PENGEMBANGAN MODUL GEOMETRI BERBANTUAN SOFTWARE GEOENZO: VALIDASI AHLI MATERI DAN MEDIA

  • Fitri Apriani Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Romadon Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran lukisan dasar geometri berbantuan GeoEnzo. Modul pembelajaran dianalisis kelayakannya. Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate) dengan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan pengisian angket kelayakan media dan materi. Berdasarkan hasil validasi ahli media yang telah dilakukan diperoleh persentase 89% dengan kategori sangat layak digunakan dan hasil validasi materi diperoleh persentase 87% dengan kategori layak digunakan. Kesimpulannya modul pembelajaran lukisan dasar geometri sudah valid dan layak untuk digunakan.

Keywords: Geometri, GeoEnzo, Modul Pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, s. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. In A. Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (p. 109). Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Asyar, B. (2014). Aplikasi Turunan (derivatif) dalam Permasalahan Analisis Keuntungan Maksimal. al-Khwarizmi, Volume II, Edisi I, 1 - 14. doi:https://doi.org/10.24256/jpmipa.v2i1.98

Chiang, A. C. (2005). Dasar-dasar Matematika Ekonomi (Vol. 4). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Dumairy. (1999). Matematika Terapan untuk Bisnis dan Ekonomi. In Matematika Terapan untuk Bisnis dan Ekonomi. (p. 197). yogyakarta, yogyakarta, indonesia: BPFE-Yogyakarta.

Hignasari, L. V. (2018). Analisis Keuntungan Maksimum Dengan Konsep Turunan Pada Industri Percetakan. VASTUWIDYAVol. 1, No.2, 1 - 6. doi:https://doi.org/10.47532/jiv.v1i2.20

Legowo. (1984). Dasar-dasar Kalkulus dan Penerapannya dalam Ekonomi. In Dasar-dasar Kalkulus dan Penerapannya dalam Ekonomi. (p. 3). Jakarta: Lembaga Penerbitan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Supatimah, S. S. (2019). Optimasi keuntungan dengan metode Branch and Bound. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol.10, No.1, 13 -23. doi:https://doi.org/10.26877/aks.v10i1.3145

Dewi, S. (2016). Pengembangan Modul Matematika Diskritberbasis Information and Communication Technology (ICT). Tesis SPs UNSYIAH. Banda Aceh: tidak diterbitkan.

Ekawati, A. (2016). Penggunaan Software Geogebra dan Microsoft Mathematic dalam Pembelaran Matematika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 148-153.

Fonna, M., & Mursalin, M. (2019, January). Pengembangan Modul Geometri Analitik Bidang Berbantuan Wingeom Software untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa. In Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe (Vol. 2, No. 1).

Muhamad, N. (2017). Pengaruh metode discovery learning untuk meningkatkan representasi matematis dan percaya diri siswa. Jurnal Pendidikan UNIGA, 10(1), 9-22.

Parmin & Peniati, E. (2012). Pengembangan modul mata kuliah strategi belajar mengajar IPA berbasis hasil penelitian pembelajaran. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1), 8-12.

Purnama, M. D., Irawan, E. B., & Sadijah, C. (2017). Pengembangan media box mengenal bilangan dan operasinya bagi siswa kelas 1 di SDN Gadang 1 kota Malang. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 1(1), 46-51.

Risnawati, V. (2012). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Geografi Melalui Metode Carousel Brainstorming (PTK di SMA Negeri 1 Babakan Kabupaten Cirebon) (Doctoral dissertation, IAIN Syekh Nurjati Cirebon).

Syahrir, S., & Susilawati, S. (2015). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 1(2), 162-171.

Syamsuddin, S., Ahmad, H., Hasliana, L., Latif, A., & Tasni, N. (2020). PKM-Peningkatan Keterampilan Guru Matematika SMK Kabupaten Majene Dalam Penggunaan Geoenzo Sebagai Media Pembelajaran Matematika. Jurnal Cemerlang: Pengabdian pada Masyarakat, 3(1), 60-73.

Wahyuni, H. I., & Puspari, D. (2017). Pengembangan modul pembelajaran berbasis kurikulum 2013 kompetensi dasar mengemukakan daftar urut kepangkatan dan mengemukakan peraturan cuti. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen dan Keuangan, 1(1), 54-68.

Published
2022-12-27
How to Cite
Fitri Apriani, & Romadon. (2022). PENGEMBANGAN MODUL GEOMETRI BERBANTUAN SOFTWARE GEOENZO: VALIDASI AHLI MATERI DAN MEDIA . JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 8(2), 89-96. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v8i2.1538
Abstract viewed = 191 times
pdf downloaded = 162 times