Pengembangan Perangkat Pembelajaran Blended Learning Berbasis Schoology Untuk Meningkatkan Literasi Digital Matematika
Abstract
Perangkat pembelajaran blended learning adalah perangkat pembelajaran matematika dengan model pembelajaran blended learning berbasis schoology. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan RPP dan LKS pada pelajaran matematika untuk meningkatkan literasi digital. Model pengembangan penelitian ini yaitu model pengembangan 4D yang telah dimodifikasi hanya sampai tahap pengembangan. Penelitian ini dilakukan satu tahap uji coba pada kelas X IPA 1 di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya. Hasil penelitian kevalidan perangkat pembelajaran blended learning dinilai dari dua validator untuk RPP diperoleh 83,6% dengan kriteria sangat valid dan LKS diperoleh 77,5% dengan kriteria valid. Kepraktisan perangkat pembelajaran blended learning ditinjau dari observasi pada setiap pertemuan. Hasil dari pertemuan sinkron maya memperoleh kriteria baik untuk keterlaksanaan pembelajaran diperoleh 67,5%, kemampuan kolaborasi diperoleh 76,3%, dan kemampuan komunikasi efektif 77%. Hasil pertemuan asinkron kolaboratif keterlaksanaan pembelajaran diperoleh 75% dengan kriteria baik dan pada pertemuan ini tidak terlaksana kemampuan kolaborasi dan komunikasi efektif. Hasil pertemuan sinkron langsung mempeorleh kriteria baik untuk keterlaksanaan pembelajaran diperoleh 77,2%, kemampuan kolaborasi diperoleh 75%, dan kemampuan komunikasi efektif 70,8%. Efektivitas perangkat pembelajaran blended learning ditinjau dari adanya peningkatan hasil belajar siswa diperoleh skor n-gain 0,76 dengan kriteria tinggi dan respon siswa terhadap pembelajaran diperoleh 68% dengan kriteria baik.
Downloads
References
Dwiyogo, W. D. (2011). Pembelajaran Berbasis Blended Learning. Seminar dan Lokarkarya Peningkatan Kualitas Pembelajaran melalui Blended Learning Model (hal. 1-12). FKM PPS Universitas Negeri Malang.
Fathani, A. H. (2009). Matematika Hakikat dan Logika. jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Gilster, P. (1997). Digital Literacy. New York: Wiley Computer Publications.
Husamah. (2014). Pembelajaran Bauran (Blended Learning). Jakarta: Prestasi Pustaka.
Karwati, E. (2014). Pengaruh Pembelajaran Elektroik (E-Learning) Terhadap Mutu Pembelajaran Mahasiswa. Jurnal Penelitian Komunikasi, Vol 17(No 1), 41-54.
Kemdikbud, T. G. (2017). Buku Literasi Digital. Diambil kembali dari Gerakan Literasi Digital: http://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/buku-literasi-digital/
Luzzatto, E., & Dimarco, G. (2010). Collaborative Learning: Methodology, Types of Interactions and Techniques. New York: Nova Science Publishers.
Roberts, T. S. (2004). Online Collaborative Learning: Theory and Practtice. United States: Idea Group Publishing.
Rofiko, M. (2017). Komunikasi Efektif dalam AlQuran. Surabaya: Universitas Sunan Ampel Surabaya.
Suherman, E., Turmudi, Suryadi, D., Herman, T., Suhendra, Prabawanto, S., . . . Rohayati, A. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-UPI.
Suriasumantri, J. S. (2009). Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Susanto, E. H. (2010). Komunikasi Manusia Esensi dan Aplikasi Dalam Dinamika Sosial Ekonomi Politik. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Sutirman. (2006). Komunikasi Efektif dalam Pembelajaran. Vol VI(No 2), 109-121.
Thorne, K. (2003). Blended Learning: How to Integrate Online and Traditional Learning. London: Kogan Page.
Copyright (c) 2019 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.