ASOSIASI KEMAMPUAN KONEKSI DAN KEMAMPUAM KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS ICT

  • Evan Farhan Wahyu Puadi STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Uba Umbara STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat adanya asosiasi kemampuan koneksi dengan kemampuan komunikasi matematis siswa. Kedua kemampuan tersebut memiliki hubungan yang menarik dalam penyelesaian masalah matematis di sekolah. Dengan menerapkan pembelajaran berbasis ICT, data dikumpulkan melalui instrument tes. Populasi adalah seluruh siswa MTsN 3 Kuningan Kelas VII, dengan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sejumlah 80 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain One – Group Pretest-Posttest Design. Pengolahan data menggunakan SPSS yang menghasilkan nilai Asymptotic Significance (2-sided) = 0,000. Karena harga Sig. lebih kecil dari α = 0,05 , maka hipotesis nol ditolak yang artinya terdapat asosiasi yang signifikan antara kemampuan komunikasi matematis dengan kemampuan literasi matematis siswa. Kesimpulan akhir yang diperoleh dari penelitian ini Berdasarkan kriteria penggolongan koefisien kontingensi diketahui bahwa asosiasi antara kemampuan komunikasi matematis dengan kemampuan koneksi matematis siswa tergolong tinggi.

Keywords: Kemampuan Koneksi, ; Kemampuan Komunikasi, Pembelajaran ICT, Pemecahan Masalah

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amam, A. (2013). PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ICT TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP. Universitas Pendidikan Indonesia.
Astuti, L., Muhab, S., & Darwis, Z. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Berbasis ICT Terhadap Kemampuan Komunikasi Peserta Didik Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 9(1), 41–45.
Bernard, M., & Senjayawati, E. (2019). Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematik Siswa SMP dengan Menggunakan Pendekatan Metaphorical Thinking Berbantuan Software Geogebra. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 79–87.
Brenner, M. E. (1998). Development of mathematical communication in problem solving groups by language minority students. Bilingual Research Journal, 22(2–4), 149–174. https://doi.org/10.1080/15235882.1998.10162720
Fajri, N., & others. (2013). Peningkatan kemampuan koneksi dan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Jurnal Paradikma, 6(2), 149–161.
Hartati, S., Abdullah, I., & Haji, S. (2017). Pengaruh kemampuan pemahaman konsep, kemampuan komunikasi dan koneksi terhadap kemampuan pemecahan masalah. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 2(1), 43–72.
Hendriana, H. (2014). MATHEMATICAL CONNECTION ABILITY AND SELF-CONFIDENCE (An experiment on Junior High School students through Contextual Teaching and learning with Mathematical Manipulative). International Journal of Education, 8(1), 1–11. https://doi.org/10.17509/ije.v8i1.1726
Kartikasari, A., & Widjajanti, D. B. (2017). The effectiveness of problem-based learning approach based on multiple intelligences in terms of student’s achievement, mathematical connection ability, and self-esteem. Journal of Physics: Conference Series, 812(1), 12097.
Kenedi, A. K., Helsa, Y., Ariani, Y., Zainil, M., & Hendri, S. (2019). Mathematical Connection of Elementary School Students to Solve Mathematical Problems. Journal on Mathematics Education, 10(1), 69–80.
NCTM. (2000). Principles and standards for school mathematics (Vol. 1). National Council of Teachers of.
Sholeha, L. A., Novianti, D., & Chotimah, S. (2019). Pengaruh Media ICT Berbasis For VBA Excel Terhadap Self Confidence Matematis Siswa SD Pada Materi Bangun Ruang. Journal on Education, 2(1), 104–109.
Yaniawati, R. P., Indrawan, R., & Setiawan, G. (2019). Core Model on Improving Mathematical Communication and Connection, Analysis of Students’ Mathematical Disposition. International Journal of Instruction, 12(4), 639–654.
Published
2023-05-30
How to Cite
Farhan Wahyu Puadi, E., & Umbara, U. (2023). ASOSIASI KEMAMPUAN KONEKSI DAN KEMAMPUAM KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS ICT. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 9(1), 156-162. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v9i1.2840
Abstract viewed = 120 times
PDF downloaded = 121 times