PENGARUH MOTIVASI DAN DISIPLIN GURU TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

  • Deisye Supit Universitas Klabat
  • Meily Ivane Esther Neman Universitas Klabat
  • Theodorus Pangalila Universitas Manado

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang tujuannya menguji pengaruh motivasi dan disiplin guru terhadap Hasil belajar matematika siswa. Sebanyak 60 siswa mengisi kuesioner dan data untuk survei ini dikumpulkan dengan menggunakan metode sampling disederhanakan. Hasil akhir riset apa pengaruh motivasi guru yang tinggi terhadap penyajian belajar, dan pengaruh disiplin belajar yang tinggi terhadap keberhasilan belajar, sehingga tingkat keberhasilan belajar matematika juga tinggi. Hasil akhir riset juga menyatakan bahwa tidak ada pengaruh nyata motivasi belajar siswa di kelas terhadap hasil belajar matematika siswa, sama halnya dengan disiplin belajar siswa di kelas. Sehubungan dengan hasil riset, saran diberikan sebagai berikut: Guru mampu mempertahankan dan meningkatkan metode pembelajarannya pada tingkat yang cukup baik. Karena pemberian motivasi dan kedisiplinan di dalam kelas berdampak signifikan terhadap kinerja siswa, maka guru berkewajiban memberikan motivasi dan kedisiplinan dalam belajar serta memperbaiki metode pengajaran agar siswa mamiliki hasil belajar matematika baik.

Keywords: Motivasi, Disiplin, Matematika, Hasil Belajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alya, Qonita. (2011). Kamus besar bahasa Indonesia. Jakarta: Bulan bintang

Arikutno, Surhasimi. (1999). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Dimyati dan Mudjiono. (2002). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik. (2001). Pendekatan baru strategi belajar mengajar berdasarkan CBSA. Bandung, Indonesia: Sinar Baru Algensindo.

Hamalik. (2002). Perencanaan pembelajaran berdasarkan pendekatan sistem. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hamalik. (2010). Proses belajar mengajar. Jakarta: PT Bumi AKsara.

Haryanto. (2010) pengertian prestasi belajar. http://belajarpsikologi.com/pengertianprestasi-belajar/. Diakses tanggal 30 Oktober 2015.

Lase. (2003). Motivasi berprestasi, kecerdasan emosional, percaya diri dan kinerja. Jakarta: program pascasarjana Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan Univrsitas Kristen Indonesia.

Linda dan Eye. R (1995). Mengajarkan nilai-nilai kepada anak. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Mulkhan A.M. (2002). Sekolah kepribadian. Yogyakarta: kreasi Wawancaraa.

Rochman H.C dan Gunawan H. (2022). Pengembangan kompetensi kepribadian guru menjadi guru yang dicintai dan diteladani oleh siswa. Bandung: Nuansa Cendekia.

Segala S. (2010). Konsep dan makna pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sadirman. (2002). Belajar dan factor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Published
2022-12-13
How to Cite
Supit, D., Meily Ivane Esther Neman, & Theodorus Pangalila. (2022). PENGARUH MOTIVASI DAN DISIPLIN GURU TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 8(2), 1-14. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v8i2.2403
Abstract viewed = 135 times
pdf downloaded = 85 times