PENGARUH MINAT BELAJAR DAN DISPOSISI MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA

  • Syifa Afidah Nurul Arifin Universitas Indraprasta PGRI
  • Sumaryoto Universitas Indraprasta PGRI
  • Mamik Suendarti Universitas Indraprasta PGRI

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif metode survei yang bertujuan menguji pengaruh minat belajar dan disposisi matematis secara bersama-sama terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika serta menguji pengaruh minat belajar dan disposisi matematis secara parsial terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika. Penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling dengan hasil sampel sebanyak 84 siswa dari populasi sebanyak 534 siswa. Populasi ini diperoleh dari siswa kelas VII MTs Negeri di Kabupaten Kuningan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah kuesioner dan tes. Pada penelitian ini terdiri dari tiga variabel yaitu minat belajar, disposisi matematis, dan kemampuan pemahaman konsep matematika. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan SPSS diperoleh nilai kontribusi ganda sebesar 0,684. Artinya, kontribusi X1 dan X2 secara bersama-sama mempengaruhi Y sebesar 68,4%. Sedangkan sisanya yaitu 31,6% Y dipengaruhi oleh faktor lain selain X1 dan X2. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) terdapat pengaruh yang signifikan minat belajar dan disposisi matematis secara bersama-sama terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika; 2) terdapat pengaruh yang signifikan minat belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika; 3) terdapat pengaruh yang signifikan disposisi matematis terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika.

Keywords: Minat Belajar, Disposisi Matematis, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anigbo, L. C., & Idigo, E. (2015). Factors Affecting Students’ Interest In Mathematics In Secondary Schools In Enugu State. Journal of Science and Computer Education (JOSCED), 3(3), 17–26.
Febriyani, A., & Hakim, A. R. (2022). Peran Disposisi Matematis terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. 2, 87–100.
Indriyani, M., Izzati, N., & Muchyidin, A. (2021). Peningkatan Kemampuan Disposisi Matematika Melalui Pembelajaran STAD. Jurnal Susunan Artikel Pendidikan, 8(3), 87–94. http://journal.lppmunindra.ac.id/
Lestari, S., Rukmigarsari, E., & Walida, S. El. (2021). Pengaruh Disposisi Matematis Dan Self Concept Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Pada Materi Aritmatika Sosial. Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran, 16(19), 28–35.
Nasier, G. A. (2020). URGENSI MINAT MENGHAFAL AL-QUR’AN DAN KEMAMPUAN BERBAHASA ARAB BAGI PENINGKATAN PRESTASI TAHFIZH AL-QUR’AN. Statement, 10(1), 79–106.
Nurrahmawati, A., Pramitasari, R., Arazila, N., Sumantari, A. M., & Gittary, G. F. P. (2021). Menjadi Guru Profesional dan Inovatif dalam Menghadapi Pandemi (S. W. Priwantoro, F. Setyawan, U. Khasanah, & D. Astuti (ed.)). UAD Press.
Nursyam, A. (2020). Deskripsi Disposisi Matematis Mahasiswa Ditinjau dari Perbedaan Gender. AN-NISA: Jurnal Studi Gender dan Anak, 12(2), 679–688. https://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/annisa/article/view/666
Pradipta, D. A. (2018). Pengaruh Minat Belajar dan Komunikasi Matematis Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. EKUIVALEN - Pendidikan Matematika, 31(1), 66–71. http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/4356
Sari, J., & Sutirna, S. (2021). Analisis disposisi matematis siswa kelas VIII SMP negeri 3 karawang barat. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 266–272. https://www.ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/624
Suendarti, M., & Liberna, H. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Perbandingan Trigonometri Pada Siswa SMA. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan …, 5(2), 326–339. http://jurnal.ugj.ac.id/index.php/JNPM/article/view/4917
Wakhudin, Romadlon, F., Siregar, J., Firmansyah, Sani, R. A., & Pangarso, A. (2020). COVID-19 Dalam Ragam Tinjauan Perspektif (D. H. Santoso & A. Santosa (ed.)). MBridge Press.
Yoriza, H. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama ditinjau dari Kemampuan Awal. UIN Sultan Syarif Kasim Riau.
Yunia, N., & Zanthy, L. S. (2020). Kesalahan Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Aritmatika. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(1), 105–116. http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v5i1.3206
Published
2022-12-27
How to Cite
Nurul Arifin, S. A., Sumaryoto, & Mamik Suendarti. (2022). PENGARUH MINAT BELAJAR DAN DISPOSISI MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 8(2), 66-79. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v8i2.2408
Abstract viewed = 237 times
pdf downloaded = 237 times