linear.

Keywords: Program Linear, Hambatan belajar, desain DDR

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggo, M. 2011. Pelibatan Metakognisi dalam Pemecahan Masalah Matematika. Edumatica, 1(1).

Khasanah, N.U. 2016. Peningkatan Kemampuam Pemecahan Masalah Matematis Melalui Strategi Realistic Mathematics Education Berbasis Grup Investigation. Eprints.ums.

Lidinillah, D.A.M. 2011. Educational Design Research: A Theoretical Framework For Action. Research Gate.

Mulyati, T. 2011. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar. Eduhumaniora Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2).

Muslim, S.R. 2017. Kajian Learning Obstacle Mahasiswa Pendidikan Matematika Pada Materi Trigonometri Dalam Perkuliahan Kapita Selekta Sekolah Menengah. Jurnal Siliwangi, 3(2).

Mustaqim. 2013. Proses Scaffolding Berdasarkan diagnosis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Program Linear dengan Menggunakan Mapping Mathematic. Jurnal Pendidikan Sains, 1(1).

Noormandiri, B.K. 2016. Matematika Untuk SMA/MA Kelas XI Kelompok Wajib. Jakarta: Erlangga
Putra, H.D, dkk. 2018. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(2).

Rahmad, P.S. 2012. Penelitian Kulatitatif. Equilibrium, 5(9).

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumartini, T.S. 2016. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2).

Suryadi, D. 2010. Didactical Design Research Dalam Pengembangan Belajar Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1.

Ulvah, S. 2016. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau Melalui Model Pembelajaran SAVI Dan Konvensonal. Jurnal Riset Pendidikan, 2(2).

Widjajanti, D.B. 2009. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika: Apa dan Bagaimana Mengembangkannya. UNY:Yogyakarta.
Published
2020-06-05
How to Cite
Fahrilianti, I. W. (2020). Analisis hambatan belajar siswa pada materi program linear. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 6(1), 1 - 10. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v6i1.747
Abstract viewed = 54 times
PDF downloaded = 104 times