PENGARUH ADVERSITY QUOTIENT TERHADAP LITERASI MATEMATIS SISWA: TINJAUAN PUSTAKA SISTEMATIS
Abstract
Banyak faktor yang memengaruhi proses pembelajaran yang harus diperhatikan oleh guru. Salah satu aspek penting dalam kualitas hidup seseorang adalah kemampuan untuk bertahan menghadapi kesulitan yang disebut Adversity Qoutient (AQ). AQ adalah kemampuan seseorang untuk bisa bertahan dalam menghadapi berbagai macam kesulitan hingga menemukan solusi atas kesulitan tersebut, menyelesaikan segalam macam permasalahan, mengurangi hambatan dan rintangan dengan mengubah cara berpikir dan sikap terhadap permasalahan tersebut. Ada banyak penelitian yang membahas tentang pengaruh Adversity Quotient terhadap literasi matematika siswa. Mengumpulkan dan menganalisis hasil-hasil penelitian tersebut perlu dilakukan guna memperoleh gambaran bagaimana pengaruh Adversity Quotient terhadap literasi matematis siswa. Metode Systematic Literature Review (SLR) digunakan untuk mensintesis studi yang relevan dengan tujuan penelitian ini. Dengan menggunakan mesin pencarian Google Schoolar, Libgen, diperoleh artikel sebanyak 16 yang diterbitkan dari tahun 2013 sampai tahun 2022 masuk kriteria yang kemudia dianalisis lebih lanjut. Hasil penelitian menunjukkan hasil bahwa Adversity Quotient (AQ) memiliki pengaruh terhadap literasi matematis siswa. Siswa dengan tipe AQ Climbers memiliki kemampuan literasi matematis yang lebih baik dibandingkan dengan tipe Camper dan Quitter.
Downloads
References
Adam, A. H. E., Dwijayanti, I., & Endahwuri, D. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP Negeri 1 Juwana Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau Dari Adversity Quotient A . Pendahuluan Matematika merupakan salah satu ilmu dasar yang dipelajari pada setiap jenjang pendidikan . Penerapan. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 13(2), 213–225.
Afifah, A. D. (2021). Proses Literasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Program Linear Ditinjau Dari Adversity Quotient (AQ). KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 446–459.
Aliyah, L. H. (2022). Eksperimentasi Model Pembelajaran SQ4R Terhadap Kemampcjan Literasi Matematika Ditinjaij Dari Adversity Quotient (AQ) Siswa Kelas VIII Smp Negeri 1 Ajibarang Tahijn Ajaran 2022/2023. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika …, 1(1), 678–697.
Arslan, C., & Yavuz, G. (2012). A Study on Mathematical Literacy Self-Efficacy Beliefs of Prospective Teachers. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 46, 5622–5625. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.06.484
Ayani, N. P. (2022). Pengaruh Model Focus Explore Reflect Apply (FERA) dengan Pendekatan Science Writing Heuristic (SWH) untuk Meningkatkan Adversity Quotient Peserta Didik dan Literasi Matematis. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 1(1), 489–495.
Budiyanti, A. I. A., Sutrisno, & Prayito, M. (2022). Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas VIII dalam Memecahkan Soal SPLDV Model PISA Ditinjau dari Adversity Quotient Tipe Climbers. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(2), 141–149. journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner
Colwell, J., & Enderson, M. C. (2016). When I hear literacy: Using pre-service teachers’ perceptions of mathematical literacy to inform program changes in teacher education. Teaching and Teacher Education, 53, 63–74. https://doi.org/10.1016/j.tate.2015.11.001
Fadhilatullatullathifi, Z. N., Rahmawati, F., & Chasanah, A. N. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Survey Question Read Reflect Recite Review (SQ4R) Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 4(1), 65–69. http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/15575%0Ahttp://idr.uin-antasari.ac.id/15575/2/AWAL.pdf
Hayati, N. (2022). Pengaruh Model Integrating, Society, Science Enviroment, Technologi And Collaborative Mind Mapping (ISSETCM2) Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Ditinjau Dari Adversity Quotient. AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(1), 45–23.
Ismawati, A., Mulyono, & Hindarto, N. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Problem Based Learning dengan Strategi Scaffolding Ditinjau dari Adversity Quotient. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(1), 48–58.
Juandi, D. (2021). Heterogeneity of problem-based learning outcomes for improving mathematical competence: A systematic literature review. Journal of Physics: Conference Series, 1722(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1722/1/012108
Jürges, H., Schneider, K., Senkbeil, M., & Carstensen, C. H. (2012). Assessment drives learning: The effect of central exit exams on curricular knowledge and mathematical literacy. Economics of Education Review, 31(1), 56–65. https://doi.org/10.1016/j.econedurev.2011.08.007
Machaba, F., & Mwakapenda, W. (2017). Implications of Differences and Similarities of Mathematics and Mathematical Literacy. International Journal of Educational Sciences, 17(1–3), 148–160. https://doi.org/10.1080/09751122.2017.1305746
Maharani. (2022). Literasi Matematis Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Pisa Konten Change and Relationship Ditinjau dari Adversity Quotient. JP3M: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran, 1(1), 837–848.
Maulida, N. S., Lestariningsih, & Dhewy, R. C. (2016). Profil Literasi Kuantitatif Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Tipe PISA Ditinjau Dari Adversity Quotient. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(1), 1–23.
Mena, A. B., Lukito, A., & Siswono, T. Y. E. (2016). Literasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Ditinjau dari Adversity Quotient (AQ). Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(2), 187–198. https://doi.org/10.15294/kreano.v7i2.6756
Muallifah, A. N., & Fahmi, S. (2022). Analisis Kebutuhan Media Math Comic Berbasis Android Untuk. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 3(1), 362–370.
Nilasari, N. T., & Anggreini, D. (2019). Kemampuan Literasi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA Ditinjau dari Adversity Quotient. Jurnal Elemen, 5(2), 206. https://doi.org/10.29408/jel.v5i2.1342
Nugroho, A. M., Wardono, Waluyo, S. B., & Cahyono, A. N. (2019). Kemampuan berpikir kreatif ditinjau dari Adversity Quotient pada pembelajaran TPACK. Prisma, 2(1), 40–45. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/28862
Nurfitriyanti, M., Rosa, N. M., & Nursa’adah, F. P. (2020). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis, Adversity Quotient dan Locus of Control Terhadap Prestasi Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(2), 263. https://doi.org/10.30998/jkpm.v5i2.5929
Pardosi, R. P., Budiarto, M. T., & Rahaju, E. B. (2022). Literasi Matematis Siswa SMP Berdasarkan Adversity Quotient Dalam Memecahkan Masalah SPLDV. Jurnal unitomo, 10(2), 91–108. http://dx.doi.org/10.25139/smj.v10i2.4591
Pillai, S. P. M., Galloway, G., & Adu, E. O. (2017). Comparative Studies of Mathematical Literacy/Education: A Literature Review. International Journal of Educational Sciences, 16(1–3), 67–72. https://doi.org/10.1080/09751122.2017.1311625
Purwosetiyono, F. X. D., Budiyanti, M. R. P., Utami, R. E., & Buchori, A. (2022). Kemampuan Penalaran Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematika Pada Siswa Tipe Adversity Quotient (AQ). Enggang: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 3(1), 125–137.
Putri, A. A. (2018). Deskripsi Kemampuan Literasi Matematis Siswa Smp Negeri 1 Bojong Ditinjau Dari Adversity Quotient. AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(1), 478–527. http://repository.ump.ac.id/id/eprint/10704%0Ahttp://repository.ump.ac.id/10704/1/ANGGREXANI ANANTA PUTRI_COVER.pdf
Rahmawati, L., Juandi, D., & Nurlaelah, E. (2022). Implementasi Stem Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 2002. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5490
Rahmawati, N. D., Mardiyana, & Usodo, B. (2015). Profil Siswa SMP dalam Pemecahan Masalah yang Berkaitan dengan Literasi Matematis Ditinjau dari Adversity Quotient (AQ). Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 3(5), 508–517. http://jurnal.fkip.uns.ac.id
Ramadhani, N. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Smp Ditinjau Dari Adversity Quotient (AQ). JEMS: Jurnal Edukasi Matematika …, 2(1), 225–240.
Ramayanti, R., & Iranda, A. (2022). Adversity Quotient pada Siswa Tunanetra dalam Meningkatkan Literasi. Jurnal Psikologi Integratif, 10(1), 19. https://doi.org/10.14421/jpsi.v10i1.2432
Stoltz, P. G. (2000). Adversity Quotient: Turning Obstacles into Opportunities. The Business Source, 20(7), 402. https://doi.org/10.1016/s0166-4972(00)00010-9
Yanti, A. P., & Syazali, M. (2016). Analisis Proses Berpikir Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika berdasarkan Langkah-Langkah Bransford dan Stein ditinjau dari Adversity Quotient. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 63–74. https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i1.132
Yılmazer, G., & Masal, M. (2014). The Relationship between Secondary School Students’ Arithmetic Performance and their Mathematical Literacy. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 152, 619–623. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.09.253
Zikl, P., Havlíčková, K., Holoubková, N., Hrníčková, K., & Volfová, M. (2015). Mathematical Literacy of Pupils with Mild Intellectual Disabilities. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 174, 2582–2589. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.936
Copyright (c) 2023 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.