Implementasi pembelajaran sains, teknologi, engineering, dan matematika STEM pada materi fungsi kuadrat

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SAINS, TEKNOLOGI, ENGINEERING, DAN MATEMATIKA (STEM) PADA MATERI FUNGSI KUADRAT

  • Sri Endang Supriyatun SMPN 4 Metro Lampung

Abstract

Abstrak. Tujuan pembelajaran STEM ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dan pemecahan masalah. STEM adalah pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan komponen-komponen sains, teknologi, engeneering dan matematika. di SMP Negeri 4 Metro pembelajaran yang dilakukan belum maksimal dalam penggunaan pendekatan pembelajaran. Kemampuan siswa berpikir kritis juga tergolong rendah. Terlihat dari penilaian harian hanya 5 orang yang mencapai target kriteria ketuntasan minimal 75. Implementasi STEM pada  materi fungsi kuadrat dapat meningkatkan pencapaian target kriteria ketuntasan minimal, dari 30 siswa 22 siswa telah tuntas. Hal ini dapat dikatakan meningkat dari kondisi awal yang hanya 5 siswa. Kesimpulan dari implementasi ini adalah pendekatan STEM dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswapada pembelajaran fungsi kuadrat.

Kata Kunci: stem, fungsi kuadrat, berpikir kritis

Keywords: Stem, fungsi kuadrat, berpikir kritis

Downloads

Download data is not yet available.

References

Firman, H. (2015). Pendidikan sains berbasis STEM: Konsep, pengembangan, dan peranan riset pascasarjana. In Disampaikan pada Seminar Nasional Pendidikan IPA dan PLKH Universitas Pakuan, Agustus.
kemdikbud. (2016). Panduan Penilaian. Jakarta: Kemdikbud.
Mulyana, T. (2009). Pembelajaran analitik sintetik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematika siswa SMA. Educationist, 3(1), 43–48.
Sanders, M. E. (2008). Stem, stem education, stemmania.
SEAMEO. (2018a). Eksplorasi Aktivitas STEM untuk Siswa Sekolah Menengah Atas. Yogyakarta: Qithep In Mathematics.
SEAMEO. (2018b). Unit Pembelajaran pada Aktivitas STEM. Yogyakarta: Qithep In Mathematics.
Setiadi, H. (2018). framework Penyusunan Soal Berbasis STEM (pp. 1–52). Bandung: Qitep In Science.
Sumardyono, & Ashari, S. (2010). Kajian Kritis dalam Pembelajaran di SD. Yogyakarta: P4TK Matematika.
Wang, H.-H., Moore, T. J., Roehrig, G. H., & Park, M. S. (2011). STEM integration: Teacher perceptions and practice. Journal of Pre-College Engineering Education Research (J-PEER), 1(2), 2.
Published
2019-06-18
How to Cite
Supriyatun, S. E. (2019). Implementasi pembelajaran sains, teknologi, engineering, dan matematika STEM pada materi fungsi kuadrat. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 5(1), 80-87. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v5i1.567
Abstract viewed = 2744 times
PDF downloaded = 1839 times