SELF EFFICACY SISWA SMA SEDERAJAT TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SPLDV SELAMA PEMBELAJARAN DARING
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self efficacy terhadap pemahaman konsep matematika materi SPLDV pada siswa SMA sederajat selama pembelajaran daring. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan metode survei. Instrumen yang digunakan ada 2 angket yaitu angket self efficacy yang menggunakan skala likert dan angket pemahaman konsep yang berupa skala ordinal 1-5. Subyek penelitian adalah 30 orang siswa SMA sederajat. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji linearitas dan uji regresi sederhana. Hasil penelitian diperoleh bahwa adanya hubungan antara self efficacy dengan kemampuan pemahaman konsep siswa selama pembelajaran matematika daring pada materi SPLDV dan ditunjukkan bahwa hubungan antara keduanya tidak saling mempengaruhi dikarenakan nilai korelasinya kecil.
Downloads
References
Agustin, D.Wiji .2014. Pengaruh Doa Terhadap Coping Stress Pada Santri DiPondok Pesantren Sunan Pandanaran Ngunut. IAIN Tulungagung.
Alifia, O.D.A.P., dkk. 2021. Pengaruh kecemasan dan self efficacy siswa terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VII tahun ajaran 2020/2021. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang. Semarang, 11 Agustus 2021
Anandari, D.S. 2013. Hubungan Persepsi Siswa atas Dukungan Sosial Guru dengan Self-Efficacy Pelajaran Matematika pada Siswa SMA Negeri 14 Surabaya. Jurnal Psikologi dan Perkembangan. 2(3), 210-218.
Destiniar, dkk. 2019. Kemampuan Penahaman Konsep Matematis ditinjau dari Self-efficacy Siswa dan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) di SMP Negeri 20 Palembang. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika. 12(1), 115-129.
Hendriana, H., dkk. 2019. Self-efficacy dan Kemampuan Matematis Siswa SMP. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 3 (2), 153-165.
Liana, L. 2009. Penggunaan MRA dengan SPSS untuk Menguji Pengaruh Variabel Moderating terhadap Hubungan antara Variabel Independen dan Variabel Dependen. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK. 14(2), 90-97.
Utami, R.W., dkk. 2017. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Self-efficacy Siswa SMP Negeri di Kabupaten Ciamis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. 4(2), 166-175
Ibrahim, Andi., dkk. 2018. Metodologi Penelitian. Makassar: Gunadarma Ilmu.
Ningsih, F. 2018. Skripsi. Analisis Pemahaman Konsep Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Matematika ditinjau dari Kecerdasan Emosional. Universitas Islam Majapahit: tidak dipublikasikan.
Hasanah, U. 2017. Skripsi. Analisis Pemahaman Konseptual dan Self Efficacy pada Pemecahan Masalah Geometri Siswa SMP. Universitas Muhammadiyah Malang: tidak dipublikasikan.
Suraji, dkk. 2018. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) .Suska Journal of Mathematics Education. 4(1), 9-16.
Abdillah. 2021. “Pengertian dan Metode Penyelesaian SPLDV Secara Lengkap”. https://rumusrumus.com/spldv/ (diakses tanggal 24 Oktober 2021).
Lararenjana, E. 2021. “SPSS adalah Program Analisis Statistika, Pelajari Kegunaan Serta Sejarahnya”. https://www.merdeka.com/jatim/spss-adalah-program-analisis-statistika-pelajari-kegunaan-serta-sejarahnya-kln.html (diakses tanggal 27 Oktober 2021)
Dimyati A, dkk. 2018. Pemanfaatan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran Daring (on Line) Bagi Guru Dan Siswa Di SMK NU Rogojampi.” J-Dinamika : Jurnal Pengabdian Masyarakat. 2(2), 96–100.
Putri, A. dkk. 2021. Pengaruh Kecemasan Dan Self-Efficacy Siswa Terhadap Pemahaman Konsep Matematika SMP Kelas VII Tahun Ajaran. SENATIK. 31–36.
Ramadhani, R. & Siregar, R. 2021. Analisis Self Efficacy Matematika Siswa Terhadap Pembelajaran Daring pada masa Pandemi Covid-19.MAJU. 8(2),367–75.
Saputra, Rendi. 2019. Tujuan Pembelajaran Matematika. Journal of Chemical Information and Modeling. 53(9),1689–99.
Soeprianto, Harry. 2009. Penerapan Pembelajaran Nilai-Nilai Yang Terintegrasi Dalam Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Education. 4(2),29–37.
Sukmawati, Rika. 2017. Pengaruh Pembelajaran Interaktif Dengan Strategi Drill Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika. 10(2),95–104.
Syarifudin, A. 2020. Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua. 5(1),31–34.
Copyright (c) 2022 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.