DESKRIPSI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE SISWA PADA ETNIK TIDAYU

kemampuan komunikasi, Self Confidence

  • Waliyanti STKIP Singkawang
  • Mariyam STKIP Singkawang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis dan sel confodence siswa pada etnik tidayu . subjek dari penelitian ini adalah siswa SMPN 5 Singkawang kelas VII. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif . instrumen dalam penelitian ini yaitu tes tertulis kemampuan komunikasi matematis dan non tes yaitu angket sel confodence. Hasil dari penelitian ini adalah pada  etnik Tionghoa pada kategori hasil angket sedang  berjumlah 4 siswa dan hasil angket  rendah  berjumlah 1 siswa dengan rata – rata hasil tes sebesar  36 termasuk pada kategori sedang. Pada etnik Dayak pada kategori hasil angket sedang berjumlah 5 siswa dengan rata – rata hasil tes sebesar 9 termasuk pada kategori rendah. Selain itu, terlihat bahwa etnik Melayu pada kategori hasil angket sedang  berjumlah 4  siswa dan rendah berjumlah 1 siswa dengan rata – rata hasil tes sebesar  31 termasuk pada kategori rendah.

 

Keywords: Kemampuan Komunikasi, Self Confidence

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achdiyat, M., & Lestari, K. D. (2016). Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kepercayaan Diri dan Keaktifan Siswa di Kelas. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1).
Aminah, S., Wijaya, T. T., & Yuspriyati, D. (2018). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa kelas viii pada materi himpunan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 15-22.
Amin, Z. N. (2015). Pengaruh Identitas Etnis Terhadap Orientasi Karir Siswa Keturunan Jawa dan Siswa Keturunan Tionghoa. In Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling Universitas Negeri Semarang 2015.


National Council of Teacher of Mathematics (NCTM). (2000). Curriculum And Evaluation Standars for School Mathematics, United States of America: TheNational Council of Teachers of Mathematics Inc.
Noviyana, I. N., Dewi, N. R., & Rochmad, R. (2019, February). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari Self-Confidence. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 2, pp. 704-709).
Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, Hilos Tensados (2019).https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Rizqi, A. A., Suyitno, H., & Sudarmin, S. (2016). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Kepercayaan Diri Siswa Melalui Blended Learning. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 5(1), 17-23.

Syam, A., & Amri, A. (2017). Pengaruh kepercayaan diri (sel confodence) berbasis kaderisasi IMM terhadap prestasi belajar mahasiswa (studi kasus di program studi pendidikan biologi fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas muhammadiyah parepare). Jurnal Biotek, 5(1), 87-102
Triana, C. R., & Rahmi, D. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Materi Lingkaran: Analisis Deskriptif Berdasarkan Sel confodence Siswa SMP IT Insan Utama 2. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 4(1), 19-28.
Widyaningrum, D., Mariani, S., & Sutikno. 2015. “Analysis of Student‟s Confidence and Mathematical Communication in Reciprocal Teaching with Media „Wayang‟”. Proceeding. International Conference on Mathematics, Science, and Education 2015 at Semarang State University. Semarang, 5 – 6 September 2015.
Published
2021-12-10
How to Cite
Waliyanti, & Mariyam. (2021). DESKRIPSI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE SISWA PADA ETNIK TIDAYU. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 7(2), 9-22. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v7i2.1445
Abstract viewed = 62 times
pdf downloaded = 38 times