KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMA DENGAN PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH BERBANTUAN MAPLE

  • Zuli Nuraeni Universitas Sriwijaya

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji langkah-langkah model pembelajaran Index Card Match berbantuan software MAPLE dan pengaruhnya terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa SMA. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain kelas kontrol non-ekuivalen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kuningan, dengan teknik purposive sampling diambil dua kelas sebagai sampel. Ciri khas dari model gabungan ini adalah siswa membuat soal sendiri beserta jawabannya di kartu yang terpisah, sehingga setelah kartu tersebut dikumpulkan dan diacak, siswa diminta menemukan soal dan jawaban yang cocok. Sedangkan hasil analisis data menunjukkan rataan kemampuan awal pemecahan masalah siswa pada kelas eksperimen sama dengan rataan kemampuan awal siswa pada kelas kontrol dengan nilai signifikansi sebesar 0,212. Namun setelah perlakuan, terdapat perbedaan rata-rata kemampuan pemecahan masalah pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu sebesar 3,38 dan p-value -2,563 dengan asymp.sig 0,010, penolakan untuk H0 yang artinya kemampuan pemecahan masalah matematik pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol.

Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah, Software MAPLE, Index Card Match

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asminar & Baskara, A., (2013). Penerapan Metode Pembelajaran Aktif Index Card Match (ICM) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMAN 6 Pekanbaru Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal PeKA: Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UIR. 2 (1). 2337-652x.

Bell, F. (1978). Theaching and Learning Mathematics) in Secondary School). dubuque, Lowa: William C, Brown CO.

Peraturan Menteri Pendididkan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 tentang Standar Isi (2006). Jakarta: Kemdiknas.

Rahmantyo, F. A. (2002). Skripsi. Pengaruh Strategi Pembelajaran Index Card Match Dan Problem Possing Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau Dari Kreativitas Belajar Siswa. Universitas Muhammadiyah Surakarta: tidak diterbitkan.

Royer, J.M (Ed). (2003). Mathematical cognition. Greenwich: Age Publishing Inc

Sanjaya. W. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Silberman, M. L. (2011). Active Learning: 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nusamedia.

Suprijono, A. (2014). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Weda, M. (2013). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer :Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.

Published
2021-07-23
How to Cite
Nuraeni, Z. (2021). KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMA DENGAN PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH BERBANTUAN MAPLE. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 7(1), 69-77. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v7i1.529
Abstract viewed = 92 times
pdf downloaded = 59 times