MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

  • Nadiya Eka Suryani STKIP Singkawang
  • Citra Utami STKIP Singkawang
  • Nurul Husna STKIP Singkawang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) perbedaan peningkatan kemampuan penalaran matematis antara siswa yang diterapkan model Problem Based Learning berbantuan Lembar Kerja Siswa dengan siswa yang diterapkan model pembelajaran langsung; 2) perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang diterapkan model Problem Based Learning berbantuan Lembar Kerja Siswa dengan siswa yang diterapkan model pembelajaran langsung; 3) perbedaan peningkatan kemampuan penalaran dan pemecahan masalah matematis siswa yang diterapkan model Problem Based Learning berbantuan Lembar Kerja Siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental dengan rancangan The Nonequivalent Pretest-Posstest Control Group Design yang dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2021/2022 di SMP Negeri 6 Singkawang. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan soal pre-test dan post-test pada materi bangun datar segiempat. Pengujian hipotesis menggunakan uji T-Test Independent dan T-Test Paired. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)  terdapat perbedaan peningkatan kemampuan penalaran matematis antara siswa yang diterapkan model Problem Based Learning berbantuan Lembar Kerja Siswa dengan siswa yang diterapkan model pembelajaran langsung; 2) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang diterapkan model Problem Based Learning berbantuan Lembar Kerja Siswa dengan siswa yang diterapkan model pembelajaran langsung; 3) tidak terdapat perbedaan peningkatan kemampuan penalaran dan pemecahan masalah matematis siswa yang diterapkan model Problem Based Learning berbantuan Lembar Kerja Siswa.

Keywords: Problem Based Learning, Lembar Kerja Siswa, Kemampuan Penalaran Matematis, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifah, B. A., Imswatama, A., & Setiani, A. (2020). Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. De Fermat: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 9–16.

Annisah, S. (2017). Alat Peraga Pembelajaran Matematika. Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1), 1–15.

Arrahim, & Salbia, N. I. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar pada Materi FPB dan KPK. Pedagogik: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 53–59.

Bawa, I. K. (2019). Penerapan Problem Based Learning Berbantuan LKS untuk Meningkatkan Self-Efficacy dan Hasil Belajar Matematika. Journal of Education Action Research, 3(2), 90–99.

Djonomiarjo, T. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(1), 39–46.

Gunur, B., & Ramda, A. H. (2020). Model Problem Based Learning dan Prespektif Gender Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Jurnal Numeracy, 7(1), 65–78.

Izzah, K. H., & Azizah, M. (2019). Analisis kemampuan penalaran siswa dalam pemecahan masalah matematika siswa kelas IV. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(2), 210–218.

Khairani, M., Sukmawati, & Nasrun. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Penalaran dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V SDN 1 Lejang Kabupaten Pangkep. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 458–471.

Kotto, M. A., Babys, U., & Gella, N. J. M. (2022). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Melalui Model PBL (Problem Based Learning). Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 5(1), 24–27.

Kudsiyah, S. M., Novarina, E., & Lukman, H. S. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas X di SMA Negeri 2 Kota Sukabumi. Seminar Nasional Pendidikan 2017, 110–117.

Kusumawardani, D. R., Wardono, & Kartono. (2018). Pentingnya Penalaran Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 588–595.

Ma’rifah, S. N., Wijoyo, S. H., & Wicaksono, S. A. (2019). Penerapan Problem Based Learning Berbantuan Lembar Kerja Siswa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar (Studi Pada : SMK Negeri 4 Malang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(11), 10586–10594.

Meika, I., & Sujana, A. (2017). Kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah matematis siswa SMA. JPPM, 10(2), 8–13.

Mullis, I. V. S., Martin, M. O., Foy, P., & Hooper, M. (2016). TIMSS Advanced 2015 International Results in Advanced Mathematics and Physics. http://timssandpirls.bc.edu/timss2015/international-results/. Diakses 3 Mei 2021.

Mulyani, L. (2018). Penerapan strategi pembelajaran metakognitif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, penalaran matematis siswa serta hubungannya terhadap Self Efficacy siswa SMP. Repository UNPAS. http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/33064. Diakses 15 April 2022.

Muslimah, S. L., Rosalina, E., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Tematik Berbasis Outdoor Learning pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1926–1939.

Nasrulloh, K. (2020). Pengaruh Pendekatan SAVI Terhadap Penalaran Matematis Siswa Kelas VII MTs Modern Al-Azhary Ajibarang Kabupaten Banyumas. Repository State Islamic University Prof. K.H Saifuddin Zuhri. http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7043. Diakses 3 Mei 2021.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Virginia: NCTM.

Ni’mah, E. A., & Armiati. (2019). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas XI MIA SMAN 2 Padang Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 8(4), 24–29.

Nurhayati, E., Mulyana, T., & Martadiputra, B. A. P. (2016). Penerapan scaffolding untuk pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 2(2), 107–112.

OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume I) What Students Know and Can Do. OECD. https://doi.org/10.1787/5f07c754-en. Diakses 3 Mei 2021.

Putra, A., Syarifuddin, H., & Zulfah. (2018). Validitas Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Penemuan Terbimbing dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Penalaran Matematis. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 56–62.

Rosmaiyadi, R., & Husna, N. (2020). Ability of mathematical problem solving on junior high school students with field dependent cognitive learning style. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 198–211.

Sagita, D. (2016). Peran Bahan Ajar LKS Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan 2016, 37–44.

Sapitri, Y., Utami, C., & Mariyam. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended pada Materi Lingkaran Ditinjau dari Minat Belajar. VARIABEL, 2(1), 16–23.

Setiyani, Maharani, A., & Ferdianto, F. (2017). Pengaruh Aktivitas Belajar Mahasiswa Dengan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis pada Mata Kuliah Kalkulus III. Repository FKIP Unswagati. http://www.fkip-unswagati.ac.id/ejournal/index.php/repository/article/view/305. Diakses 24 Januari 2023.

Sibuea, M. F. L., & Sinaga, H. D. E. (2018). Pengembangan media pembelajaran ular tangga aljabar siswa sekolah dasar. Jurnal Mathematic Paedagogic, 3(1), 9–13.

Suari, N. P. (2018). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan motivasi belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 241–247.

Tahir, S. R. (2020). Pengaruh Penerapan Model PBL Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP PGRI (Disamakan) Sungguminasa. Mandalika Mathematics and Education Journal, 2(1), 56–66.

Wulandari, F. (2018). Keterkaitan kemampuan penalaran matematis siswa dengan model Problem Based Learning (PBL). Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan, 72–75.

Published
2023-05-03
How to Cite
Eka Suryani, N., Utami, C., & Husna, N. (2023). MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 9(1), 21-39. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v9i1.2820
Abstract viewed = 326 times
pdf downloaded = 226 times