Penerapan model experiential learning dan make a match untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa smp

  • Uci Nelly Yuliana Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Iis Holisin Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Shoffan Shoffa Universitas Muhammadiyah Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar dan aktivitas siswa pada materi bangun ruang sisi datar melalui model pembelajaran experiential learning dan make a match. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII-G SMP Negeri 11 Surabaya. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi dan tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan tes uraian. Hasil penelitian ini menunjukkan banyaknya siswa yang tuntas pada siklus I sebesar 60% dan banyaknya siswa yang tuntas pada siklus II sebesar 92,5% atau mengalami peningkatan sebesar 32,5% dari siklus I. Sedangkan peningkatan kemampuannya termasuk kategori sedang yang ditunjukkan oleh besarnya nilai N-gain siklus I sebesar 0,45 dan siklus II sebesar 0,5 mengalami kenaikan sebesar 0,05. Hasil analisis aktivitas siswa aktif siklus I sebesar 91,48% dan aktivitas siswa aktif pada siklus II meningkat sebesar 2,5% menjadi 93,98% termasuk kategori aktif.

Keywords: aktivitas siswa, experiential learning, hasil belajar, make a match

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2010). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Astuti, S. (2013). Upaya meningkatkan keaktifan belajar siswa melalui cooperative learning jigsaw pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri 1 Puring Kabupaten Kebumen. Jurnal OIKONOMIA, Vol. 2, No.3.

Awaliyah, G. (2018). Kemendikbud: Rerata UN matematika SMA turun. Jakarta: https://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:4MLZ2Yr7HLMJ:https://republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/18/05/08/p8f0zb428-kemendikbud-rerata-un-matematika-sma-turun+&cd=1&hl=jv&ct=clnk&gl=id.

Kurniawan, D. (2016). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (TGT) dengan menggunakan LKS pada materi pokok segi empat untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VII-C di SMP Negeri 20 Mataram Tahun pelajaran 2014/2015. Jurnal ilmiah mandala education, Vol. 2 No. 1, 93.

Rusman. (2016). Model-model pembelajaran mengembangkan profesionalisme guru edisi kedua. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Silberman, M. (2014). Handbook experiential leraning startegi pembelajaran dari dunia nyata. Bandung: Nusa Media.

SM, I. (2001). Paradigma Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. (2011). Metode penelitian pendidikan (Pendekatan kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Tawil, M., & Suryansari, K. (2012). Implementasi model pembelajaran fisika berbasis portofolio untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif. Jurnal Pendidikan MIPA, Vol 13 (1), 4.

Published
2019-12-04
How to Cite
Yuliana, U. N., Holisin, I., & Shoffa, S. (2019). Penerapan model experiential learning dan make a match untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa smp. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 5(2), 91-102. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v5i2.645
Abstract viewed = 274 times
PDF downloaded = 236 times