KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMA DENGAN PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH BERBANTUAN MAPLE
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji langkah-langkah model pembelajaran Index Card Match berbantuan software MAPLE dan pengaruhnya terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa SMA. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain kelas kontrol non-ekuivalen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kuningan, dengan teknik purposive sampling diambil dua kelas sebagai sampel. Ciri khas dari model gabungan ini adalah siswa membuat soal sendiri beserta jawabannya di kartu yang terpisah, sehingga setelah kartu tersebut dikumpulkan dan diacak, siswa diminta menemukan soal dan jawaban yang cocok. Sedangkan hasil analisis data menunjukkan rataan kemampuan awal pemecahan masalah siswa pada kelas eksperimen sama dengan rataan kemampuan awal siswa pada kelas kontrol dengan nilai signifikansi sebesar 0,212. Namun setelah perlakuan, terdapat perbedaan rata-rata kemampuan pemecahan masalah pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu sebesar 3,38 dan p-value -2,563 dengan asymp.sig 0,010, penolakan untuk H0 yang artinya kemampuan pemecahan masalah matematik pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol.
Downloads
References
Asminar & Baskara, A., (2013). Penerapan Metode Pembelajaran Aktif Index Card Match (ICM) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMAN 6 Pekanbaru Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal PeKA: Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UIR. 2 (1). 2337-652x.
Bell, F. (1978). Theaching and Learning Mathematics) in Secondary School). dubuque, Lowa: William C, Brown CO.
Peraturan Menteri Pendididkan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 tentang Standar Isi (2006). Jakarta: Kemdiknas.
Rahmantyo, F. A. (2002). Skripsi. Pengaruh Strategi Pembelajaran Index Card Match Dan Problem Possing Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau Dari Kreativitas Belajar Siswa. Universitas Muhammadiyah Surakarta: tidak diterbitkan.
Royer, J.M (Ed). (2003). Mathematical cognition. Greenwich: Age Publishing Inc
Sanjaya. W. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Silberman, M. L. (2011). Active Learning: 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nusamedia.
Suprijono, A. (2014). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Weda, M. (2013). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer :Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.
Copyright (c) 2020 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.