PENGARUH MINAT BELAJAR DAN DISPOSISI MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif metode survei yang bertujuan menguji pengaruh minat belajar dan disposisi matematis secara bersama-sama terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika serta menguji pengaruh minat belajar dan disposisi matematis secara parsial terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika. Penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling dengan hasil sampel sebanyak 84 siswa dari populasi sebanyak 534 siswa. Populasi ini diperoleh dari siswa kelas VII MTs Negeri di Kabupaten Kuningan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah kuesioner dan tes. Pada penelitian ini terdiri dari tiga variabel yaitu minat belajar, disposisi matematis, dan kemampuan pemahaman konsep matematika. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan SPSS diperoleh nilai kontribusi ganda sebesar 0,684. Artinya, kontribusi X1 dan X2 secara bersama-sama mempengaruhi Y sebesar 68,4%. Sedangkan sisanya yaitu 31,6% Y dipengaruhi oleh faktor lain selain X1 dan X2. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) terdapat pengaruh yang signifikan minat belajar dan disposisi matematis secara bersama-sama terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika; 2) terdapat pengaruh yang signifikan minat belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika; 3) terdapat pengaruh yang signifikan disposisi matematis terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika.
Downloads
References
Febriyani, A., & Hakim, A. R. (2022). Peran Disposisi Matematis terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. 2, 87–100.
Indriyani, M., Izzati, N., & Muchyidin, A. (2021). Peningkatan Kemampuan Disposisi Matematika Melalui Pembelajaran STAD. Jurnal Susunan Artikel Pendidikan, 8(3), 87–94. http://journal.lppmunindra.ac.id/
Lestari, S., Rukmigarsari, E., & Walida, S. El. (2021). Pengaruh Disposisi Matematis Dan Self Concept Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Pada Materi Aritmatika Sosial. Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran, 16(19), 28–35.
Nasier, G. A. (2020). URGENSI MINAT MENGHAFAL AL-QUR’AN DAN KEMAMPUAN BERBAHASA ARAB BAGI PENINGKATAN PRESTASI TAHFIZH AL-QUR’AN. Statement, 10(1), 79–106.
Nurrahmawati, A., Pramitasari, R., Arazila, N., Sumantari, A. M., & Gittary, G. F. P. (2021). Menjadi Guru Profesional dan Inovatif dalam Menghadapi Pandemi (S. W. Priwantoro, F. Setyawan, U. Khasanah, & D. Astuti (ed.)). UAD Press.
Nursyam, A. (2020). Deskripsi Disposisi Matematis Mahasiswa Ditinjau dari Perbedaan Gender. AN-NISA: Jurnal Studi Gender dan Anak, 12(2), 679–688. https://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/annisa/article/view/666
Pradipta, D. A. (2018). Pengaruh Minat Belajar dan Komunikasi Matematis Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. EKUIVALEN - Pendidikan Matematika, 31(1), 66–71. http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/4356
Sari, J., & Sutirna, S. (2021). Analisis disposisi matematis siswa kelas VIII SMP negeri 3 karawang barat. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 266–272. https://www.ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/624
Suendarti, M., & Liberna, H. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Perbandingan Trigonometri Pada Siswa SMA. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan …, 5(2), 326–339. http://jurnal.ugj.ac.id/index.php/JNPM/article/view/4917
Wakhudin, Romadlon, F., Siregar, J., Firmansyah, Sani, R. A., & Pangarso, A. (2020). COVID-19 Dalam Ragam Tinjauan Perspektif (D. H. Santoso & A. Santosa (ed.)). MBridge Press.
Yoriza, H. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama ditinjau dari Kemampuan Awal. UIN Sultan Syarif Kasim Riau.
Yunia, N., & Zanthy, L. S. (2020). Kesalahan Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Aritmatika. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(1), 105–116. http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v5i1.3206
Copyright (c) 2022 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.