Peran Mathematical Intuition dalam Pembelajaran Matematika

  • Mohamad Gilar Jatisunda Universitas Majalengka
  • Dede Salim Nahdi Program Studi Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Matematika, Universitas Majalengka

Abstract

Setiap manusia terlahir dengan memiliki kemampuan yang berbeda tergantung pemberian perlakuan atau stimulus. Hal inilah yang menyebabkan manusia harus mengenal apa yang dimaksud sebagai intuisi. Dengan intuisi memberikan peran pengetahuan dalam memutuskan dan bertindak lebih efektif.. Manusia dapat memperoleh pengetahuan melalui intuisi. Intuisi bukanlah suatu metode namun intuisi merupakan sebuah jenis kognisi. Terdapat tiga macam kognisi yaitu formal, algoritmik dan intuitif. Pemahaman konsep matematika dapat berlangsung sebagai interaksi antara kognisi formal, kognisi algoritmik, dan kognisi intuitif. Intuisi diakui oleh matematikawan banyak terlibat dalam kegiatan bermatematika. Walaupun pada kenyataan masih saja kontroversial, Situasi yang paling menguntungkan dalam pembelajaran matematika adalah dimana intuisi siswa dengan konsep matematika secara formal sejalan, tetapi akan menjadi masalah jika sering kali terjadi dalam pengajaran matematika adalah penerimaan siswa secara intuitif bertentangan dengan konsep matematika secara formal dan mengakibatkan terjadinya konflik kognitif bahkan bias kognitif yang dapat merintangi siswa untuk mempelajari matematika

Keywords: Pembelajaran Matematika, Pemahaman Konsep, Mathematical Intuition

Downloads

Download data is not yet available.

References

De Pierris, G. (1988). Frege and Kant on a Priori Knowledge. Synthese, 77(3), 285-319. Retrieved from www.jstor.org/stable/20116595

Bosse M J and Bahr D L (2008) The state of balance between procedural knowledge and conceptual understanding in mathematics teacher education Int. J. for Mathematics Teaching and Learning

Brouwer, L. E. J. (1912.) Intuitionism And Formalisms. University of Amsterdam

Bruner, J. S. (1963/1977). The Process of Education (S. National Academy of,

Terjemahan. Vintage ed. ed.). New York: Vintage Books.

Burton, L. (1999). Why is intuition so important to mathematicians but missing from mathematics education? For the Learning of Mathematics, 19(3), 27-32.

De Houwer, Jan & Barnes-Holmes, Dermot & Barnes-Holmes, Yvonne. (2016). What is Cognition? A Functional-Cognitive Perspective. Publisher: Oakland, CA: New Harbinger

E D Minarti and Wahyudin.( (2019). Conceptual understanding and mathematical disposition of college student through concrete-representational-abstract approach (CRA), Journal of Physics: Conference Series 1157 042124

Efraim Fischbein (1994).. The Interaction Between The Formal, The Algorithmic, and The intuitive Components in a Mathematical Activity.

Fischbein, E. (1987). Intuition in science and mathematics : an educational

approach Dordrecht D. Reidel.

Fischbein, E. (1987). Intuition in science and mathematics : an educational

approach Dordrecht D. Reidel.

Fischbein, E. (1999). Intuitions and Schemata in Mathematical Reasoning.

Educational Studies in Mathematics, 38(1), 11-50.

Fischbein, E., & Schnarch, D. (1997). The Evolution with Age of Probabilistic, Intuitively Based Misconceptions. Journal for Research in Mathematics Education, 28(1), 96-105

Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2012). How to design and evaluate research in education (8th ed.). New York: McGraw-Hill

Gilovich, Griffin, Kahneman. (2002). Heuristic and Biases: The Psychology of Intuitive Judgment. Cambridge University

Henden, G.(2004). Intuition and its Role in Strategic Thinking. A dissertation submitted to BI Norwegian School of Management. Tidak diterbitkan

Jung, C. G. (1921). Psychological Types. New York: Harcourt, Brace & Co

Kahneman, D. (2002). Maps of Bounded Rationality: A Perspective on Intuitive Judgement and Choices. [Online]. Tersedia di http://nobelprize.org/nobel_prizes/economics/laureates/2002/kahnemannlecture.pdf. Diakses 21 Agustus 2018

Kant, I, (1783). “Prolegomena to Any Future Metaphysic: First Part Of The

Transcendental Problem: How Is Pure Mathematics Possible?” Trans. Paul Carus.. Retrieved 2003

Liljedahl, P. G. (2004). The Aha! Experience: Mathematical Contexts,

Pedagogical Implications Disertasi, Simon Fraser University, Burnaby, BC Canada: tidak diterbitkan.

Machova, K., & Paralic, J. (2003, August). Basic principles of cognitive algorithms design. In Proc. of the IEEE International Conference Computational Cybernetics, Siófok, Hungary (pp. 245-247).

Randolph, Justus (2009). A Guide to Writing the Dissertation Literature Review. Practical Assessment, Research & Evaluation, 14(13). Available online: http://pareonline.net/getvn.asp?v=14&n=13

Sauvage, G. (1910). Intuition. The Catholic Encyclopedia [Online]. Tersedia di http://www.newadvent.org/cathen/08082b.htm. Diakses 24 Agustus 2018

Uebersax, J. S.(2014) .Psychology, Philosophy, and Plato's Divided Line. www.john-uebersax.com Diakses 24 Agustus 2018

Waks, L. J. (2006). Intuition in Education:Teaching and Learning Without Thinking. Dalam D. Vokey (Ed.), Philosophy of Education (pp. 379-388).

Wilder, R. L. (1967). The Role of Intuition. Science, 156(3775), 605-610.

Published
2019-12-04
How to Cite
Jatisunda, M. G., & Salim Nahdi, D. (2019). Peran Mathematical Intuition dalam Pembelajaran Matematika. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 5(2), 12-24. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v5i2.587
Abstract viewed = 672 times
PDF downloaded = 472 times