DESKRIPSI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH LANGKAH POLYA SISWA KELAS IX SMPI AL-I’TISHOM

  • Diaz Firyal Afifah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Indrie Noor Aini Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika bilangan berpangkat. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan di semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IX di SMP Islam Al-I’tishom. Instrumen penelitian berupa tes sebanyak 3 buah soal uraian kemampuan pemecahan masalah dan materi yang digunakan adalah bilangan pangkat. Teknik pengumpulan data, yaitu observasi, metode tes yang digunakan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik, dan dokumentasi. Dari 26 peserta didik di kelas IX SMP Islam Al-I’tishom, peserta didik yang memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis kategori rendah lebih dominan dengan persentase 84,62% dibandingkan dengan peserta didik yang memiliki kemampuan pemecahan masalah kategori tinggi dengan persentase 7,69% dan kategori sedang dengan persentase 7,69%.

Keywords: Bilangan Berpangkat, Deskripsi, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abd. Hadi, Asrori, & Rusman. (2021). Penelitian Kualitatif Studi Fenomenologi, Case Studi, Grounded Theory, Etnografi, Biografi (1st ed.). CV. Pena Persada.

Achadah, A., & Fadil, M. (2020). Filsafat Ilmu: Pertautan Aktivitas Ilmiah, Metode Ilmiah dan Pengetahuan Sistematis. Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 131–141. http://journal.unipdu.ac.id:8080/index.php/jpi/article/view/2123

Akbar, P., Hamid, A., Bernard, M., & Sugandi, A. I. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematik Siswa Kelas XI SMA Putra Juang dalam Materi Peluang. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 144–153. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.62

Al-Ghassani, A. M., Kamara, J. M., & Anumba, C. J. (2006). A Prototype System for Knowledge Problem Definition. Journal of Construction Engineering and Management, 132(5), 516–524. http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.954.9192&rep=rep1&type=pdf

Amalia, D. R., Kartika, & Afrilianto, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualization Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMK. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(5), 221. https://doi.org/10.22460/jpmi.v2i5.p221-228

Aspiandi, H., R, Z., & Nursangji, A. (2020). Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Bangun Datar Di SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 9(11), 1–8.

Buranda, M. S., & Bernard, M. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Materi Lingkaran Siswa SMP Berdasarkan Gender. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(1), 33. https://doi.org/10.22460/jpmi.v2i1.p33-40

Difference between Skill and Ability. (2022). Differencebetween.Info. http://www.differencebetween.info/difference-between-skill-and-ability

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2006). Strategi Belajar Mengajar (revisi). Rineka Cipta.

Fatmala, R. R., Sariningsih, R., & Zhanty, L. S. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP Kelas VII Pada Materi Aritmetika Sosial. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 227–236. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.334

Houwer, J. De, Barnes-Holmes, D., & Moors, A. (2013). What is learning? On the nature and merits of a functional definition of learning. Psychonomic Bulletin and Review, 20(4), 631–642. https://doi.org/10.3758/s13423-013-0386-3

Hwang, W. Y., Chen, N. S., Dung, J. J., & Yang, Y. L. (2007). Multiple Representation Skills and Creativity Effects on Mathematical Problem Solving using a Multimedia Whiteboard System. Educational Technology and Society, 10(2), 191–212.

Kemdikbud. (2015). Matematika SMP/MTs Kelas IX Semester 1 (A. Lukito, A. Mahmudi, Kusnadi, & Turmudi (Eds.); 1st ed.). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kenedi, A. K., Helsa, Y., Ariani, Y., Zainil, M., & Hendri, S. (2019). Mathematical Connection Of Elementary School Students to Solve Mathematical Problems. Journal on Mathematics Education, 10(1), 69–80.

National Council Of Teachers Of Mathematics. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. School Science and Mathematics, 47(8), 868–279. www.nctm.org

Nurkaeti, N. (2018). Polya’s Strategy: an Analysis of Mathematical Problem Solving Difficulty in 5Th Grade Elementary School. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 10(2), 140–147. https://doi.org/10.17509/eh.v10i2.10868

Nurvela, R., & Setiawan, W. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa MTS Kelas IX Pada Materi Bilangan Berpangkat Dan Bentuk Akar. Journal on Education, 01(02), 484–490. http://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/99

Nuryana, D., & Rosyana, T. (2019). Analisis Kesalahan Siswa SMK dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematik Pada Materi Program Linear. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 11–20.

OECD. (2018). PISA 2022 Mathematics Framework ( Draft ). Oecd.Org. https://pisa2022-maths.oecd.org/files/PISA 2022 Mathematics Framework Draft.pdf

Özsoy, G., Kuruyer, H. G., & Çakiroğlu, A. (2015). Evaluation of Students’ Mathematical Problem Solving Skills in Relation to Their Reading Levels. International Electronic Journal of Elementary Education, 8(1), 113–132.

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Parulian, R. A., Munandar, D. R., & Ruli, R. M. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dalam Menyelesaikan Materi Bilangan Bulat Pada Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 345–354. http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika

Peng, P., Namkung, J., Barnes, M., & Sun, C. (2015). A Meta-Analysis of Mathematics and Working Memory: Moderating Effects of Working Memory Domain, Type of Mathematics Skill, and Sample Characteristics. Journal of Educational Psychology. https://doi.org/10.1037/edu0000079

Polya’s Problem Solving Techniques. (n.d.). Math.Berkeley.Edu. https://doi.org/10.1515/9781400828678

Polya, G. (1957). How to Solve It: A New Aspect of Mathematical Method (renewed). Princeton University Press. https://doi.org/10.2307/j.ctvc773pk

Pratama, G. S., & Retnawati, H. (2018). Urgency of Higher Order Thinking Skills (HOTS) Content Analysis in Mathematics Textbook. Journal of Physics: Conference Series, 1097(012147). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1097/1/012147

Sari, D. S., Kusnandi, K., & Suhendra, S. (2017). A Cognitive Analysis of Students’ Mathematical Communication Ability on Geometry. Journal of Physics: Conference Series, 895(012083). https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012083

Sudianto, Dwijanto, & Dewi, N. R. (2019). Students’ Creative Thinking Abilities and Self Regulated Learning on Project-Based Learning with LMS Moodle. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 8(1), 10–17. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer/article/view/27183

Sudrajat. (2008). Peranan Matematika Dalam Perkembangan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi. “The Power of Mathematics for All Aplications,” 1–12.

Supiyati, H., Hidayati, Y., Rosidi, I., Yuniasti, A., & Wulandari, R. (2019). Menggunakan Model Guided Inquiry Dengan Pendekatan Keterampilan Proses Sains Pada Materi Pencemaran. Natural Science Education Research, 2(1), 59–67.

Surya, E., Sabandar, J., Kusumah, Y. S., & Darhim. (2013). Improving of Junior High School Visual Thinking Representation Ability in Mathematical Problem Solving by CTL. Journal on Mathematics Education, 4(1), 113–126. https://doi.org/10.22342/jme.4.1.568.113-126

Timutius, F., Apriliani, N. R., & Bernard, M. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Kelas IX-G di SMP Negeri 3 Cimahi dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematik Pada Materi Lingkaran. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 305. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p305-312

Triatmi, E., & Setiawan, R. (2018). Analisis Strategi Bernalar Logis dan Membagi Kasus Pada Permasalahan Non Rutin Kombinatorika. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika (JPMM), II(3), 231–241.

Wilson, S. M., & Peterson, P. L. (2006). Theories of Learning and Teaching What Do They Mean for Educators? In Theories of Learning and Teaching (Issue July). https://doi.org/10.4324/9780429459610-2

Yadav, D. K. (2017). Exact Definition Of Mathematics. International Research Journal of Mathemathics, Engineering and IT, 4(1), 34–42. https://www.researchgate.net/profile/Dharmendra_Yadav17/publication/313678763_EXACT_DEFINITION_OF_MATHEMATICS/links/58f4d86f458515ff23b551a0/EXACT-DEFINITION-OF-MATHEMATICS.pdf

Zakaria, E., Nordin, N. M., & Ahmad, S. (2007). Trend Pengajaran dan pembelajaran Matematik (1st ed.). PRIN-AD SDN. BHD.

Published
2022-06-17
How to Cite
Afifah, D. F., & Indrie Noor Aini. (2022). DESKRIPSI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH LANGKAH POLYA SISWA KELAS IX SMPI AL-I’TISHOM. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 8(1), 135-149. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v8i1.1833
Abstract viewed = 249 times
pdf downloaded = 174 times