Pengembangan Perangkat Pembelajaran Blended Learning Berbasis Schoology Untuk Meningkatkan Literasi Digital Matematika

  • Mohammad Mustakim Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Shoffan Shoffa Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Achmad Hidayatullah Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surabaya

Abstract

Perangkat pembelajaran blended learning adalah perangkat pembelajaran matematika dengan model pembelajaran blended learning berbasis schoology. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan RPP dan LKS pada pelajaran matematika untuk meningkatkan literasi digital. Model pengembangan penelitian ini yaitu model pengembangan 4D yang telah dimodifikasi hanya sampai tahap pengembangan. Penelitian ini dilakukan satu tahap uji coba pada kelas X IPA 1 di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya. Hasil penelitian kevalidan perangkat pembelajaran blended learning dinilai dari dua validator untuk RPP diperoleh 83,6% dengan kriteria sangat valid dan LKS diperoleh 77,5% dengan kriteria valid. Kepraktisan perangkat pembelajaran blended learning ditinjau dari observasi pada setiap pertemuan. Hasil dari pertemuan sinkron maya memperoleh kriteria baik untuk keterlaksanaan pembelajaran diperoleh 67,5%, kemampuan kolaborasi diperoleh 76,3%, dan kemampuan komunikasi efektif 77%. Hasil pertemuan asinkron kolaboratif keterlaksanaan pembelajaran diperoleh 75% dengan kriteria baik dan pada pertemuan ini tidak terlaksana kemampuan kolaborasi dan komunikasi efektif. Hasil pertemuan sinkron langsung mempeorleh kriteria baik untuk keterlaksanaan pembelajaran diperoleh 77,2%, kemampuan kolaborasi diperoleh 75%, dan kemampuan komunikasi efektif 70,8%. Efektivitas perangkat pembelajaran blended learning ditinjau dari adanya peningkatan hasil belajar siswa diperoleh skor n-gain 0,76  dengan kriteria tinggi dan respon siswa terhadap pembelajaran diperoleh 68% dengan kriteria baik.

Keywords: Blended Learning, Pengembangan Perangkat, Schoology

Downloads

Download data is not yet available.

References

Antartika, R. A. (2015). Identifikasi Kemampuan Komunikasi Tenaga Marketing dan Dampaknya Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus pada PT X Kiaracondong Bandung). Bandung: Widyatama.
Dwiyogo, W. D. (2011). Pembelajaran Berbasis Blended Learning. Seminar dan Lokarkarya Peningkatan Kualitas Pembelajaran melalui Blended Learning Model (hal. 1-12). FKM PPS Universitas Negeri Malang.
Fathani, A. H. (2009). Matematika Hakikat dan Logika. jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Gilster, P. (1997). Digital Literacy. New York: Wiley Computer Publications.
Husamah. (2014). Pembelajaran Bauran (Blended Learning). Jakarta: Prestasi Pustaka.
Karwati, E. (2014). Pengaruh Pembelajaran Elektroik (E-Learning) Terhadap Mutu Pembelajaran Mahasiswa. Jurnal Penelitian Komunikasi, Vol 17(No 1), 41-54.
Kemdikbud, T. G. (2017). Buku Literasi Digital. Diambil kembali dari Gerakan Literasi Digital: http://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/buku-literasi-digital/
Luzzatto, E., & Dimarco, G. (2010). Collaborative Learning: Methodology, Types of Interactions and Techniques. New York: Nova Science Publishers.
Roberts, T. S. (2004). Online Collaborative Learning: Theory and Practtice. United States: Idea Group Publishing.
Rofiko, M. (2017). Komunikasi Efektif dalam AlQuran. Surabaya: Universitas Sunan Ampel Surabaya.
Suherman, E., Turmudi, Suryadi, D., Herman, T., Suhendra, Prabawanto, S., . . . Rohayati, A. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-UPI.
Suriasumantri, J. S. (2009). Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Susanto, E. H. (2010). Komunikasi Manusia Esensi dan Aplikasi Dalam Dinamika Sosial Ekonomi Politik. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Sutirman. (2006). Komunikasi Efektif dalam Pembelajaran. Vol VI(No 2), 109-121.
Thorne, K. (2003). Blended Learning: How to Integrate Online and Traditional Learning. London: Kogan Page.
Published
2019-06-18
How to Cite
Mustakim, M., Shoffa, S., & Hidayatullah, A. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Blended Learning Berbasis Schoology Untuk Meningkatkan Literasi Digital Matematika. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 5(1), 88-99. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v5i1.585
Abstract viewed = 1915 times
PDF downloaded = 1361 times