Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Pada Materi Statistika Siswa SMK Kelas 12

  • Ismi Novita Sari Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Attin Warmi Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan pemahaman konsep matematis siswa SMK kelas 12 di Karawang pada materi statistika dengan indikator dari kilpatrick yaitu 1) Mampu menyatakan kembali sebuah konsep; 2) Memberikan contoh dan non contoh sebuah konsep; 3) Mampu mengembangkan syarat konsep; 4) Mampu menggunakan prosedur yang tepat; 5) Mampu menerapkan konsep pemecahan masalah. Metode penelitian yang saya gunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini terdiri dari 3 orang siswa kelas 12 yang kemudian digolongkan ke dalam kategori subjek dengan kemampuan tinggi, subjek berkemampuan sedang, dan subjek berkemampuan rendah. Penelitian ini menggunakan instrumen uji berupa soal tes berbentuk kuis dengan 2 jenis soal, yakni soal pengetahuan konsep dan hitungan yang dapat menguji pemahaman siswa. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa 1) subjek dengan kategori tinggi sudah mampu memenuhi indikator indikator kemampuan pemahaman konsep matematis siswa menurut Kilpatrick; 2) subjek dengan kemampuan sedang mampu memenuhi sebagian besar indikator indikator menurut Kilpatrick; 3) subjek dengan kemampuan rendah hanya mampu menyajikan definisi statistika dan membedakan contoh dan noncontoh statistika pada sesi tanya jawab.

Keywords: Konsep Matematis, Pemahaman Konsep, Statistika Dasar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aminah, S., Wijaya, T. T., & Yuspriyati, D. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII Pada Materi Himpunan. Cendikia, 2(1), 15–22.
Anggraeni, S. A., & Widayanti, E. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Pada Materi Aritmetika Sosilal Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(2), 115–128.
Arfianto, H., & Hakim, D. L. (2019). Penalaran Matematis Siswa Pada Materi Fungsi Komposisi. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 2018, 1248–1256.
Asiala, M., Brown, A., Devries, D. J., Dubinsky, E., Mathews, D., & Thomas, K. (2004). A Framework for Research and Curriculum Education Development in Undergraduate Mathematics. Research in Collegiate Mathematics Education, 2, 1–32.
Bernard, M., & Chotimah, S. (2018). Improve Student Mathematical Reasoning Ability with Open-ended Approach Using VBA for Powepoint.
Bernard, M., Sumarna, A., Rolina, R., & Akbar. (2019). Development of high school student work sheets using VBA for microsoft word trigonometry materials. Journal of Physics: Conference Series,.
Cahani, K., & Effendi, K. N. S. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Kelas IX Pada Materi Bangun Datar Segiempat. 63–68.
Cahani, K., Nia, K., Effendi, S., & Munandar, D. R. (2021). Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa ditinjau dari konsentrasi belajar pada materi statistika dasar. JPMI, 4(1), 215–224. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i1.215-224
Chung, I., Lew, H., Mary, S., & Dame, N. (2007). Comparing Korean and U.S Third Grade Elementary Student Conceptual Understanding of Basic Multiplication Facts. 1998, 161–168.
Erlina, & Hakim, D. L. (2019). Kecerdasan Logis Matematis Siswa SMP pada Scaffolding. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 2014, 1165–1173.
Fajri, M. (2017). Kemampuan Berpikir Matematis Dalam Konteks Pembelajaran Abad 21 di Sekolah Dasar. LEMMA, III(2), 1–11.
Febriyanto, B., Haryani, Y. D., & Komalasari, O. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Penggunaan Media Kantong Bergambar Pada Materi Perkalian Bilangan di Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2).
Ginting, I. R. F., & Sutirna. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL. MAJU, 8(1), 350–357.
Hakim, D. L., Mulyati, R., & Sari, M. (2019). Aplikasi Game Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Menghitung Matematis. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 12(1), 129–141.
Jamal, F., & Amalia, Y. (2015). Pembelajaran Dengan Pendekatan Discovery Yang Menekankan Aspek Analogi Untuk Meningkatkan Pemahaman Matematik dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA (Studi Eksperimen di SMA Negeri 1 Kuala, Nagan Raya, Aceh). Jurnal Pendidikan Matematika, 2.
Kartika, Y. (2018). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas vii smp pada materi bentuk aljabar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(58), 777–785.
Kay, R., & Kletskin, I. (2021). Evaluating the use of problem-based video podcasts to teach mathematics in higher education. Computers and Education, 619–627.
Kesumawati, N. (2010). Peningkatan Kemampuan Pemahaman, Pemecahan Masalah, dan Disposisi Matematis Pendidikan, Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Disertasi Program, Tidak Dipublikasikan. Bandung : Pascasarjana UPI.
Kilpatrick, J., Swafford, J., & Findell, B. (2001). Copyright © National Academy of Sciences. All rights reserved. Unless otherwise indicated, all materials in this PDF File are copyrighted by the National Academy of Sciences. Distribution, posting, or copying is strictly prohibited without written permiss.
Kristianti.R, F., Isnarto, & Mulyono. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa dalam Pembelajaran Flipped Classroom berbantuan Android.
Kulsum, S. I., Hidayat, W., Wijaya, T. T., & Kumala, J. (2019). Analysis On High School Students ’ Mathematical. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 431–436.
Nugrawati, U., Nuryakin, & Afrilianto, M. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Pada Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa MTs Dengan Materi Segitiga Dan Segiempat. Indomath, 1(2), 63–68.
Nurhasanah, L. A. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII SMP Melalui Model Flipped Classroom. MAJU, 8(1), 425–441.
Oktavianingsih, S., Warmi, A., & Republik, P. (2021). Analisis Kemampuan Komunilasi Matematis Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. MAJU, 8(1), 480–491.
Pasaribu, E. Z. (2017). Perbedaan Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing. MAJU, 4(2), 70–81.
Priyadi, G., Kuntarti, Sulistiyono, & Kurnianingsih, S. (2008). Matematika Program Keahlian Seni, Pariwisata, Sosial, Administrasi Perkantoran, dan Teknologi Kerumahtanggaan Untuk SMK dan MAK kelas XII.
Rahmadani, Nurlaelah, E., Herman, T., & Anaguna, N. (2019). Exploration of primary school teacher students’ understanding in fraction concept. Journal of Physics: Conference Series, 1.
Sepriani, R. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Materi Garis dan Sudut. MAJU, 8(1), 291–298.
Sholihah, D. A., & Mahmudi, A. (2015). Keefektifan Experiental Learning Pembelajaran Matemarika MTs Materi Bangun Ruang Sisi Datar. JURNAL RISET PENDIDIKAN MATEMATIKA, 2(November), 175–185.
Wijaya, T. T., Ying, Z., & Cunhua, L. (2020). Using VBA Learning Media To Improve Student’s Mathematical Understanding Ability. Jonedu, 2(02), 245–254.
Yi, L., Ying, Z., & Wijaya, T. T. (2019). The Trend of Mathematics Teaching Method Has Change From Fragments To Systematics. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 471–480.
Zaini, K. (2018). Penerapan Model Student Facilitator and Explaining (SFAE) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Aljabar Linier Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Jurnal Equation, 1(1), 111–120.
Published
2022-06-17
How to Cite
Sari, I. N., & Warmi, A. (2022). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Pada Materi Statistika Siswa SMK Kelas 12. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 8(1), 95-110. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v8i1.1707
Abstract viewed = 76 times
pdf downloaded = 41 times