PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN TIPE NUMERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP PENGUASAAN KONSEP MATEMATIKA
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui perbedaan antara model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numered Head Together (NHT) terhadap penguasaan konsep matematika. Penelitian ini dilakukan di SMP Bina Sejahtera Depok dengan populasi kelas VIII di mana terdiri dari 2 kelas dan populasi tersebut juga sebagai sampel dengan jumlah rata-rata perkelasnya 30 peserta didik. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen penelitian berupa soal essay sebanyak 4 soal dalam waktu 60menit. Instrumen dikatakan valid dan reabilitas setelah diuji cobakan di kelas uji coba. Uji prasyarat analisis menunjukan bahwa sampel berdistribusi normal dan homogen. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan penguasaan konsep matematika antara siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numered Head Together (NHT).
Downloads
References
Aryana, I. G. M. R., Al Idrus, A., & Harjono, A. (2015). Pengaruh model pembelajaran kooperatif nht dan stad terhadap hasil belajar sikap siswa sma negeri 2 gerung. Jurnal pijar MIPA, 10(2).
Dewi, A. P. (2022). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Penguasaan Konsep Matematika pada Materi Perbandingan terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTs Tamrinut Thullab Undaan Kudus (Doctoral dissertation, IAIN KUDUS).
Faridloh, F., & Maarif, S. (2018). EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. JOURNAL PROCEEDING, 4(1).
Fatma, M., Wahyuni, M., & Witarsa, R. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 3373-3381.
Gusniwati, M., & Rahmawati, E. Y. (2021, July). Pengaruh Reading Comprehension (Membaca Pemahaman) terhadap Penguasaan Konsep Matematika. In SINASIS (Seminar Nasional Sains) (Vol. 2, No. 1).
Halimah, N. (2017). Perbedaan Pengaruh Model Student Teams Achievement Division (STAD) dan Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(3), 267-275.
Hapsari, A. E. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Berbantuan Media Interaktif Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(1), 1-9.
Hazmiwati, H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 178-184.
Indriastuti, N. (2016). Studi Komparasi Strategi Student Teams Achievement Division (STAD) dan Numbered Heads Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 1 Siswodipuran Boyolali Tahun Ajaran 2015/2016 (Doctoral dissertation, Universitas Muhamadiyah Surakarta).
Jaelani, A. (2015). Pembelajaran Kooperatif, Sebagai Salah Satu Model Pembelajaran Di Madrasah Ibtidaiyya (Mi). Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 2(1).
Jampel, I. N., Artawan, G., Widiana, I. W., Parmiti, D. P., & Hellman, J. (2018). Jurnal Pendidikan IPA Indonesia Studying Natural Science In Elementary School Using Nos-Oriented Cooperative Learning Model With The NHT Type. 7(2), 140. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i2.9863
Kusumawati, H., & Mawardi, M. (2016). Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dan STAD Ditinjau dari Hasil Belajar Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(3), 251-263.
Lagur, D. S., Makur, A. P., & Ramda, A. H. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 357–368. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i3.160
Lestari, W., Pratama, L. D., & Jailani, J. (2018). Implementasi Pendekatan Saintifik Setting Kooperatif Tipe STAD Terhadap Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Matematika. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(1), 29. https://doi.org/10.26877/aks.v9i1.2332
Muliandari, P. T. V. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) Terhadap Hasil Belajar Matematika. International Journal of Elementary Education, 3(2), 132. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18517
Nourhasanah, F. Y., & Aslam, A. (2022). Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5124-5129.
Noviana, E., & Huda, M. N. (2018). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar PKN siswa kelas IV SD Negeri 79 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 204-210.
Nurwadani, P. A., Syarifuddin, S., Gunawan, G., & Dusalan, D. (2021). Hubungan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa di Kelas VII SMP Negeri 4 Kota Bima Tahun Pelajaran 2021/2022. DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial, 2(1), 25-38.
Seruni, S. (2015). Pengaruh Penguasaan Konsep Matematika dan Kreativitas Belajar terhadap Perilaku Disiplin. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(3).
Sudana, I. P. A., & Wesnawa, I. G. A. (2017). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(1), 1-8.
Suparmini, M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar. Journal of Education Action Research, 5(1), 67–73. https://doi.org/10.26740/jvte.v2n1.p14-18
Wulandari, I., & Kunci, K. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dalam Pembelajaran MI. Jurnal papeda, 4(1).
Copyright (c) 2023 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.