Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dengan Taksonomi SOLO pada Siswa SMA

Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dengan Taksonomi SOLO pada Siswa SMA

  • Septi Aprillia Luvi Sari Pendidikan matematika, FKIP, UKSW
  • Sutriyono Sutriyono Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, UKSW
  • Fika Widya Pratama Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, UKSW

Abstract

Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematika dengan taksonomi SOLO pada siswa SMA. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari tiga subjek yang dipilih berdasarkan nilai raport kenaikan kelas. Subjek tersebut adalah subjek hasil belajar tinggi (S1), subjek hasil belajar sedang (S2), serta subjek hasil belajar rendah (S3). Penelitian ini menggunakan teknik tes, wawancara, dan dokumentasi. Data diambil pada tanggal 8 September 2018 sampai 1 Oktober 2018 di SMA Negeri 2 Salatiga. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan S1 dan S2 berada pada ekstended abstrak karena dapat menyelesaikan soal dengan benar serta mampu membuat kesimpulan di akhir pekerjaanya. Sedangkan S3 berada pada tingkat multistruktural karena tidak dapat menemukan solusi yang tepat untuk menyelesaikan soal tersebut.

Keywords: Kemampuan pemecahan masalah, Taksonomi solo, Hasil belajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Awaliyah, F dkk. 2016. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Dalam Pembelajaran Model Auditory Intellectually Repetition. Semarang: Universitas Negeri Semarang. Vol 5 No 3

Biggs, J. & Collis, K. F. 1982. Evaluating the quality of learning; The SOLO taxonomy. New York: Academic Press

Fitriah, Isrotul. 2017. profil kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan taksonomi solo plus ditinjau dari perbedaan kemampuan matematika. Universitas Negeri Surabaya. Vol 2 No 6

Http://www.slideshare.net/mobile/iwankusuma/pp–no–32–tahun–2013–tentang–standar –nasional–pend tanggal 4 April 2019

Hudojo, Herman. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negri Malang (UM PRESS)

Kuswana , Sunaryo Wowo. 2013. Takaonomi Berpikir. Bandung: Remaja Rosdakarya

Safitri, Elita. 2016. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Berdasarkan Taksonomi Solo. Surakarta: Universitas Muhamadiyah Surakarta

Sugiyono. 2015. Metode Penlitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif RND. Bandung: Alfabeta

Uno, Hamzah B. 2008. Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Winarti, Titi W. 2011. Profil Kemampuan Pemecahan Maalah Siswa kelas VIII Berdasarkan Taksonomi Solo Di Lihat Dari Perbedaan Kemampuan Matematika dan Perbedaan Gender. Tesis tidak dipublikasikan. Surabaya: Perpustakaan Pascasarjana UNESA
Published
2019-05-23
How to Cite
Sari, S. A. L., Sutriyono, S., & Pratama, F. W. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dengan Taksonomi SOLO pada Siswa SMA. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 5(1), 1-14. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v5i1.502
Abstract viewed = 578 times
PDF downloaded = 425 times