PENGARUH MOTIVASI DAN DISIPLIN GURU TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang tujuannya menguji pengaruh motivasi dan disiplin guru terhadap Hasil belajar matematika siswa. Sebanyak 60 siswa mengisi kuesioner dan data untuk survei ini dikumpulkan dengan menggunakan metode sampling disederhanakan. Hasil akhir riset apa pengaruh motivasi guru yang tinggi terhadap penyajian belajar, dan pengaruh disiplin belajar yang tinggi terhadap keberhasilan belajar, sehingga tingkat keberhasilan belajar matematika juga tinggi. Hasil akhir riset juga menyatakan bahwa tidak ada pengaruh nyata motivasi belajar siswa di kelas terhadap hasil belajar matematika siswa, sama halnya dengan disiplin belajar siswa di kelas. Sehubungan dengan hasil riset, saran diberikan sebagai berikut: Guru mampu mempertahankan dan meningkatkan metode pembelajarannya pada tingkat yang cukup baik. Karena pemberian motivasi dan kedisiplinan di dalam kelas berdampak signifikan terhadap kinerja siswa, maka guru berkewajiban memberikan motivasi dan kedisiplinan dalam belajar serta memperbaiki metode pengajaran agar siswa mamiliki hasil belajar matematika baik.
Downloads
References
Alya, Qonita. (2011). Kamus besar bahasa Indonesia. Jakarta: Bulan bintang
Arikutno, Surhasimi. (1999). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Dimyati dan Mudjiono. (2002). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik. (2001). Pendekatan baru strategi belajar mengajar berdasarkan CBSA. Bandung, Indonesia: Sinar Baru Algensindo.
Hamalik. (2002). Perencanaan pembelajaran berdasarkan pendekatan sistem. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hamalik. (2010). Proses belajar mengajar. Jakarta: PT Bumi AKsara.
Haryanto. (2010) pengertian prestasi belajar. http://belajarpsikologi.com/pengertianprestasi-belajar/. Diakses tanggal 30 Oktober 2015.
Lase. (2003). Motivasi berprestasi, kecerdasan emosional, percaya diri dan kinerja. Jakarta: program pascasarjana Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan Univrsitas Kristen Indonesia.
Linda dan Eye. R (1995). Mengajarkan nilai-nilai kepada anak. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Mulkhan A.M. (2002). Sekolah kepribadian. Yogyakarta: kreasi Wawancaraa.
Rochman H.C dan Gunawan H. (2022). Pengembangan kompetensi kepribadian guru menjadi guru yang dicintai dan diteladani oleh siswa. Bandung: Nuansa Cendekia.
Segala S. (2010). Konsep dan makna pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sadirman. (2002). Belajar dan factor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Copyright (c) 2022 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.