Media Hippo Animator pada Pembelajaran Statistika dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Statistik dan Self-confidence Mahasiswa di Era Pandemi Covid 19

  • Abas Hidayat Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Cirebon
  • Fani Juliyanto Perdana Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Cirebon

Abstract

Di Era Pandemi Covid 19 perubahan terjadi yaitu pada proses pembelajaran. Proses pembelajaran menjadi  tidak dibatasi oleh ruang dan waktu. Penggunaan ICT merupakan sebuah tantangan dan salah satu bentuk motivasi bagi pengajar untuk dapat berinovasi dalam gaya atau metode mengajar. Hippo Animator memiliki fleksibelitas bagi peserta didik dapat digunakan secara online dan offline. Tujuan Penelitian ini yaitu menganalsis penggunaan Hippo animator dalam upaya mengoptimalkan hasil belajar secara daring di era pandemi covic 19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui desain kuasi-eksperimen. Subjek penelitian ini adalah 164 mahasiswa. 2 kelas adalah kelas kontrol sebanyak 82 mahasiswa.  2 kelas adalah kelas eksperimen sebanyak 82 mahasiswa. Hasil penelitian ini adalah penggunaa Hippo Animasi dapat meningkatkan kemampuan statistika dan self-confidence secara signifikan. Selain itu, dapat meningkatkan kemampuan melek statistik (statistical literacy), penalaran statistik (statistical reasoning) dan berfikir statistik (statistical thinking) secara signifikan. Penerapan Hippo Aminator pada penelitian ini memberikan warna berbeda dalam pembelajaran statistika.

Keywords: hippo Animator; kemampuan statistik; self-confidence

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amanullah, M. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital Guna Menunjang Proses Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 37–44.
Andayani, M., & Amir, Z. (2019). Membangun self-confidence siswa melalui pembelajaran matematika. Desimal: Jurnal Matematika, 2(2), 147–153.
Azzajjad, M. F., Tendrita, M., & Ahmar, D. S. (2021). Effect of animation and review video making (arvima) in non-classical learning model on independent learning and students’ learning outcome. Linguistics and Culture Review, 5(S3), 967–976.
Budin, W. C. (2017). Building Confidence. The Journal of Perinatal Education, 26(3), 197–109.
Das, K. (2019). The role and impact of ICT in improving the quality of education: An overview. International Journal of Innovative Studies in Sociology and Humanities, 4(6), 97–103.
Dennis, M. J. (2020). The impact of COVID‐19 on the world economy and higher education. Enrollment Management Report, 24(9), 3.
Ghufron, N., & Risnawita, R. (2011). Teori-teori Psikologi. Ar-Ruzz Media.
Hafiyusholeh, M. (2015). Literasi statistik dan urgensinya bagi siswa. Wahana: Tridarma Perguruan Tinggi, 64(1), 1–8.
Hidayat, A., & Perdana, F. J. (2019). Pengaruh Self-Efficacy dan Self-Esteem Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Cirebon. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 4(12), 1–16.
Hollis, P. J. (2011). Ideas for improving statistics education. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 28(4), 569–573.
Hosein, A., & Harle, J. (2018). The relationship between students’ prior mathematical attainment, knowledge and confidence on their self-assessment accuracy. Studies in Educational Evaluation, 56, 32–41.
Kurniawati, U., & Koeswanti, H. D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Kodig Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1046–1052.
La Nani, K., & Alhaddad, I. (2020). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan ICT dalam Peningkatan Kemampuan Komunikasi Statistis Siswa SMP Negeri 2 Kota Ternate pada Materi Statistika. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2).
La Nani, K., Bakar, M. T., & Saidi, S. (2020). Peningkatan Kemampuan Penalaran Statistis Mahasiswa Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan ICT. EDUKASI, 18(2).
Martadiputra, B. A. P. (2010). Kajian Tentang Kemampuan Melek Statistis (statistical Literacy), Penalaran Statistis (statistical Reasoning), Dan Berpikir Statistis (statistical Thinking) Guru Smp. Saung-Guru, 83.
Masjudin, M., Muzaki, A., Abidin, Z., & Ariyanti, I. A. P. (2020). Analysis of student’s statistical thinking ability in understanding the statistical data. Journal of Physics: Conference Series, 1521(3), 32063.
Maskur, R., Nofrizal, N., & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177–186.
Nazliati, Sari, R., & Fitriani. (2019). Diagnosis Kecemasan Statistik Pendidikan Pada Mahasiswa Non-Matematika FTIK IAIN Langsa. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 3(1), 61–75.
Puadi, E. F. (2020). Analisis Sikap Siswa terhadap Multimedia Pembelajaran Matematika berbasis ICT dengan Model Computer Assited Insruction (CAI). Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME), 3(1), 32–43.
Pujiastuti, I. (2019). Pengembangan Metode Personal Selling Presentation pada Pembelajaraan Telaah Kurikulum dan Buku Teks. CAHAYA PENDIDIKAN, 5(2).
Rahmat, R. F., Mursyida, L., Rizal, F., Krismadinata, K., & Yunus, Y. (2019). Pengembangan media pembelajaran berbasis mobile learning pada mata pelajaran simulasi digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(2), 116–126.
Sahari, N., Judi, H. M., Mohamed, H., Tengku, Wook, & Tengku, M. (2011). Student’s Attitude towards Statistics Course. Procedia Social and Behavioral Sciences, 18, 287–294.
Sariningsih, R., & Herdiman, I. (2017). Mengembangkan kemampuan penalaran statistik dan berpikir kreatif matematis mahasiswa di Kota Cimahi melalui pendekatan open-ended. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 239–246.
Setiawan, F. T., Suyitno, H., & Susilo, B. E. (2017). Analysis of mathematical connection ability and mathematical disposition students of 11th grade Vocational High School. Unnes Journal of Mathematics Education, 6(2), 152–162.
Sheldrake, R. (2016). Confidence as motivational expressions of interest, utility, and other influences: Exploring under-confidence and over-confidence in science students at secondary school. International Journal of Educational Research, 76, 50–65.
Susilawati, W., Abdullah, R., & Rosyidah, I. (2019). Peningkatan kemampuan berpikir statistis mahasiswa melalui challenge-based learning dengan strategi konflik kognitif. Jurnal Analisa, 5(1), 31–40.
Torres Martín, C., Acal, C., El Homrani, M., & Mingorance Estrada, Á. C. (2021). Impact on the Virtual Learning Environment Due to COVID-19. In Sustainability (Vol. 13, Issue 2). https://doi.org/10.3390/su13020582
Ulpah, M. (2009). Belajar Statistika: Mengapa dan Bagaimana? Jurnal Pemikiran Alternatif Pendidikan, 14(3), 325–435.
Umbara, U., Munir, Susilana, R., & Puadi, E. F. W. (2020). The application of ICT learning through Hippani: The effects on mathematical reasoning ability. Journal of Physics: Conference Series, 1521(3).
Waini, I., Hamzah, K., Mohd, R. S., Miswan, N. . H., Amira, N. Z., & Ahmad, A. (2014). Self Confidence in Mathematics A Case Study on Engineering Technology Students in FTK, UteM. International Journal for Innovation Education and Research, 2(11), 10–13.
Widjayanti, W. R., Masfingatin, T., & Setyansah, R. K. (2018). Media pembelajaran interaktif berbasis animasi pada materi statistika untuk siswa kelas 7 SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 101–112.
Wulandari, A. Y. R. (2017). Pembelajaran menggunakan pendekatan konstruktivisme berbantuan media animasi komputer untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa. Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains), 97–103.
Wulandari, M. P. (2019). Keefektifan Penggunaan Media Video Animasi IPA SD Berbasis Literasi Sains Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV. JURNAL PANCAR (Pendidik Anak Cerdas Dan Pintar), 3(2).
Yaniawati, P., Kariadinata, R., Sari, N., Pramiarsih, E., & Mariani, M. (2020). Integration of e-learning for mathematics on resource-based learning: Increasing mathematical creative thinking and self-confidence. International Journal of Emerging Technologies in Learning (IJET), 15(6), 60–78.
Published
2021-12-15
How to Cite
Hidayat, A., & Juliyanto Perdana, F. (2021). Media Hippo Animator pada Pembelajaran Statistika dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Statistik dan Self-confidence Mahasiswa di Era Pandemi Covid 19. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 7(2), 100.126. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v7i2.1510
Abstract viewed = 249 times
PDF downloaded = 62 times