MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DENGAN PERAPAN STRATEGI LEARNING WITH QUIS TEAM
Abstract
Penelitian ini berjudul “Meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan penerapan strategi learning with quiz team”. Kemampuan komunikasi matematis siswa merupakan salah satu dari keampuan siswa yang harus dikembangkan dan sesudah proses pembelajaran. Hal ini karena melalui kemempuan komunikasi matematis siswa dapat mengorganisasikan berpikir matematis siswa secara lisan maupun tulisan. Salah satu untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan penerapan strategi learning with quiz team. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan penerapan strategi learning with quiz team lebih baik dari siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan sifat penelitian kuantitatif dan kualitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 3 Purwadadi dan sampel dari penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas VII F dan VII C. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan tes kemampuan komunikasi matematis siswa terhadap pembelajaran yang menggunakan strategi learning with quiz team. Berdasarkan analisis data hasil penelitian menggunakan SPSS V.23 for windows, bahwa 1) Proses pembelajaran strategi learning quiz team dapat terlaksana dengan sangat baik. 2) Terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematis tertulis siswa setelah diterapkan strategi learrning with quiz team. 3) Terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematis lisan siswa setelah diterapkan strategi learrning with quiz team. 4) Kemampuan komunikasi matematis tertulis siswa yang pembelajarannya menggunakan strategi learning with quiz team lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis tertulis siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional.5) Kemampuan komunikasi matematis tertulis siswa yang pembelajarannya menggunakan strategi learning with quiz team lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis lisan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional.
Downloads
References
Arikunto, s. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. In A. Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (p. 109). Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Asyar, B. (2014). Aplikasi Turunan (derivatif) dalam Permasalahan Analisis Keuntungan Maksimal. Al-Khwarizmi, Volume II, Edisi I, 1 - 14. doi:https://doi.org/10.24256/jpmipa.v2i1.98
Chiang, A. C. (2005). Dasar-dasar Matematika Ekonomi (Vol. 4). Jakarta: Penerbit Erlangga.
Dumairy. (1999). Matematika Terapan untuk Bisnis dan Ekonomi. In Matematika Terapan untuk Bisnis dan Ekonomi. (p. 197). yogyakarta, yogyakarta, indonesia: BPFE-Yogyakarta.
Hignasari, L. V. (2018). Analisis Keuntungan Maksimum Dengan Konsep Turunan Pada Industri Percetakan. VASTUWIDYAVol. 1, No.2, 1 - 6. doi:https://doi.org/10.47532/jiv.v1i2.20
Legowo. (1984). Dasar-dasar Kalkulus dan Penerapannya dalam Ekonomi. In Dasar-dasar Kalkulus dan Penerapannya dalam Ekonomi. (p. 3). Jakarta: Lembaga Penerbitan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Supatimah, S. S. (2019). Optimasi keuntungan dengan metode Branch and Bound. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol.10, No.1, 13 -23. doi:https://doi.org/10.26877/aks.v10i1.3145
Susantun, I. (2000). Fungsi keuntungan Cobb-Douglas dalam pendugaan efisiensi ekonomi relative. Economic Indrayany, E. S., Andriani, D. G., &
Tyas, R. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Firing Line Terhadap Komunikasi Matematika Pada Pokok Bahasan Kubus Dan Balok Kelas VIII A SMP PGRI 1 Panggul Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 4(1), 51–56.
Junaidi, Taufiq. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Active Learning Team Quiz Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis siswa SMP, Jurnal Sosial Humaniora Sigli (JSH).
Mardiyanto, Sigit Dkk. (2014). Pengaruh Model Active Learning Dengan Strategi Team Quiz Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Standar Kompetensi Melakukan Pekerjaan Mekanik Dasar Di SMK Negeri 5 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. ISSN: 2252– 5149. Vol.3/No.1/2014.
Muhammadi Dan Taufik, Taufina. (2011). Mozaik Pembelajaran Inovatif. Padang: Sukabina Press.
Ngalimun, Dkk. (2016). Strategi Dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Sutardi. (2013). Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Pembelajaran Quiz Team “Think Fast Do Best” pada Materi Reaksi Oksidasi Reduksi di Kelas X MAN Model Singkawang. Kaunia Journal of Emerging Markets. Vol.9, no.2, 5.2:, 149-160. doi:https://doi.org/10.20885/ejem.v5i2.6935
Copyright (c) 2022 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.