Penerapan model experiential learning dan make a match untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa smp
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar dan aktivitas siswa pada materi bangun ruang sisi datar melalui model pembelajaran experiential learning dan make a match. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII-G SMP Negeri 11 Surabaya. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi dan tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan tes uraian. Hasil penelitian ini menunjukkan banyaknya siswa yang tuntas pada siklus I sebesar 60% dan banyaknya siswa yang tuntas pada siklus II sebesar 92,5% atau mengalami peningkatan sebesar 32,5% dari siklus I. Sedangkan peningkatan kemampuannya termasuk kategori sedang yang ditunjukkan oleh besarnya nilai N-gain siklus I sebesar 0,45 dan siklus II sebesar 0,5 mengalami kenaikan sebesar 0,05. Hasil analisis aktivitas siswa aktif siklus I sebesar 91,48% dan aktivitas siswa aktif pada siklus II meningkat sebesar 2,5% menjadi 93,98% termasuk kategori aktif.
Downloads
References
Arikunto, S. (2010). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Astuti, S. (2013). Upaya meningkatkan keaktifan belajar siswa melalui cooperative learning jigsaw pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri 1 Puring Kabupaten Kebumen. Jurnal OIKONOMIA, Vol. 2, No.3.
Awaliyah, G. (2018). Kemendikbud: Rerata UN matematika SMA turun. Jakarta: https://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:4MLZ2Yr7HLMJ:https://republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/18/05/08/p8f0zb428-kemendikbud-rerata-un-matematika-sma-turun+&cd=1&hl=jv&ct=clnk&gl=id.
Kurniawan, D. (2016). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (TGT) dengan menggunakan LKS pada materi pokok segi empat untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VII-C di SMP Negeri 20 Mataram Tahun pelajaran 2014/2015. Jurnal ilmiah mandala education, Vol. 2 No. 1, 93.
Rusman. (2016). Model-model pembelajaran mengembangkan profesionalisme guru edisi kedua. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Silberman, M. (2014). Handbook experiential leraning startegi pembelajaran dari dunia nyata. Bandung: Nusa Media.
SM, I. (2001). Paradigma Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiyono. (2011). Metode penelitian pendidikan (Pendekatan kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Tawil, M., & Suryansari, K. (2012). Implementasi model pembelajaran fisika berbasis portofolio untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif. Jurnal Pendidikan MIPA, Vol 13 (1), 4.
Copyright (c) 2019 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.