ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI

  • Nida Nur'azizzah Universitas Swadaya Gunung Jati
  • Surya Amami Pramuditya Universitas Swadaya Gunung Jati
  • Cita Dwi Rosita Universitas Swadaya Gunung Jati

Abstract

Kondisi pasca pandemi ini membuat siswa mempelajari setiap materi dari gadgetnya. Hal tersebut membuat pola pikir siswa sangat terbatas karena kepraktisan yang didapatkannya. Hanya dengan membuka satu situs internet, semua jawaban tentang materi yang dipelajarinya ada disitu. Hal tersebut membuat kemampuan penalaran matematis siswa tidak cukup berkembang. Oleh karena itu diperlukan adanya upaya dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa yang salah satunya dengan memberikan pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar siswa. Dalam pembelajaran berdiferensiasi itu sendiri terdapat beberapa aspek kebutuhan siswa yang harus dipenuhi, yakni kesiapan, minat dan gaya belajar siswa. Pembelajaran berdiferensiasi mengedepankan konsep bahwa setiap siswa memiliki minat, potensi dan bakat tersendiri. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif-deskriptif dengan tujuan mendeskripsikan kemampuan penalaran siswa dengan menggunakan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi. Hasil dari tes tersebut menunjukan bahwa ketiga orang subjek ini memperoleh nilai yang cukup memuaskan setelah dilakukan pengelompokan berdasarkan gaya belajar. Nilai subjek yang pertama dengan gaya belajar visual meningkat dari 56 menjadi 82 , nilai subjek 2 dengan gaya belajar auditori meningkat dari 68 menjadi 80 dan nilai subjek 3 dengan gaya belajar kinestetik meningkat dari 65 menjadi 75. Dengan begitu kemampuan penalaran matematis siswa berkembang cukup baik dengan dilakukannya pendekatan pembelajaran berdiferensiasi.

Keywords: Penalaran Matematis, Gaya Belajar, Pembelajaran Berdiferensiasi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afgani, Jarnawi. 2011. “Analisis kurikulum matematika.” Jakarta: Universitas Terbuka.

Apriyani, Dwi Dani. 2019. “Pengaruh Kecerdasan Numerik dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika.” Simposium Nasional Ilmiah & Call for Paper Unindra (Simponi) 1(1).

Atiyah, Ummi, Mawardi Mawardi, dan Najib Hasan. 2021. “Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Pembelajaran Online Learning System SD Negeri Kutabumi II.” YASIN 1(2): 146–53.

Chetty, Nithya Dewi Subramaniam dkk. 2019. “Learning Styles and Teaching Styles Determine Students’ Academic Performances.” International Journal of Evaluation and Research in Education 8(4): 610–15.

Faiz, Aiman, Anis Pratama, dan Imas Kurniawaty. 2022. “Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1.” Jurnal Basicedu 6(2): 2846–53.

Febriyanti, Hesti, dan Heni Pujiastuti. 2020. “Analisis Pemecahan Masalah Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar.” JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan 6(1): 50–65.

Fitra, Devi Kurnia. 2022. “Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Perspektif Progresivisme pada Mata Pelajaran Ipa.” Jurnal Filsafat Indonesia 5(3): 250–58.

Herwina, W. 2021. “Optimalisasi kebutuhan murid dan hasil belajar dengan pembelajaran berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35 (2), 175–182.”

Irawati, Ilfa, Mohammad Liwa Ilhamdi, dan Nasruddin Nasruddin. 2021. “Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA.” Jurnal Pijar Mipa 16(1): 44–48.

Joyner, Jeane, dan Barbara Reys. 2000. “Principles and Standards for School Mathematics: What’s in It for You?” Teaching children mathematics 7(1): 26–29.

Konita, Mita, Mohammad Asikin, dan Tri Sri Noor Asih. 2019. “Kemampuan Penalaran Matematis dalam Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE).” In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, , 611–15.

Lena, Ina Magda, Indah Ayu Anggraini, Wahyuni Desti Utami, dan Salsa Bila Rahma. 2020. “Analisis minat dan bakat peserta didik terhadap pembelajaran.” Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar 7(1): 23–28.

Marfu’ah, Solikhatun, Zaenuri Zaenuri, Masrukan Masrukan, dan Walid Walid. 2022. “Model Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa.” In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, , 50–54.

Marlina, Marlina. 2020. “Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif.”

Maryam, Atik Siti. 2021. “Stategi Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi.” Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi.

Nababan, Siti Aminah. 2020. “Analisis kemampuan penalaran matematis siswa melalui model problem based learning.” Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan 11(1).

Nining, Nining. 2019. “Penerapan Model Creative Problem Solving Untuk Meningkatkan Penalaran Matematis Siswa Sekolah Dasar.” Pedagogik: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 7(1): 32–41.

Putri, Dinda Kurnia, Joko Sulianto, dan Mira Azizah. 2019. “Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah.” International Journal of Elementary Education 3(3): 351–57.

Rijal, Syamsu, dan Suhaedir Bachtiar. 2015. “Hubungan antara sikap, kemandirian belajar, dan gaya belajar dengan hasil belajar kognitif siswa.” Jurnal Bioedukatika 3(2): 15–20.

Roesdiana, Lessa, dan Nita Hidayati. 2020. “Pembelajaran dengan Model Eliciting Activities (Meas) untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran.” JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan 6(2): 166–75.

Rosita, Cita Dwi. 2015. “Efektivitas model pembelajaran grup investigasi terhadap kemampuan penalaran matematis mahasiswa pada materi ruang vektor.” AlphaMath: Journal of Mathematics Education 1(1).

Smale-Jacobse, Annemieke E, Anna Meijer, Michelle Helms-Lorenz, dan Ridwan Maulana. 2019. “Differentiated instruction in secondary education: A systematic review of research evidence.” Frontiers in psychology 10: 2366.

Suwartiningsih, Suwartiningsih. 2021. “Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan di Kelas IXb Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) 1(2): 80–94.

Tuhulaula, Vieri Sahizinda, Ahmad Sofyan, dan Dina Rahma Fadlilah. 2022. “Pengaruh Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Daring Biologi di SMAN 3 Kota Tangerang Selatan.” In Prosiding Seminar Nasional Biologi, , 262–72.

Walkington, Candace dkk. 2019. “Does restricting hand gestures impair mathematical reasoning?” Learning and Instruction 64: 101225.

Published
2023-05-03
How to Cite
Nida Nur’azizzah, Surya Amami Pramuditya, & Cita Dwi Rosita. (2023). ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 9(1), 13-20. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v9i1.2744
Abstract viewed = 606 times
pdf downloaded = 462 times