ANALISIS BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan berpikir kritis siswa dalam pemecahan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan fenomenologi. Teknik pengambilan subjek menggunakan purposive, peneliti memilih subjek sebanyak 8 siswa yang terdiri dari 4 siswa dengan gaya kognitif field independent dan 4 siswa dengan gaya kognitif field dependent. Pemilihan subjek menggunakan instrument Group Embedded Figure Test (GEFT). Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah siswa dengan gaya kognitif field independent dan field dependent mampu memenuhi semua indikator berpikir kritis. Kedua gaya kognitif tersebut mempunyai perbedaan yaitu pada interpretation siswa dengan gaya kognitif field dependent menuliskan kembali dari soalnya sedangkan field independent menotasikan dengan simbol. Pada analysis siswa dengan gaya kognitif field dependent berpikir lama sedangkan field independent siswa menggambarkan sebuah segiempat, kemudian mencari luas persegi untuk mendapatkan sisi persegi. Pada evaluation siswa dengan gaya kognitif field dependent pada jawaban yang digambarkan tidak sesuai dengan hasilnya sedangkan field independent dengan menggambarkan masing-masing sisi segiempat kecil. Pada self-regulation siswa dengan gaya kognitif field dependent menyebutkan 1 cara sedangkan field independent menggunakan banyak cara. Pada inference siswa dengan gaya kognitif field dependent masih salah sedangkan field independent sudah benar. Pada explanation siswa dengan gaya kognitif field dependent masih salah sedangkan field independent sudah benar.
Downloads
References
Abdullah. 2013. Berpikir Kritis Matematis. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. Vol. 2, No. 1. 66-67.
Almanshur & Ghony. 2016. Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Ariawan, R., & Nufus, H. 2017. Profil Kemampuan Koneksi Matematis Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah pada Mata Kuliah Kalkulus 1 Ditinjau Berdasarkan Gaya Kognitif. Journal of Mathematics Education. Vol. 3, No. 2. 102-110.
Arifin & Bambang Syamsul. 2015. Psikologi Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.
Azizah, M., Sulianto, J., & Cintang, N. 2018. Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol. 35, No. 1. 61-70.
Danaryanti, A., & Lestari, A. T. 2018. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dalam Matematika Mengacu pada Watson-Glaser Critical Thinking Appraisal pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Banjarmasin Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 5, No. 2. 14.
Darminto, B. P. 2008. Studi Perbandingan Model-Model Pembelajaran Berbasis Komputer dalam Peningkatan Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Calon Guru di Perguruan Tinggi Muhammadiyah. Disertai Doktor pada SPS-UPI Bandung: Tidak dipublikasikan.
Desmita. 2012. Psikologi Perkembangan Peserta Didik: Panduan bagi Orang Tua dan Guru dalam Memahami Psikologi Anak Usia SD, SMP, dan SMA. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Facione, P. A. 2013. Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 9, No. 1. 9.
Fitriyah, N. 2019. Penalaran Mahasiswa dalam Menyelesaikan Relasi Rekursif Ditinjau dari Gaya Kognitif. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 4, No. 2. 38.
Hartono, Y. 2014. Matematika Strategi Pemecahan Masalah. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Hayudiyani. 2017. Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X TKJ Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa di SMKN 1 Kamal. Jurnal Ilmiah Edutic. Vol. 4, No. 1. 25.
Hidayati. 2017. Melatih Keterampilan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar. Vol. 4, No. 20. 143–156.
Husna, F. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP Negeri 7 Tanjungbalai. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. Vol. 4, No. 3. 39.
Imam & Muhtadi. 2019. Profil Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif. Jurnal Review Pembelajaran Matematika. Vol. 5, No. 1. 24.
Istiqomah, N. & E.B. Rahaju. 2014. Proses Berpikir Kritis Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol. 3, No. 2. 145.
Jubirman, Karsadi, & Yasin, M. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw dan Pembelajaran Langsung, Serta Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Muatan IPA. Jurnal Wahana Kajian Pendidikan IPS. Vol. 1, No. 1. 26.
Kelana. 2014. Proses Berpikir Kritis Siswa Kelas V SDN Siderejo Lor 03 Salatiga dalam Pemecahan Masalah Matematika pada Materi Pecahan. Jurnal Inovasi Matematika. Vol. 3, No. 2. 23.
Kowiyah. 2016. Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar. Vol. 1, No. 2. 141.
Kurniahtunnisa. 2016. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Journal of Mathematics Education. Vol. 5, No. 3. 310-318.
Liu, Y., & Ginther, D. 1999. Cognitive Style and Distance Education. Journal of Distance Learning Administration. Vol. 2, No. 3. 1.
Marwan & Ikhsan. 2016. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMK Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Didaktik Matematika. Vol. 3, No. 2. 9-18.
Moleong, L. J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Murtafiah. 2017. Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Sulawesi Barat. Jurnal Pendidikan MIPA. Vol. 7, No. 1. 48-52.
Normaya. 2015. Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Jucama di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 3, No. 1. 95.
Prastowo. 2012. Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan dan Penelitian. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Pratiwi, I. 2019. Program Pisa Mathematics Framework. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol. 4, No. 1. 52-53.
Rahardjo, M. 2012. Triangulasi dalam Penelitian Kualitatif. Jakarta: Salemba Empat.
Rasiman & Asmarani. 2016. Analisis Kesulitan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol. 1, No. 2. 195-201.
Ratnaningtyas & Yessy. 2016. Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol. 5, No. 1. 87.
Rifqiyana. 2015. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Pembelajaran Model 4K Materi Geomeri Kelas VIII Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol. 13, No. 2. 27.
Robert. 2013. Studi Kasus Desain dan Metode. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Rusdiana, E. & Sucipto. 2018. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Melalui Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Group Investigation. Jurnal Ilmiah Soulmath. Vol. 6, No. 1. 27.
Sanang, Y., & Loekmono, L. 2012. Hubungan Gaya Kognitif, Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Belajar Fisika Siswa IPA SMA Kristen Barana Rantepao Toraja. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika. Vol. 28, No. 2. 115.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.
Sunaryo. 2014. Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematika Siswa SMA di Kota Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan dan Keguruan. Vol. 2, No. 1. 41-51.
Sundayana. 2016. Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suryadi. 2017. Analisis Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII Berdasarkan Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent pada Materi SPLDV. Jurnal Pembelajaran Matematika. Vol. 4, No. 4. 21.
Suryanti, N. 2014. Pengaruh Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Keuangan Menengah 1. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Humanika JINAH. Vol. 4, No. 1. 1393-1406.
Vendiagrys, L. & Junaedi, I. 2015. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Soal Setipe TIMSS Berdasarkan Gaya Kognitif Siswa pada Pembelajaran Model Problem Based Learning. Journal Of Mathematics Education Research. Vol. 3, No. 1. 25.
Wahyudi & Anugraheni, I. 2017. Strategi Pemecahan Masalah Matematika. Salatiga: Satya Wacana University.
Widiantari, Ni Kt. Maha Putri, Suarjana, I Md., & Kusmariyatni, Nym. 2016. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII Ditinjau dari Gaya Kognitif. e-Journal Pendidikan Matematika Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Matematika. Vol. 4, No. 1. 52-64.
Widyantoko. 2014. Suatu Alternatif Pengajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Guru dan Siswa Sekolah Menengah Pertama. Bandung: Sukabeni Prees.
Wiranata, S. P. 2018. Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dalam Memecahkan Masalah Ditijau dari Gaya Kognitif. Jakarta: CV Pustaka Setia.
Wulandari. 2017. Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Pendekatan Open-Ended pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV MIN Miruk Taman Aceh Besar. Aceh: Universitas Negeri Ar-Raniry Darussalam-Banda Aceh.
Copyright (c) 2023 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.