PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBANTUAN VBA POWERPOINT DALAM MENDUKUNG KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA

  • Chandra Novtiar Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Siliwangi
  • Nirwanty Angela Al Ghani SMP Pasundan 9 Bandung

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menghasilkan bahan ajar berbantuan teknologi yakni dengan VBA PowerPoint, agar terciptanya bahan ajar yang efektif, praktis, layak digunakan dan tidak membosankan dengan pendekatan kontekstual, untuk melihat kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian dilakukan di dua sekolah yang ada di Cimahi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan subjek dari penelitian ini diambil dari 2 tingkat yang berbeda yakni untuk uji terbatas terdiri dari 14 siswa dari kelas 8-A, uji luas terdiri dari 25 siswa dari kelas 8-B di SMPN 16 Cimahi dan uji produk di kelas 7-I SMPN 4 Cimahi. Dalam penelitian ini, digunakan instrumen berupa lembar wawancara pada studi pendahuluan, skala pendapat siswa terhadap bahan ajar, lembar validasi ahli, lima butir instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah segiempat dan segitiga. Data postes kemampuan pemecahan masalah matematis dianalisis menggunakan perhitungan Ms. Excel. Penelitian menunjukkan bahwa: (1) 70,6% siswa pada uji coba terbatas memperlihatkan bahwa bahan ajar yang akan digunakan praktis dan masih ada revisi, serta diperoleh persentase 82,6% dari validator ahli yang menunjukkan bahwa bahan ajar yang akan digunakan sangat valid tetapi masih tergolong rendah dan proses revisi masih diperlukan. Pada uji coba luas 80,22% siswa menunjukkan bahwa bahan ajar yang digunakan termasuk ke dalam kriteria sangat praktis dan 87,3% dari validator menunjukkan bahwa bahan ajar yang digunakan sangat praktis dan menunjukkan peningkatan pada uji coba terbatas; (2) skenario dan implementasi berjalan sesuai RPP yang telah disusun; (3) kesulitan yang dialami siswa pada saat menjawab soal pemecahan masalah matematis ialah pada mengubah soal cerita dalam bentuk gambar dan menyusun langkah-langkah penyelesaian dengan baik dan benar; (4) pada tahap uji coba produk pengembangan bahan ajar menggunakan VBA PowerPoint cukup efektif untuk melatih pemecahan masalah matematis setiap siswa.

Keywords: Pengembangan Bahan Ajar, VBA PowerPoint, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afgani, M. W., Saputro, B. A., & Darmayasa, J. B. (2016). Pembelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan Problem Posing Berbasis Komputer pada Siswa SMA Kelas X. Journal Infinity, 5(1), 32–41.

Dahar, R. W. (2011). Teori-teori belajar dan pembelajaran. In Jakarta: Erlangga (Vol. 136).

Danoebroto, S. W. (2008). Improving Problem Solving Skill Using The PMRI. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 11(1), 73–87.

Febriyanti, H., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Pemecahan Masalah Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar Hesti. JuMlahku, 6(1), 50–65.

Kharisma, J. Y., & Asman, A. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Masalah Berorientasi pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Prestasi Belajar Matematika. Indonesian Journal of Mathematics Education, 1(1), 34–46.

Nahdi, D. S., & Jatisunda, M. G. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah. JuMlahku, 5(2), 39–52.

Rahman, A. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Efficacy Siswa SMPN 3 Langsa. Universitas Negeri Medan.

Ruswati, D., Utami, W. T., & Senjayawati, E. (2018). Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Tiga Aspek. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 91-106.

Sholihah, S. Z., & Afriansyah, E. A. (2017). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Proses Pemecahan Masalah Geometri Berdasarkan Tahapan Berpikir Van Hiele. Mosharafa, 6(2), 287–298.

Suhartini, S., & Santoso, R. H. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika untuk Siswa SMK Jurusan Akuntansi di Sleman dengan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 69-76. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i1.2665

Timutius, F., Apriliani, N. R., & Bernard, M. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Kelas IX-G di SMP Negeri 3 Cimahi dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematik pada Materi Lingkaran. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 305–312.

Wahyuni, K. S. P., Candiasa, I. M., & Wibawa, I. M. C. (2021). Pengembangan E-LKPD Berbasis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Mata Pelajaran Tematik Kelas Iv Sekolah Dasar. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(2), 301–311. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i2.476

Published
2023-05-31
How to Cite
Chandra Novtiar, & Nirwanty Angela Al Ghani. (2023). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBANTUAN VBA POWERPOINT DALAM MENDUKUNG KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 9(1), 175-190. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v9i1.2890
Abstract viewed = 138 times
PDF downloaded = 103 times