HUBUNGAN NILAI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DAN POLA ASUH ORANG TUA

  • Deisye Supit Universitas Klabat

Abstract

Tujuan riset ini untuk mengenali apakah terdapat hubungan nilai belajar matematika siswa dan pola asuh orang tua. Riset mengadaptasi kuesioner dari Puspicahyani (2006) serta didistribusikan kepada 60 siswa kelas V SD Advent Unklab Airmadidi untuk mengenali adanya hubungan pola asuh orang tua terhadap nilai belajar Matematika. Riset ini merupakan penelitian deskripstif kuantitatif, digunakan untuk menanggapi rumusan permasalahan. Hasil riset ini mengindikasikan pola asuh orang tua yang dilihat dari 3 model pola asuh ialah otoriter, demokratis serta permisif, yang dominan merupakan pola asuh demokratis dengan menggunakan spearman r’ho p=.350 Perihal ini berarti orang tua siswa kelas V SD Advent Unklab Airmadidi lebih dominan dalam mempraktikkan pola asuh demokratis. Berikutnya buat tingkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika nilai Meter= 83.4, yang maksudnya kalau siswa mempunyai hasil yang baik pada mata pelajaran Matematika. Hasil dari riset ini meyakinkan tidak ada hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dengan Nilai belajar Matematika siswa.

Keywords: Nilai Matematika, Pola Asuh Orang Tua

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Astuti, C. (2017). Analisis korelasi untuk mengetahui keeratan hubungan antara Keaktifan Mahasiswa. Journal of Information Computer Technology Education, 1. https://www.researchgate.net/publication/321386969.

Besse, P. (2015). Pengaruh pola asuh orang tua, gaya belajar dan prestasi matematika Siswa MTsN. Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 3, 6-7. http://journal.uin- alauddin.ac.id/index.php/Mapan/article/view/2727.

Desi, K.S,. Sri, S., & Anni, S. (2018). Pola asuh orang tua pada anak yang berperilaku agresif. Jurnal Ilmiah Potensia. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia/article/view/2702

Elyawati, R. & Meiyunitariningsih T,. (2018). Peran orang tua terhadap prenstasi anak Abdikarya, 1. https://www.google.com/search?safe=strict&client=firefox-b- d&q=penelitian+dari+eliyawati+dan+meiyuntariningsih+2018&spell=1&sa= X&ve d=2ahUKEwjX_4LqvJvwAhWM63MBHbSsDRUQBSgAegQIARAw&biw=1203 &bih=648

Fathi. (2011). Mendidik anak sejak dari janin . Jakarta : Coasis

Fitasari, D.P., Wayan, S., & Agustika, S.N.G. (2019). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa dengan efikasi diri intervening Internasional journal of Elementary Education, 3, 411

Hasmiah. M., & Sri, S. (2013). Faktor faktor yang mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa jurusan pendidikan matematika. Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 1, 152. http://journal.uin alauddin.ac.id/index.php/Mapan/article/view/1136

Komari, P. N. (2015). Pengaruh tingkat pendidikan, perhatian orangtua, dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa. Jurnal Pujangga, 1. http://journal.unas.ac.id/pujangga/article/view/320

Margunayasa, G., & Nyoman, K. (2020). Hubungan antara pola asuh orang tua dan konsep diri dengan kompetensi pengetahuan matematika siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4, 24. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/view/24273

Ngalim, P. (2010). Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran. Jakarta : Rineka

Nasution, S. (1999). Sosiologi Pendidikan . Jakarta : Bumi Aksara

Priyono, M. (2016). Metode penelitian kuantitatif file:///C:/Users/user/AppData/Local/Temp/METPENKUANTITATIFFULL.pdf

Sari, N.D., Sinaga, S.L., & Evi, L. (2016). Komunikasi bimbingan orang tua pada anak dalam upaya meningkatkan prestasi belajar matematika. Professional FIS UNIVED, 58. https://core.ac.uk

Sinta, M. (2013). Metode penelitian kualitatif.Retrieved fromhttp://repository.upi.edu/1605/6/S_ADP_0705056_Chapter3.pdf

Slamato.L.E. (2003). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta : Rineka cipta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian kuantitatif kualitatif dan kombinasi (Mixed Methods). Retrieved from file:///C:/Users/user/AppData/Local/Temp/196-1-577-2-10- 20171106.pdf

Suhendri, H. (2011). Pengaruh kecerdasan matematis-logis dan kemandirian belajar. Jurnal formatif, 1, 29-39.https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/61

Syafi, A., Tri, M & Kholidatur, R. (2018). Studi tentang prestasi belajar siswa dalam berbagai aspek dan faktor yang mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan,2, 116. http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik/article/view/114

Turibius, R. (2018). Pola asuh yang efektif untuk mendidik anak di era digital. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. http://ejournal.stkipsantupaulus.ac.id/index.php/jpkm/article/view/216/147

Ursula, R.A., Heru, S,. & Ema, M. (2008). Hubugan pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar siswa. https://jurnal.ugm.ac.id/jik/article/view/10299/7782, 128.

Wibowo, A. (2012). Pendidikan karakter usia dini . Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Winkel, W. (1996). Psikologi pengajaran. Jakarta: Grasindo.

Wiyani, A., Novan. (2014). Mengelola dan mengembangkan kecerdasan sosial dan emosi anak usia dini . Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Yayu, Z.,Yusmansyiah & Mayasari, S. (2018). Hubungan pola asuh orang tua tehadap prestasi belajar siswa. https://jurnal.inkadha.ac.id/index.php/kariman/article/view/102.

Yusuf. (2001). Psikologi perkembangan anak dan remaja. Bandung : Rosda Karya, cetakan kedua.

Published
2022-06-13
How to Cite
Supit, D. (2022). HUBUNGAN NILAI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DAN POLA ASUH ORANG TUA. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 8(1), 69-83. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v8i1.1874
Abstract viewed = 141 times
pdf downloaded = 124 times