Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMK kelas X Dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Quality dan Konten Change and Relationship

  • Luluk Munawaroh Hasbullah Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

Artikel ini akan membahas mengenai analisis kemampuan literasi matematis siswa SMK dalam menyelesaikan soal PISA konten quality dan konten change and relationship, sehingga memperoleh hasil berupa deskripsi mengenai kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal PISA. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan pemilihan sampel yang memperhatikan tujuan penelitian. Subjek pada penelitian ini terdiri dari 7 siswa yang diambil dari salah satu SMK di wilayah Rengasdengklok dengan memperhatikan kategori kemampuan tinggi, sedang dan rendah. Pada artikel ini akan dikaji secara desktiptif dengan pendekatan kualitatif mengenai bagaimana siswa mendeskripsikan data. Instrumen berupa soal tes uraian kemampuan literasi matematis yang terdiri dari 6 butir soal jenis PISA. Teknik analisis data pada artikel ini terdiri dari tiga tahapan meliputi merumuskan, menerapkan, dan menafsirkan. Hasil pada artikel ini membahas mengenai ketercapaian siswa dalam menyelesaikan masalah apabila ditinjau dari literasi matematis

Keywords: Kemampuan Literasi Matematis, PISA

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ary, Donal et al. 2010. Introduction to Reseacrh in Education (Eighth Edition). United States of Amerika: Wadsworth.
Aygor, N., & Ozdag, H. (2012). Misconceptions in linear algebra : the case of undergraduate students. 46(2002), 2989–2994. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.05.602
Fathani, A. H. (2016). Rahmah Johar. “Domain Soal PISA untuk Literasi matematikaa”. Jurnal Peluang , Volume 1, Nomor 1, Oktober 2012. 136. Jurnal EduSains, 4(2), 136–150.
Hakim, D. L. (2014). Me - 19 Efforts To Improve Student Learning Ourcomes By Using. May, 18–20.
Hawa, A. M. (2014). Analisis Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal PISA Bertipe PISA. Seminar Nasional Evaluasi Pendidikan Tahun 2014, 890–900.
Kafifah, A., Sugiarti, T., & Oktavianingtyas, E. (2018). Pelevelan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Berdasarkan Kemampuan Matematika Dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Change and Relationship. Kadikma, 9(3), 75–84. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/kadikma/article/view/10918
Kenedi, A. K. (2018). Literasi Matematis Dalam Pembelajaran Berbasis Masalah. February. https://doi.org/10.31219/osf.io/538q2
Khoirudin, A., Dwi Styawati, R., & Nursyahida, F. (2017). Profil Kemampuan Literasi Matematika Siswa Berkemampuan Matematis Rendah Dalam Menyelesaikan Soal Berbentuk Pisa. Aksioma, 8(2), 33. https://doi.org/10.26877/aks.v8i2.1839
Know, W. S., & Do, C. A. N. (2019). PISA 2018 Results (Volume I): Vol. I. https://doi.org/10.1787/5f07c754-en
Kurniasih, R., & Hakim, D. L. (2019). Berpikir kritis siswa dalam materi segiempat. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2017, 1135–1145. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2911, diakses Kamis ‎4 Maret ‎‎2021 pukul ‏‎16:52:02 WIB
Kusumawardani, D. R., Wardono, & Kartono. (2018). Pentingnya Penalaran Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. Prisma, 1(1), 588–595.
Lestari, N., & Widaningtyas, A. (2020). Identifikasi Miskonsepsi Siswa pada Materi Usaha dan Energi. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.314
Lubis, R. S., Pramudya, I., & Subanti, S. (2021). Mathematics Literacy : Newman ’ s Error Analysis ( NEA ) Review from Habits of Mind. 597, 237–245.
Muzaki, A. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Mosharofa, 8(September), 493–502. http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa%0AI.
OECD. (2012). PISA 2012 Mathematics Framework:Draft subject to possible revision after the field trial. 1–42. http://www.oecd.org/pisa/pisaproducts/46961598.pdf
Prabawati, M. N. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematik Mahasiswa Calon Guru Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 113–120. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.347
Rachmantika, A. R., & Wardono. (2019). Peran Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Pemecahan Masalah. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2(1), 441.
Ramadhani, D. A., & Hakim, D. L. (2021). KEMAMPUAN PROBLEM-SOLVING MATEMATIS SISWA SMA DALAM MENYELESAIKAN PERMASALAHAN MATERI FUNGSI Delia. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(5), 1113–1122. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.1113-1122
Santia, I. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Smp Berdasarkan Motivasi Belajar Siswa. JIPMat, 3(2), 81–85. https://doi.org/10.26877/jipmat.v3i2.2748
Susanti, E., & Syam, S. S. (2017). Peran Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Indonesia. Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika, November 2017, 1–6. https://www.researchgate.net/publication/328813314_Peran_Guru_dalam_Meningkatkan_Kemampuan_Literasi_Matematika_Siswa_Indonesia
Turrosifah, H., & Hakim, D. L. (2019). Komunikasi matematis siswa dalam materi matematika sekolahan. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 2000, 1183–1192.
Wati, E. H., & Murtiyasa, B. (2016). Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berbasis PISA pada Konten Change and Relationship. Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya (KNPMP I), Knpmp I, 199–209.
Published
2022-06-17
How to Cite
Hasbullah, L. M. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMK kelas X Dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Quality dan Konten Change and Relationship. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 8(1), 111-123. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v8i1.1727
Abstract viewed = 63 times
pdf downloaded = 45 times