Nilai Belajar Matematika Siswa dan Pola Asuh Orang Tua

  • Deisye Supit Universitas Klabat

Abstract

Tujuan riset ini merupakan buat mengenali ikatan antara dengan nilai belajar Matematika siswa dengan pola asuh orang tua. Riset mengadaptasi kuesioner dari Puspicahyani( 2006) serta didistribusikan kepada 60 siswa kelas V SD Advent Unklab Airmadidi buat mengenali ikatan pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar Matematika. Riset ini merupakan penelititian kuantitatif yang bertabiat deskriptif serta korelatif, digunakan buat menanggapi rumusan permasalahan. Hasil riset ini mengindikasikan kalau pola asuh orang tua yang dilihat dari 3 model pola asuh ialah otoriter, demokratis serta permisif, yang dominan merupakan pola asuh demokratis dengan nilai Meter= 3.82. Perihal ini berarti orang tua siswa kelas V SD Advent Unklab Airmadidi lebih dominan dalam mempraktikkan pola asuh demokratis. Berikutnya buat tingkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika nilai Meter= 83.4, yang maksudnya kalau siswa mempunyai hasil yang baik pada mata pelajaran Matematika. Cuma saja riset ini meyakinkan tidak ada ikatan yang signifikan antara pola asuh orang tua dengan Nilai belajar Matematika siswa.

 

Kata Kunci: Nilai belajar matematika, Orang tua

Keywords: Nilai Matematika, Pola Asuh Orang Tua

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA
Astuti, C. (2017). Analisis korelasi untuk mengetahui keeratan hubungan antara Keaktifan Mahasiswa. Journal of Information Computer Technology Education, 1. https://www.researchgate.net/publication/321386969.
Besse, P. (2015). Pengaruh pola asuh orang tua, gaya belajar dan prestasi matematika Siswa MTsN. Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 3, 6-7. http://journal.uin- alauddin.ac.id/index.php/Mapan/article/view/2727.
Desi, K.S,. Sri, S., & Anni, S. (2018). Pola asuh orang tua pada anak yang berperilaku agresif. Jurnal Ilmiah Potensia. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia/article/view/2702
Elyawati, R. & Meiyunitariningsih T,. (2018). Peran orang tua terhadap prenstasi anak Abdikarya, 1. https://www.google.com/search?safe=strict&client=firefox-b- d&q=penelitian+dari+eliyawati+dan+meiyuntariningsih+2018&spell=1&sa= X&ve d=2ahUKEwjX_4LqvJvwAhWM63MBHbSsDRUQBSgAegQIARAw&biw=1203 &bih=648
Fathi. (2011). Mendidik anak sejak dari janin . Jakarta : Coasis
Fitasari, D.P., Wayan, S., & Agustika, S.N.G. (2019). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa dengan efikasi diri intervening Internasional journal of Elementary Education, 3, 411
Hasmiah. M., & Sri, S. (2013). Faktor faktor yang mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa jurusan pendidikan matematika. Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 1, 152. http://journal.uin alauddin.ac.id/index.php/Mapan/article/view/1136
Komari, P. N. (2015). Pengaruh tingkat pendidikan, perhatian orangtua, dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa. Jurnal Pujangga, 1. http://journal.unas.ac.id/pujangga/article/view/320
Margunayasa, G., & Nyoman, K. (2020). Hubungan antara pola asuh orang tua dan konsep diri dengan kompetensi pengetahuan matematika siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4, 24. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/view/24273
Ngalim, P. (2010). Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran. Jakarta : Rineka
Nasution, S. (1999). Sosiologi Pendidikan . Jakarta : Bumi Aksara
Priyono, M. (2016). Metode penelitian kuantitatif file:///C:/Users/user/AppData/Local/Temp/METPENKUANTITATIFFULL.pdf
Sari, N.D., Sinaga, S.L., & Evi, L. (2016). Komunikasi bimbingan orang tua pada anak dalam upaya meningkatkan prestasi belajar matematika. Professional FIS UNIVED, 58. https://core.ac.uk
Sinta, M. (2013). Metode penelitian kualitatif.Retrieved fromhttp://repository.upi.edu/1605/6/S_ADP_0705056_Chapter3.pdf
Slamato.L.E. (2003). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta : Rineka cipta.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian kuantitatif kualitatif dan kombinasi (Mixed Methods). Retrieved from file:///C:/Users/user/AppData/Local/Temp/196-1-577-2-10- 20171106.pdf
Suhendri, H. (2011). Pengaruh kecerdasan matematis-logis dan kemandirian belajar. Jurnal formatif, 1, 29-39.https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/61
Syafi, A., Tri, M & Kholidatur, R. (2018). Studi tentang prestasi belajar siswa dalam berbagai aspek dan faktor yang mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan,2, 116. http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik/article/view/114
Turibius, R. (2018). Pola asuh yang efektif untuk mendidik anak di era digital. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. http://ejournal.stkipsantupaulus.ac.id/index.php/jpkm/article/view/216/147
Ursula, R.A., Heru, S,. & Ema, M. (2008). Hubugan pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar siswa. https://jurnal.ugm.ac.id/jik/article/view/10299/7782, 128.
Wibowo, A. (2012). Pendidikan karakter usia dini . Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Winkel, W. (1996). Psikologi pengajaran. Jakarta: Grasindo.
Wiyani, A., Novan. (2014). Mengelola dan mengembangkan kecerdasan sosial dan emosi anak usia dini . Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.
Yayu, Z.,Yusmansyiah & Mayasari, S. (2018). Hubungan pola asuh orang tua tehadap prestasi belajar siswa. https://jurnal.inkadha.ac.id/index.php/kariman/article/view/102.
Yusuf. (2001). Psikologi perkembangan anak dan remaja. Bandung : Rosda Karya, cetakan kedua.
Published
2022-06-13
How to Cite
Supit, D. (2022). Nilai Belajar Matematika Siswa dan Pola Asuh Orang Tua. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 8(1), 69-83. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v8i1.1874
Abstract viewed = 34 times
pdf downloaded = 12 times