ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA SMK KELAS X DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA

  • Luluk Munawaroh Hasbullah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Dori Lukman Hakim Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

Artikel bertujuan untuk mendeskripsikan ketercapaian kemampuan literasi matematis siswa SMK dalam menyelesaikan soal jenis PISA konten quality dan konten change and relationship, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan pemilihan sampel yang memperhatikan tujuan penelitian. Pemilihan sampel melibatkan 15 orang siswa yang diambil dari salah satu SMK di wilayah Rengasdengklok yang kemudian dikategorikan berdasarkan kategori kemampuan tinggi, sedang dan rendah. Data yang diperoleh kemudian direduksi dan dianalisis secara kualitatif dengan memperhatikan indikator kemampuan literasi matematis. Hasil dari penelitian memperlihatkan bahwa siswa berkemampuan tinggi mampu menunjukkan kemampuan literasi matematika yang cukup baik yaitu siswa mampu memenuhi keempat indikator literasi matematis yaitu merumuskan, menerapkan, menafsirkan dan mengevaluasi. Siswa berkemampuan sedang hanya mampu memenuhi dua indikator literasi matemats, yaitu merumuskan dan menerapkan. Siswa berkemampuan rendah hanya memenuhi satu indikator literasi matematis yaitu merumuskan.

Keywords: Kemampuan Literasi Matematis, PISA

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ary, Donal et al. 2010. Introduction to Reseacrh in Education (Eighth Edition). United States of Amerika: Wadsworth.

Aygor, N., & Ozdag, H. (2012). Misconceptions in linear algebra : the case of undergraduate students. 46(2002), 2989–2994. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.05.602

Fathani, A. H. (2016). Rahmah Johar. “Domain Soal PISA untuk Literasi matematikaa”. Jurnal Peluang , Volume 1, Nomor 1, Oktober 2012. 136. Jurnal EduSains, 4(2), 136–150.

Hakim, D. L. (2014). Me - 19 Efforts To Improve Student Learning Ourcomes By Using. May, 18–20.

Hawa, A. M. (2014). Analisis Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal PISA Bertipe PISA. Seminar Nasional Evaluasi Pendidikan Tahun 2014, 890–900.

Kafifah, A., Sugiarti, T., & Oktavianingtyas, E. (2018). Pelevelan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Berdasarkan Kemampuan Matematika Dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Change and Relationship. Kadikma, 9(3), 75–84. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/kadikma/article/view/10918

Kenedi, A. K. (2018). Literasi Matematis Dalam Pembelajaran Berbasis Masalah. February. https://doi.org/10.31219/osf.io/538q2

Khoirudin, A., Dwi Styawati, R., & Nursyahida, F. (2017). Profil Kemampuan Literasi Matematika Siswa Berkemampuan Matematis Rendah Dalam Menyelesaikan Soal Berbentuk Pisa. Aksioma, 8(2), 33. https://doi.org/10.26877/aks.v8i2.1839

Know, W. S., & Do, C. A. N. (2019). PISA 2018 Results (Volume I): Vol. I. https://doi.org/10.1787/5f07c754-en

Kurniasih, R., & Hakim, D. L. (2019). Berpikir kritis siswa dalam materi segiempat. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2017, 1135–1145. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2911, diakses Kamis ‎4 Maret ‎‎2021 pukul ‏‎16:52:02 WIB

Kusumawardani, D. R., Wardono, & Kartono. (2018). Pentingnya Penalaran Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. Prisma, 1(1), 588–595.

Lestari, N., & Widaningtyas, A. (2020). Identifikasi Miskonsepsi Siswa pada Materi Usaha dan Energi. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.314

Lubis, R. S., Pramudya, I., & Subanti, S. (2021). Mathematics Literacy : Newman ’ s Error Analysis ( NEA ) Review from Habits of Mind. 597, 237–245.

Muzaki, A. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Mosharofa, 8(September), 493–502. http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa%0AI.

OECD. (2012). PISA 2012 Mathematics Framework:Draft subject to possible revision after the field trial. 1–42. http://www.oecd.org/pisa/pisaproducts/46961598.pdf

Prabawati, M. N. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematik Mahasiswa Calon Guru Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 113–120. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.347

Rachmantika, A. R., & Wardono. (2019). Peran Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Pemecahan Masalah. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2(1), 441.

Ramadhani, D. A., & Hakim, D. L. (2021). KEMAMPUAN PROBLEM-SOLVING MATEMATIS SISWA SMA DALAM MENYELESAIKAN PERMASALAHAN MATERI FUNGSI Delia. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(5), 1113–1122. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.1113-1122

Santia, I. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Smp Berdasarkan Motivasi Belajar Siswa. JIPMat, 3(2), 81–85. https://doi.org/10.26877/jipmat.v3i2.2748

Susanti, E., & Syam, S. S. (2017). Peran Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Indonesia. Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika, November 2017, 1–6. https://www.researchgate.net/publication/328813314_Peran_Guru_dalam_Meningkatkan_Kemampuan_Literasi_Matematika_Siswa_Indonesia

Turrosifah, H., & Hakim, D. L. (2019). Komunikasi matematis siswa dalam materi matematika sekolahan. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 2000, 1183–1192.

Wati, E. H., & Murtiyasa, B. (2016). Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berbasis PISA pada Konten Change and Relationship. Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya (KNPMP I), Knpmp I, 199–209.

Published
2022-06-17
How to Cite
Hasbullah, L. M., & Dori Lukman Hakim. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA SMK KELAS X DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 8(1), 111-123. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v8i1.1727
Abstract viewed = 442 times
pdf downloaded = 331 times