ANALISIS PERSEPSI SISWA TERHADAP PENGGUNAAN APLIKASI QUIZIZZ PADA MATERI BILANGAN BULAT
Abstract
Platform online Quizizz merupakan aplikasi evaluasi pembelajaran yang digunakan untuk mendukung pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran secara online. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi siswa terhadap penggunaan Quizizz pada mata pelajaran Matematika dengan Materi Operasi Bilangan Bulat di SMP Al-Qalam Jakarta Timur. Responden penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Al-Qalam Jakarta Timur. Teknik pengambilan sampel penelitian ini adalah secara purposive sampling, sedangkan pengumpulan data menggunakan teknik angket atau kuisioner. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Siswa dipilih secara purposive sampling. Data dikumpulkan dengan teknik kuisioner, adapun analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Siswa memiliki persepsi sangat baik atau positif terhadap penggunaan Quizizz pada mata pelajaran matematika dengan materi operasi bilangan bulat yaitu hal ini ditunjukan dengan persentase angket siswa sebesar 86,6% serta hasil wawancara dengan siswa dan pendidik yang menghasilkan jawaban yang positif persepsinya terhadap aplikasi Quizizz artinya aplikasi Quizizz sangat baik digunakan oleh siswa dan pendidik untuk evaluasi pembelajaran, dan aplikasi ini bisa diterapkan pada materi lainnya dalam mata pelajaran matematika.
Downloads
References
Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. In A. Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (p. 109). Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Asyar, B. (2014). Aplikasi Turunan (derivatif) dalam Permasalahan Analisis Keuntungan Maksimal. al-Khwarizmi, Volume II, Edisi I, 1 - 14. doi:https://doi.org/10.24256/jpmipa.v2i1.98
Chiang, A. C. (2005). Dasar-dasar Matematika Ekonomi (Vol. 4). Jakarta: Penerbit Erlangga.
Dumairy. (1999). Matematika Terapan untuk Bisnis dan Ekonomi. In Matematika Terapan untuk Bisnis dan Ekonomi. (p. 197). yogyakarta, yogyakarta, indonesia: BPFE-Yogyakarta.
Hignasari, L. V. (2018). Analisis Keuntungan Maksimum Dengan Konsep Turunan Pada Industri Percetakan. VASTUWIDYAVol. 1, No.2, 1 - 6. doi:https://doi.org/10.47532/jiv.v1i2.20
Legowo. (1984). Dasar-dasar Kalkulus dan Penerapannya dalam Ekonomi. In Dasar-dasar Kalkulus dan Penerapannya dalam Ekonomi. (p. 3). Jakarta: Lembaga Penerbitan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Supatimah, S. S. (2019). Optimasi keuntungan dengan metode Branch and Bound. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol.10, No.1, 13 -23. doi:https://doi.org/10.26877/aks.v10i1.3145
Susantun, I. (2000). Fungsi keuntungan Cobb-Douglas dalam pendugaan efisiensi ekonomi relative. Economic Journal of Emerging Markets 5.2:, 149-160. doi:https://doi.org/10.20885/ejem.v5i2.6935
Copyright (c) 2022 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.