MODEL PEMBELAJARAN SSCS DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa, keterlaksanaan model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) dengan pendekatan konstruktivisme, karakter kreatif belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS), dan korelasi antara karakter kreatif belajar dengan kemampuan pemecahan masalah matematis. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Pemangkat pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan VIII B. Jenis dan desain penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain Quasi Experimental pada bentuk The Nonequivalent Pretest Posttest Control Group Design. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: a) penggunaan model SSCS dengan pendekatan konstruktivisme lebih meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung; b) model SSCS dengan pendekatan konstruktivisme dapat terlaksana dengan baik; c) penggunaan model SSCS dengan pendekatan konstruktivisme menghasilkan karakter kreatif siswa yang tinggi; dan d) hubungan antara karakter kreatif dan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah menjadi lebih terlihat setelah diterapkan model pembelajaran SSCS dengan pendekatan konstruktivisme.
Downloads
References
Adhyan, A. R., & Sutirna, S. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Mts Pada Materi Himpunan. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(2), 451. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i2.10289
Agustin, S., Fitraini, D., Rahmi, D., & Fitri, I. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran SEARCH SOLVE CREATE SHARE ( SSCS ) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis. 2(2), 42–53.
Buyung, B., & Sumarli, S. (2021). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah. Variabel, 4(2), 61. https://doi.org/10.26737/var.v4i2.2722
Deli, M. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Search Solve Create Share (SSCS) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII-2 SMP Negeri 13 Pekanbaru. 4(April), 71–78.
Farida, N. (2014). Pengaruh Sikap Kreatif Terhadap Prestasi Belajar Matematika. AKSIOMA: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 10–15.
Gibran, A. G., Salam, R., Percaya, S., & Siswa, D. (2022). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Matematika Terhadap Sikap Percaya Diri Siswa Sekolah Dasar di Kota Makassar. 2(6), 36–50.
Hartanti, P. S. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Pembelajaran Seacrh, Solve, Create and Share (Sscs) Menggunakan Media Lkpd Pada Materi Penyajian Data Untuk Siswa Kelas Vii Smp Negeri 3 Kepanjen. JPM : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 62. https://doi.org/10.33474/jpm.v4i2.2617
Indah, K., Lestari, P., Nayazik, A., Hidayati, D. W., Ivet, U., Ivet, U., & Ivet, U. (2019). Pengaruh Kreativitas Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dengan Pendekatan Open-Ended. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 1(1), 9–14.
Jatisunda, M. G. (2017). Pengaruh Pendekatan Konstruktivisme terhadap Pemecahan Masalah Matematik Peserta Didik. 2(1), 57–66.
Kemdiknas. (2011). Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Puskur_Balitbang.
Khairunisa, D. (2020). Menumbuhkan Karakter Kreatif Dan Peduli Melalui Project Based Learning Pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Guru Dikmen Dan Diksus, 3(1), 85–101. https://doi.org/10.47239/jgdd.v3i1.188
Mariyam, P, N. C., & Wahyuni, R. (2018). Pengembangan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Pertidaksamaan Linier Satu Variabel Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Modul. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 3(September), 66–73.
Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 5(2), 216–232. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939
Rahmi, M., Edwin Musdi, & yerizon. (2017). Tahap Preliminary Research Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VIII MTs/SMP. Jurnal Mosharafa, 6(2), 237–246. http://e-mosharafa.org/
Santi, D. M., Rosmaiyadi, & Mariyam. (2022). Penerapan Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jumlahku, 8, 15–27.
Sulistiyono, E., Mahanal, S., & Saptasari, M. (2017). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Kognitif Melalui Pembelajaran Biologi Berbasis Speed Reading-Mind Mapping (SR-MM). Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(9), 1226–1230.
Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5(2).
U.S, S. (2012). Peran Berpikir Kretif Dalam Proses Pembelajaran Matematika. Jurnal Formatif, 2(3), 248–262.
Widyati, F. N., & Irawati, H. (2021). Studi Literatur: Peningkatan Oral Activity Dan Hasil Belajar Kognitif Melalui Penerapan Model Search, Solve, Create, and Share (SSCS). INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 10(2), 74–81. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v10i2.57187
Yarmayani, A. (2016). Analisis Kemampuan Memecahkan Masalah Tematis Siswa Kelas XII MIPA SMA Negeri 1 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 6(2), 1–8.
Copyright (c) 2023 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.