ANALISIS KESALAHAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMPN 2 TELUKJAMBE TIMUR DALAM MENYELESAIKAN SOAL TIMSS MATERI ALJABAR

  • Jodi Nursahada Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Dr. H. Dadang Rahman Munandar, M. Pd. Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

Penelitian berjudul "analisis kesalahan pemahaman konsep siswa SMPN 2 Telukjambe Timur dalam menyelesaikan soal timss materi aljabar" ini dilatar belakangi oleh hasil mini observasi yang telah dilakukan oleh peneliti dalam rangka pemenuhan tugas mata kuliah kajian masalah pendidikan matematika dengan menggunakan instrument soal tes yang meliputi 4 soal yang di ambil dari soal TIMSS tahun 2011 dan di uji cobakan kepada 5 siswa SMPN 1 Rawamerta yang mendapatkan kesimpulan kemampuan pemahaman konsep siswa masih tergolong rendah, padahal Pembelajaran matematika memiliki dasar utama berupa pemahaman konsep. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui serta menganalisis kemampuan pemahaman konsep siswa kelas VII SMPN 2 Telukjambe Timur tahun ajaran 2021-2022. Pendekatan kualitatif deskriptif digunakan pada penelitian ini dengan data dikumpulkan melalui instrumen soal TIMSS uraian dan di analisis sesuai dengan indikator kemampuan pemahaman konsep yang dikemukakan oleh peraturan Dirjen Dikdasmen Depdiknas No 506/C/PP/2004 tanggal 11 November 2004 dalam menyelesaikan soal TIMSS materi aljabar. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data didapatkan skor siswa, didapatkan kesimpulan yaitu, kemampuan pemahaman konsep matematis soal TIMSS pada materi aljabar mencapai 37,85% yang dikategorikan kurang.

Keywords: timss, pemahaman konsep, aljabar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Peraturan Dirjen Dikdasmen No. 506/C/PP/2004 tentang Penilaian Perkembangan Anak Didik Sekolah Menengah Pertama (SMP). (2004). Jakarta : Dirjen Dikdasmen Depdiknas
Foroushani, S. (2019). Misconceptions in engineering thermodynamics: A review. 47(3), 195–209. https://doi.org/https://doi.org/10.1177/0306419018754396
Khairunnisa, N. C., & Aini, I. N. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dalam Menyelesaikan Soal Materi SPLDV pada Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 1(1), 546–554.
Kilpatrick, J., Swafford, J., & Findell, B. (2005). Adding It Up. In Social Sciences.
Kinach, & B, M. (2002). Understanding and Learning to Explain by Representing Mathematics : Epistemological Dilemmas Facing Teacher Educators in the Secondary Mathematics ”Method” Course. Journal of Mathematics Teacher Education, 5, 153–186.
Lee, G., Kwon, J., Park, S., S., Kim, W., J., Kwon, G, H., Park, & K, H. (2003). Development of an Instrument for Measuring Cognitive Conflict in Secondary Level Science Classes. Research in Science Teaching, 40(6), 585–603.
M. Duffin, J., & P. Simpson, A. (2000). A Search for Understanding. The Journal of Mathematical Behavior, 18(4). https://doi.org/10.2307/214911
Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 76–85. https://doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2292
Mullis, M., I. V. S., Ruddock, J., G., O’Sullivan, Y., C., Preuschoff, & Corinna. (2009). The TIMSS 2011 Assesment Framework. Boston College USA : TIMSS & PIRLS International Study Center.
Nunes, T., & Bryant, P. (1997). Learning and Teaching Mathematics, An International Perspective. Psychology Press.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.
Wardhani, S. (2008). Analisis SI dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs Untuk Optimalisasi Pencapaian Tujuan.
Watson, M, J., Shaughnessy, & M, J. (2004). Proportional reasoning: Lessons from research in data and chance. Mathematics Teaching in the Middle School, 10, 104–109.
Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. (2018). The type of descriptive research in communication study. Jurnal Diakom, 1(2), 83–90.
Zulnaidi, H., & Zakaria, E. (2012). The effect of using GeoGebra on conceptual and procedural knowledge of high school mathematics students. Asian Social Science, 8(11). https://doi.org/10.5539/ass.v8n11p102
Published
2022-06-11
How to Cite
Jodi Nursahada, & Dr. H. Dadang Rahman Munandar, M. Pd. (2022). ANALISIS KESALAHAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMPN 2 TELUKJAMBE TIMUR DALAM MENYELESAIKAN SOAL TIMSS MATERI ALJABAR. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 8(1), 45-58. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v8i1.1681
Abstract viewed = 45 times
pdf downloaded = 27 times