PENGEMBANGAN MODUL GEOMETRI BERBANTUAN SOFTWARE GEOENZO: VALIDASI AHLI MATERI DAN MEDIA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran lukisan dasar geometri berbantuan GeoEnzo. Modul pembelajaran dianalisis kelayakannya. Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate) dengan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan pengisian angket kelayakan media dan materi. Berdasarkan hasil validasi ahli media yang telah dilakukan diperoleh persentase 89% dengan kategori sangat layak digunakan dan hasil validasi materi diperoleh persentase 87% dengan kategori layak digunakan. Kesimpulannya modul pembelajaran lukisan dasar geometri sudah valid dan layak untuk digunakan.
Downloads
References
Arikunto, s. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. In A. Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (p. 109). Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Asyar, B. (2014). Aplikasi Turunan (derivatif) dalam Permasalahan Analisis Keuntungan Maksimal. al-Khwarizmi, Volume II, Edisi I, 1 - 14. doi:https://doi.org/10.24256/jpmipa.v2i1.98
Chiang, A. C. (2005). Dasar-dasar Matematika Ekonomi (Vol. 4). Jakarta: Penerbit Erlangga.
Dumairy. (1999). Matematika Terapan untuk Bisnis dan Ekonomi. In Matematika Terapan untuk Bisnis dan Ekonomi. (p. 197). yogyakarta, yogyakarta, indonesia: BPFE-Yogyakarta.
Hignasari, L. V. (2018). Analisis Keuntungan Maksimum Dengan Konsep Turunan Pada Industri Percetakan. VASTUWIDYAVol. 1, No.2, 1 - 6. doi:https://doi.org/10.47532/jiv.v1i2.20
Legowo. (1984). Dasar-dasar Kalkulus dan Penerapannya dalam Ekonomi. In Dasar-dasar Kalkulus dan Penerapannya dalam Ekonomi. (p. 3). Jakarta: Lembaga Penerbitan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Supatimah, S. S. (2019). Optimasi keuntungan dengan metode Branch and Bound. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol.10, No.1, 13 -23. doi:https://doi.org/10.26877/aks.v10i1.3145
Dewi, S. (2016). Pengembangan Modul Matematika Diskritberbasis Information and Communication Technology (ICT). Tesis SPs UNSYIAH. Banda Aceh: tidak diterbitkan.
Ekawati, A. (2016). Penggunaan Software Geogebra dan Microsoft Mathematic dalam Pembelaran Matematika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 148-153.
Fonna, M., & Mursalin, M. (2019, January). Pengembangan Modul Geometri Analitik Bidang Berbantuan Wingeom Software untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa. In Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe (Vol. 2, No. 1).
Muhamad, N. (2017). Pengaruh metode discovery learning untuk meningkatkan representasi matematis dan percaya diri siswa. Jurnal Pendidikan UNIGA, 10(1), 9-22.
Parmin & Peniati, E. (2012). Pengembangan modul mata kuliah strategi belajar mengajar IPA berbasis hasil penelitian pembelajaran. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1), 8-12.
Purnama, M. D., Irawan, E. B., & Sadijah, C. (2017). Pengembangan media box mengenal bilangan dan operasinya bagi siswa kelas 1 di SDN Gadang 1 kota Malang. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 1(1), 46-51.
Risnawati, V. (2012). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Geografi Melalui Metode Carousel Brainstorming (PTK di SMA Negeri 1 Babakan Kabupaten Cirebon) (Doctoral dissertation, IAIN Syekh Nurjati Cirebon).
Syahrir, S., & Susilawati, S. (2015). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 1(2), 162-171.
Syamsuddin, S., Ahmad, H., Hasliana, L., Latif, A., & Tasni, N. (2020). PKM-Peningkatan Keterampilan Guru Matematika SMK Kabupaten Majene Dalam Penggunaan Geoenzo Sebagai Media Pembelajaran Matematika. Jurnal Cemerlang: Pengabdian pada Masyarakat, 3(1), 60-73.
Wahyuni, H. I., & Puspari, D. (2017). Pengembangan modul pembelajaran berbasis kurikulum 2013 kompetensi dasar mengemukakan daftar urut kepangkatan dan mengemukakan peraturan cuti. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen dan Keuangan, 1(1), 54-68.
Copyright (c) 2022 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.