SELF EFFICACY SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN APLIKASI MICROSOFT MATHEMATICS

  • Nur'Afianti Universitas Indraprasta PGRI
  • Supardi U.S. Universitas Indraprasta PGRI
  • Juariah UIN Sunan Gunung Djati
  • Hamdan Sugilar UIN Sunan Gunung Djati

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai self-efficay  siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan aplikasi Microsoft Mathematics. Rendahnya self-efficacy siswa dalam pembelajaran matematika merupakan masalah yang melatarbelakangi penulisan artikel ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan aplikasi Microsoft Mathematics terhadap self-efficacy siswa dalam pembelajaran matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII SMP yang terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Data dikumpulkan menggunakan angket self-efficacy dan tes prestasi matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara self-efficacy siswa pada kelompok eksperimen dan kontrol. Siswa yang menggunakan aplikasi Microsoft Mathematics menunjukkan peningkatan self-efficacy yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol. Artinya siswa cenderung memiliki self-efficacy atau keyakinan diri yang cukup tinggi dalam pembelajaran matematika menggunakan Microsoft Mathematics. Oleh karena itu, penggunaan aplikasi Microsoft Mathematics dapat meningkatkan self-efficacy siswa dalam pembelajaran matematika. Studi ini memberikan implikasi praktis yang dapat membantu guru dan pengembang aplikasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika.

Keywords: Self Efficacy, Aplikasi Microsoft Mathematics, Pembelajaran Matematika

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, C. A., Rahayuningsih, S., & Ngatiman. (2018). Analisis Keyakinan Diri (Self Efficacy) Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Perbedaan Gender. Majamath, 105.

Ekawati, A. (2016). Penggunaan Software Geogebra dan Microsoft Mathematics dalam Pembelajaran Matematika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 151.

Fajri, H. N., Johar, R., & Ikhsan, M. (2016). Peningkatan Kemampan Spasial dan Self-Efficacy Siswa Melalui Model Discovery Learning Berbasis Multimedia. Beta: Jurnal Tadris Matematika.

Hardiyana, A. (2016). Optimalisasi Pemanfaatn Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran PAUD. Awlady: Jurnal Pendidikan Anak.

Indahsari, I. N., Situmorang, J. C., & Amelia, R. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Efficay Siswa MAN. Journal on Education, 256.

Indriani, N. (2016). Proses Berpikir Siswa dalam Pemecahan Masalah Trigonometri Ditinjau dari Self-Efficacy Siswa. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Irnawaty, D., & Yulia, C. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Ecite (Electronic Counseling in Telegram) Untuk Meningkatkan Self-Efficacy Siswa. Research and Development Journal of Education, 1.

Kamarullah. (2017). Pendidikan Matematika di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika.

Khuzaini, N., & Santosa, R. H. (2016). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Trigonometri Menggunakan Adobe Flash CS3 untuk Siswa SMA. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 89.

Milah, A. M., Susilawati, W., Widiastuti, T. T., & Ariany, R. L. (2022). Adaptasi Teknologi dalam Pembelajaran Matematika. Gunung Djati Conference Series Mathematics Education on Research Publication.

Oktaviyanthi, R., & Supriani, Y. (2014). Pembelajaran Kalkulus Berbantuan Microsoft Mathematics. AdMathEdu, 176.

Pardimin. (2018). Self-Efficacy Matematika dan Self-Efficacy Mengajar Matematika Guru Matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan, 30.

Puspitorini, A. (2015). Meningkatkan Pemahaman Siswa dengan Penggunaan Microsoft Mathematics Sebagai Media Pembelajaran pada Mata Kuliah Kalkulus. Sigma (Kajian Ilmu Pendidikan Matematika), 8.

Rantayu, R. F., Rahayu, A. A., & Ibrahim. (2022). Self Efficacy Siswa SMA Sederajat terhadap Pemahaman Konsep SPLDV Selama Pembelajaran Daring. Jurnal Matematika Ilmiah (Jumlahku), 126.

Sadewi, A. E., Sugiharto, D., & Nusantoro, E. (2012). Meningkatkan Self Efficacy Pelajaran Matematika Melalui Layanan Penguasaan Konten Teknik Modeling Simbolik. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 10.

Subaidi, A. (2016). Self-Efficacy Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika. Sigma (Kajian Ilmu Pendidikan Matematika), 64.

Suryacita, G. E., & Oktavia, R. (2017). Pemanfaatan Program Microsoft Mathematics untuk Meningkatkan Ketelitian Siswa Kelas XI dalam Menyelesaikan Soal Perkalian Dua Buah Matriks. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika "Etnomatematika: Perspektif Matematika dari Budaya Indonesia" (hal. 648). Yogyakarta: Progra Stud Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta.

Trisnawati, I., Pratiwi, W., Nurfauziah, P., & Maya, R. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA Kelas XI pada Materi Trigonometri Ditinjau dari Self Confidence. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 383-394.

Yulia, E. R., Wahyuni, I., & Maharani, A. (2021). Keslitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Daring Matematika di Masa Pandemi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika.

Yuliyani, R., Handayani, S. D., & Somawati. (2017). Peran Efikasi Diri (Self Efficacy) dan Kemampuan Berpikir Positif terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Formatif, 132.

Published
2023-05-23
How to Cite
Nur’Afianti, Supardi U.S., Juariah, & Hamdan Sugilar. (2023). SELF EFFICACY SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN APLIKASI MICROSOFT MATHEMATICS. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 9(1), 87-98. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v9i1.2819
Abstract viewed = 218 times
PDF downloaded = 163 times