PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI ALBERTA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh penerapan model Inkuiri Alberta dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa di SMA. Metode eksperimen dengan desain quasi experimental dijadikan sebagai metode dalam penelitian ini, Sampel dalam penelitian ini dipilih dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes tertulis untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif matematis dan non tes dalam bentuk observasi untuk mengukur keterlaksanaan pembelajaran model Inkuiri Alberta. Data yang diperoleh selanjutnya diolah dengan teknik statistik uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan yang signifikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa setelah diterapkan model Inkuiri Alberta. Setelah dibandingkan, peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diterapkan model Inkuiri Alberta lebih baik daripada siswa yang diterapkan model pembelajaran konvensional. Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model Inkuiri Alberta telah sesuai dengan sintaknya.
Downloads
References
Alberta, L. (2004). Focus on Inquiry: A Teacher's Guide to Implementing Inquiry- Based Learning. Edmonton: Alberta. Tersedia: Dakses dari https://www.pdfdrive.com/a-teachers-guide-to-implementing-inquiry-based-learning-e50641850.html
Badjeber R, Fatimah S, (2015). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP melalui Pembelajaran Inkuiri Model Alberta. Jurnal Pegajaran MIPA, Vol. 20, No. 1 Hal. 18-26.
Hapsari, Mahrita J. (2018). Menyuburkan Curiosity Dengan Guided Inquiry. Diakses dari http://eprints.ulm.ac.id/5423/
Hendriana, Heris. Dkk. (2018). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Refika Aditama: Bandung.
Mulyasa, E. Dkk. (2017). Revolusi dan Inovasi Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya: Bandung.
Mutoharoh, D S. (2022). Implementasi Pembelajaran Inkuiri Model Alberta Berbantuan LKPD dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol.2, No.3, Hal 82-91.
Kemenko PMK. (2021). Kompetensi 4C Untuk Manusia indonesia Masa kini. Diakses dari https://www.kemenkopmk.go.id/kompetensi-4c-untuk-manusia-indonesia-masa-kini
Panjaitan, Muktar. Andriono Manalu. (2019). Pembelajaran Kreatif-Inkuiri untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Berpikir Kreatif Mahasiswa. Diakses dari http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/inpafi
Tarwiyani. dkk. (2019). Penerapan Pembelajaran Sains Berbasis Inquiry Based Learning Terintegrasi Nature of Science dalam Meningkatkan Keterampilan Metakognitif Siswa. Diakses dari http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
Usman, R M, (2017). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Siswa SMP Melalui Pembelajaran Inkuiri Model Alberta. Jurnal Derivat, Vol 4, No. 2 Hal 1-7.
Usman, R M, (2014). Pembelajaran Inkuiri Model Alberta Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP. Jurnal Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, Vol 3, No. 2 Hal 1-7.
Copyright (c) 2023 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.