Pengaruh Teknik Think-Pair-Share Dalam Strategi Konflik Kognitif Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa

  • Handayani Eka Putri Akademi Maritim Cirebon
  • Yosi Adiputra Akademi Maritim Cirebon

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi geometri SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh teknik think-pair-share dalam strategi konflik kognitif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMA Binaul Ummah Kabupaten Kuningan tahun pelajaran 2021-2022. Pengambilan sampel penelitian menggunakan purposive sampling dan didapat 2 kelompok dengan jumlah 58 siswa. Data yang diperoleh diambil dari jawaban soal tes kemampuan pemecahan masalah matemais berupa soal uraian sebanyak 5 butir soal yang valid dan reliabel. Analisis data kuantitatif dilakukan dengan menggunakan uji independent sample t-test. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa nilai signifikansi (0,002) < α (0,05) artinya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol. Selain itu, diperoleh nilai Effect Size sebesar 0,45 yang menunjukkan bahwa teknik think-pair-share memberikan efek sedang pada strategi konflik kognitif

 

Kata Kunci : Konflik Kognitif, think-pair-share, pemecahan masalah matematis

  

AbstractThe Background of this research is low ability of mathematical problem solving on geometry material in high school. The aims of This research is to determine the effect of  think-pair-share technique in cognitive conflict strategies to improve students' mathematical problem solving abilities. This research belongs to the type of quasi-experimental research. The population in this research are all class XII students of SMA Binaul Ummah, Kuningan, for the academic year 2021-2022. The research sample was taken using purposive sampling and obtained 2 groups with a total of 58 students. The data obtained were taken from the answers to the mathematical problem-solving ability test which consist of 5 question and it has  valid and reliable. Quantitative data analysis was performed using the independent sample t-test. The results showed that the significance value (0.002) < (0.05) means that the increase in students' mathematical problem solving abilities in the experimental class is better than the control class. In addition, an Effect Size value of 0.45 was obtained, which indicates that the think-pair-share technique has a moderate effect on cognitive conflict strategies 

Keywords: Cognitive Conflict, think-pair-share, mathematical problem solving

Keywords: Konflik Kognitif, think-pair-share, pemecahan masalah matematis

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Adiputra, Y. 2015. Tesis. Analisis Proses Berpikir Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematis dan Efektivitas Strategi Abduktif - Deduktif untuk Mengatasi Kesulitannya. Bandung: SPs UPI . Tidak diterbitkan.

Arends, Richard I. 2008. Learning to Teach: Belajar untuk Mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ismaimuza, D. (2013). Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Strategi Konflik Kognitif. Jurnal Teknologi (Sciences & Engineering) 63:2 (2013), 33–37.

Kemendikbud. 2013. Handout Pelatihan Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud

Lee, G. dkk.(2003). Development of an instrument for measuring cognitive conflict inSecondary-Level Science Classes.Journal of Research in Science Teaching, 40 (6),hlm.585–603.

Prata, et.al. (2009). Detecting and Understanding the Impact of Cognitive and Interpersonal Conflict in Computer Supported Collaborative Learning Environments. International Conference on Educational Data Mining (EDM) Cordoba, Spain

Rahman, S.A. 2013. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah, Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis, dan Adversity Quotient Siswa SMP dengan Pendekatan Open-Ended. Tesis : UPI. Bandung : Tidak Diterbitkan.

Nugraha, A., & Zanthy, L. 2018. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA Pada Materi Sistem Persamaan Linear. Journal on Education,1(2),179-187.

Rahmad, N.B. 2012. Analisis Kesulitan Siswa SMK pada Materi Pokok Geometri Dan Alternatif Pemecahannya. Makalah Seminar Nasional Pendidikan Matematika : Surakarta

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Published
2021-12-10
How to Cite
Handayani Eka Putri, & Adiputra, Y. (2021). Pengaruh Teknik Think-Pair-Share Dalam Strategi Konflik Kognitif Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 7(2), 39-48. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v7i2.1489
Abstract viewed = 34 times
pdf downloaded = 37 times