PENGARUH ADVERSITY QUOTIENT TERHADAP LITERASI MATEMATIS SISWA: TINJAUAN PUSTAKA SISTEMATIS

  • Muchammad Imron Universitas Negeri Semarang
  • Arief Agoestanto Universitas Negeri Semarang

Abstract

Banyak faktor yang memengaruhi proses pembelajaran yang harus diperhatikan oleh guru. Salah satu aspek penting dalam kualitas hidup seseorang adalah kemampuan untuk bertahan menghadapi kesulitan yang disebut Adversity Qoutient (AQ).  AQ adalah kemampuan seseorang untuk bisa bertahan dalam menghadapi berbagai macam kesulitan hingga menemukan solusi atas kesulitan tersebut, menyelesaikan segalam macam permasalahan, mengurangi hambatan dan rintangan dengan mengubah cara berpikir dan sikap terhadap permasalahan tersebut. Ada banyak penelitian yang membahas tentang pengaruh Adversity Quotient terhadap literasi matematika siswa. Mengumpulkan dan menganalisis hasil-hasil penelitian tersebut perlu dilakukan guna memperoleh gambaran bagaimana pengaruh Adversity Quotient terhadap literasi matematis siswa. Metode Systematic Literature Review (SLR) digunakan untuk mensintesis studi yang relevan dengan tujuan penelitian ini. Dengan menggunakan mesin pencarian Google Schoolar, Libgen, diperoleh artikel sebanyak 16 yang diterbitkan dari tahun 2013 sampai tahun 2022 masuk kriteria yang kemudia dianalisis lebih lanjut. Hasil penelitian menunjukkan hasil bahwa Adversity Quotient (AQ) memiliki pengaruh terhadap literasi matematis siswa. Siswa dengan tipe AQ Climbers memiliki kemampuan literasi matematis yang lebih baik dibandingkan dengan tipe Camper dan Quitter.

Keywords: Literasi Matematis, Adversity Quotient, Tinjauan Pustaka Sistematis

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adam, A. H. E., Dwijayanti, I., & Endahwuri, D. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP Negeri 1 Juwana Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau Dari Adversity Quotient A . Pendahuluan Matematika merupakan salah satu ilmu dasar yang dipelajari pada setiap jenjang pendidikan . Penerapan. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 13(2), 213–225.

Afifah, A. D. (2021). Proses Literasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Program Linear Ditinjau Dari Adversity Quotient (AQ). KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 446–459.

Aliyah, L. H. (2022). Eksperimentasi Model Pembelajaran SQ4R Terhadap Kemampcjan Literasi Matematika Ditinjaij Dari Adversity Quotient (AQ) Siswa Kelas VIII Smp Negeri 1 Ajibarang Tahijn Ajaran 2022/2023. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika …, 1(1), 678–697.

Arslan, C., & Yavuz, G. (2012). A Study on Mathematical Literacy Self-Efficacy Beliefs of Prospective Teachers. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 46, 5622–5625. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.06.484

Ayani, N. P. (2022). Pengaruh Model Focus Explore Reflect Apply (FERA) dengan Pendekatan Science Writing Heuristic (SWH) untuk Meningkatkan Adversity Quotient Peserta Didik dan Literasi Matematis. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 1(1), 489–495.

Budiyanti, A. I. A., Sutrisno, & Prayito, M. (2022). Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas VIII dalam Memecahkan Soal SPLDV Model PISA Ditinjau dari Adversity Quotient Tipe Climbers. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(2), 141–149. journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner

Colwell, J., & Enderson, M. C. (2016). When I hear literacy: Using pre-service teachers’ perceptions of mathematical literacy to inform program changes in teacher education. Teaching and Teacher Education, 53, 63–74. https://doi.org/10.1016/j.tate.2015.11.001

Fadhilatullatullathifi, Z. N., Rahmawati, F., & Chasanah, A. N. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Survey Question Read Reflect Recite Review (SQ4R) Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 4(1), 65–69. http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/15575%0Ahttp://idr.uin-antasari.ac.id/15575/2/AWAL.pdf

Hayati, N. (2022). Pengaruh Model Integrating, Society, Science Enviroment, Technologi And Collaborative Mind Mapping (ISSETCM2) Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Ditinjau Dari Adversity Quotient. AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(1), 45–23.

Ismawati, A., Mulyono, & Hindarto, N. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Problem Based Learning dengan Strategi Scaffolding Ditinjau dari Adversity Quotient. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(1), 48–58.

Juandi, D. (2021). Heterogeneity of problem-based learning outcomes for improving mathematical competence: A systematic literature review. Journal of Physics: Conference Series, 1722(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1722/1/012108

Jürges, H., Schneider, K., Senkbeil, M., & Carstensen, C. H. (2012). Assessment drives learning: The effect of central exit exams on curricular knowledge and mathematical literacy. Economics of Education Review, 31(1), 56–65. https://doi.org/10.1016/j.econedurev.2011.08.007

Machaba, F., & Mwakapenda, W. (2017). Implications of Differences and Similarities of Mathematics and Mathematical Literacy. International Journal of Educational Sciences, 17(1–3), 148–160. https://doi.org/10.1080/09751122.2017.1305746

Maharani. (2022). Literasi Matematis Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Pisa Konten Change and Relationship Ditinjau dari Adversity Quotient. JP3M: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran, 1(1), 837–848.

Maulida, N. S., Lestariningsih, & Dhewy, R. C. (2016). Profil Literasi Kuantitatif Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Tipe PISA Ditinjau Dari Adversity Quotient. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(1), 1–23.

Mena, A. B., Lukito, A., & Siswono, T. Y. E. (2016). Literasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Ditinjau dari Adversity Quotient (AQ). Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(2), 187–198. https://doi.org/10.15294/kreano.v7i2.6756

Muallifah, A. N., & Fahmi, S. (2022). Analisis Kebutuhan Media Math Comic Berbasis Android Untuk. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 3(1), 362–370.

Nilasari, N. T., & Anggreini, D. (2019). Kemampuan Literasi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA Ditinjau dari Adversity Quotient. Jurnal Elemen, 5(2), 206. https://doi.org/10.29408/jel.v5i2.1342

Nugroho, A. M., Wardono, Waluyo, S. B., & Cahyono, A. N. (2019). Kemampuan berpikir kreatif ditinjau dari Adversity Quotient pada pembelajaran TPACK. Prisma, 2(1), 40–45. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/28862

Nurfitriyanti, M., Rosa, N. M., & Nursa’adah, F. P. (2020). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis, Adversity Quotient dan Locus of Control Terhadap Prestasi Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(2), 263. https://doi.org/10.30998/jkpm.v5i2.5929

Pardosi, R. P., Budiarto, M. T., & Rahaju, E. B. (2022). Literasi Matematis Siswa SMP Berdasarkan Adversity Quotient Dalam Memecahkan Masalah SPLDV. Jurnal unitomo, 10(2), 91–108. http://dx.doi.org/10.25139/smj.v10i2.4591

Pillai, S. P. M., Galloway, G., & Adu, E. O. (2017). Comparative Studies of Mathematical Literacy/Education: A Literature Review. International Journal of Educational Sciences, 16(1–3), 67–72. https://doi.org/10.1080/09751122.2017.1311625

Purwosetiyono, F. X. D., Budiyanti, M. R. P., Utami, R. E., & Buchori, A. (2022). Kemampuan Penalaran Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematika Pada Siswa Tipe Adversity Quotient (AQ). Enggang: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 3(1), 125–137.

Putri, A. A. (2018). Deskripsi Kemampuan Literasi Matematis Siswa Smp Negeri 1 Bojong Ditinjau Dari Adversity Quotient. AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(1), 478–527. http://repository.ump.ac.id/id/eprint/10704%0Ahttp://repository.ump.ac.id/10704/1/ANGGREXANI ANANTA PUTRI_COVER.pdf

Rahmawati, L., Juandi, D., & Nurlaelah, E. (2022). Implementasi Stem Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 2002. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5490

Rahmawati, N. D., Mardiyana, & Usodo, B. (2015). Profil Siswa SMP dalam Pemecahan Masalah yang Berkaitan dengan Literasi Matematis Ditinjau dari Adversity Quotient (AQ). Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 3(5), 508–517. http://jurnal.fkip.uns.ac.id

Ramadhani, N. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Smp Ditinjau Dari Adversity Quotient (AQ). JEMS: Jurnal Edukasi Matematika …, 2(1), 225–240.

Ramayanti, R., & Iranda, A. (2022). Adversity Quotient pada Siswa Tunanetra dalam Meningkatkan Literasi. Jurnal Psikologi Integratif, 10(1), 19. https://doi.org/10.14421/jpsi.v10i1.2432

Stoltz, P. G. (2000). Adversity Quotient: Turning Obstacles into Opportunities. The Business Source, 20(7), 402. https://doi.org/10.1016/s0166-4972(00)00010-9

Yanti, A. P., & Syazali, M. (2016). Analisis Proses Berpikir Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika berdasarkan Langkah-Langkah Bransford dan Stein ditinjau dari Adversity Quotient. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 63–74. https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i1.132

Yılmazer, G., & Masal, M. (2014). The Relationship between Secondary School Students’ Arithmetic Performance and their Mathematical Literacy. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 152, 619–623. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.09.253

Zikl, P., Havlíčková, K., Holoubková, N., Hrníčková, K., & Volfová, M. (2015). Mathematical Literacy of Pupils with Mild Intellectual Disabilities. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 174, 2582–2589. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.936

Published
2023-05-09
How to Cite
Muchammad Imron, & Arief Agoestanto. (2023). PENGARUH ADVERSITY QUOTIENT TERHADAP LITERASI MATEMATIS SISWA: TINJAUAN PUSTAKA SISTEMATIS. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 9(1), 40-61. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v9i1.2799
Abstract viewed = 414 times
PDF downloaded = 301 times