ANALISIS KEKELIRUAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL TRANSFORMASI DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA
Abstract
Transformasi geometri termasuk salah satu materi pembelajaran yang sudah dipelajari sejak jenjang SMP. Dengan demikian materi ini bukanlah hal baru bagi peserta didik pada jenjang SMA. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kekeliruan yang peserta didik lakukan dan faktor penyebabnya dalam menyelesaikan soal rotasi ditinjau dari kemampuan awal matematika. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 20 peserta didik kelas XI SMA Negeri Karawang. Instrumen yang digunakan berupa tes dan wawancara tidak terstruktur. Analisis datanya dengan mengelompokan peserta didik berdasarkan hasil penilaian harian pada pokok bahasan materi sebelumnya, sebagai kelompok kemampuan awal peserta didik. Kelompoknya terbagi menjadi kelompok tinggi, sedang, dan rendah, kemudian dipilih satu subjek dari setiap kategori yang banyak mengalami kekeliruan serta faktor penyebabnya dalam menyelesaikan soal rotasi. Berdasarkan hasil penelitian, kekeliruan yang banyak dilakukan oleh peserta didik adalah keliru dalam menerapkan rumus serta keterampilan proses yang diperlukan, dan keliru dalam memberikan jawaban akhir. Adapun faktornya dikarenakan peserta didik masih kurang memahami dalam menerapkan rumus dan mengoperasikan bilangan dengan tepat serta terburu-buru dalam menyelesaikan permasalahan.
Downloads
References
Akbar, P., Hamid, A., Bernard, M., & Sugandi, A. I. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematik Siswa Kelas XI SMA Putra Juang dalam Materi Peluang. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 144–153. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.62
Albab, I. U., Hartono, Y., & Darmawijoyo, D. (2014). Kemajuan Belajar Siswa pada Geometri Transformasi Menggunakan Aktivitas Refleksi Geometri. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 33(3), 338–348. https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.2378
Ayuningtyas, D., Wahyuningsih, E. D., & Paridjo, P. (2021). Analisis Kesalahan Siswa secara Prosedural dalam Menyelesaikan Soal Transformasi Geometri. JIPMat : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1), 24–33. https://doi.org/10.26877/jipmat.v6i1.8125
Bahri, H. A., & Alimuddin, A. (2016). The Profile of Teacher’s Understanding on Student’s Mathematics Ability Based on Teacher’s Teaching Experience at SMPN 1 Gantarangkeke. Jurnal Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(2), 119–128. https://doi.org/10.26858/jds.v4i2.2892
Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Depdiknas.
Fitriani, H. N., Turmudi, T., & Prabawanto, S. (2018). Analysis of Students Error in Mathematical Problem Solving Based on Newman’s Error Analysis. International Conference on Mathematics and Science Education, 3, 791–796.
Fuadi, I., Minarni, A., & Banjarnahor, H. (2017). Mathematical Problem Solving Ability in IX Grade at Junior High School Ar-Rahman Percut. International Journal of Novel Research in Education and Learning, 4(2), 153–159.
Kurniadi, G., & Purwaningrum, J. P. (2018). Kesalahan Siswa pada Kategori Kemampuan Awal Matematis Rendah dalam Penyelesaian Tes Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 11(2), 55–66. https://doi.org/10.30870/jppm.v11i2.3754
Mahdayani, R. (2016). Analisis Kesulitan Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika pada Materi Aritmetika, Aljabar, Statistika, dan Geometri. Jurnal Pendas Mahakam, 1(1), 86–98.
Maulani, F. I., & Setiawan, W. (2021). Analisis Kekeliruan Siswa SMK Negeri di Kota Cimahi dalam Menyelesaikan Soal Geometri Transformasi. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(3), 729–738.
Maulani, F. I., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Transformasi Geometri. Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, 5(1), 16–25. https://doi.org/10.32528/gammath.v5i1.3189
Napfiah, S., & Sulistyorini, Y. (2021). Errors Analysis in Understanding Transformation Geometry Through Concept Mapping. International Journal of Research in Education, 1(1), 6–15. https://doi.org/10.26877/ijre.v1i1.5863
NoprianiLubis, J., Panjaitan, A., Surya, E., & Syahputra, E. (2017). Analysis Mathematical Problem Solving Skills of Student of the Grade VIII-2 Junior High School Bilah Hulu Labuhan Batu. International Journal of Novel Research in Education and Learning, 4(2), 131–137.
Perangin-angin, D. S., & Khayroiyah, S. (2021). Analisis Kemampuan Spasial Visualization Siswa pada Materi Geometri Transformasi Menggunakan Aplikasi Zoom di SMA Persiapan STABAT TP 2020/2021. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 389–398.
Peranginangin, S. A., & Surya, E. (2017). An Analysis of Students’ Mathematics Problem Solving Ability in VII Grade at SMP Negeri 4 Pancurbatu. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), 33(2), 57–67.
Rahman, A. A., & Fauziana, F. (2018). Analysis of Student’s Answer Error in Learning Mathematics Using Newman Analysis. IOSR Journal of Research & Method in Education, 8(6), 77–82.
Ritonga, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD dan Reciprocal Teaching terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Minat Belajar Siswa Materi Transformasi Geometri Kelas XIMAS Al-Washliyah 22 Tembung Tahun Ajaran 2018-2019. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Rohmah, M., & Sutiarso, S. (2018). Analysis Problem Solving in Mathematical Using Theory Newman. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(2). https://doi.org/10.12973/ejmste/80630
Siskawati, E., Zaenuri, & Wardono. (2021). Analysis of Students’ Error in Solving Math Problem-Solving Problem Based on Newman Error Analysis (NEA). Journal of Physics: Conference Series, 1918(4), 042108. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1918/4/042108
Subekti, F. E., & Sari, D. P. (2021). Errors in Solving Math Problems Based on Newman Type. Journal of Physics: Conference Series, 1778(1), 012004. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1778/1/012004
Sulistiowati, D. L., Herman, T., & Jupri, A. (2019). Student Difficulties in Solving Geometry Problem Based on Van Hiele Thinking Level. Journal of Physics: Conference Series, 1157(4), 042118. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/4/042118
Suparni, S. (2012). Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Pembelajaran Matematika. Jurnal Fourier, 1(1), 45–60. https://doi.org/10.14421/fourier.2012.11.37-47
Veloo, A., Krishnasamy, H. N., & Wan Abdullah, W. S. (2015). Types of Student Errors in Mathematical Symbols, Graphs and Problem-Solving. Asian Social Science, 11(15), p324. https://doi.org/10.5539/ass.v11n15p324
Yolandia, Y. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Newmans Error Analysis (NEA) ditinjau dari Tingkat Kemampuan Awal Matematisnya pada Materi Lingkaran. Artikel Ilmiah: Pendidikan Matematika FKIP UNJA, 1–13.
Zahra’Ashri, H., & Aini, I. N. (2021). Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Matematika Transformasi Geometri Kelas IX. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 22–31. https://doi.org/10.30656/gauss.v4i1.3191
Copyright (c) 2022 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.