DESKRIPSI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE SISWA PADA ETNIK TIDAYU
kemampuan komunikasi, Self Confidence
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis dan sel confodence siswa pada etnik tidayu . subjek dari penelitian ini adalah siswa SMPN 5 Singkawang kelas VII. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif . instrumen dalam penelitian ini yaitu tes tertulis kemampuan komunikasi matematis dan non tes yaitu angket sel confodence. Hasil dari penelitian ini adalah pada etnik Tionghoa pada kategori hasil angket sedang berjumlah 4 siswa dan hasil angket rendah berjumlah 1 siswa dengan rata – rata hasil tes sebesar 36 termasuk pada kategori sedang. Pada etnik Dayak pada kategori hasil angket sedang berjumlah 5 siswa dengan rata – rata hasil tes sebesar 9 termasuk pada kategori rendah. Selain itu, terlihat bahwa etnik Melayu pada kategori hasil angket sedang berjumlah 4 siswa dan rendah berjumlah 1 siswa dengan rata – rata hasil tes sebesar 31 termasuk pada kategori rendah.
Downloads
References
Aminah, S., Wijaya, T. T., & Yuspriyati, D. (2018). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa kelas viii pada materi himpunan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 15-22.
Amin, Z. N. (2015). Pengaruh Identitas Etnis Terhadap Orientasi Karir Siswa Keturunan Jawa dan Siswa Keturunan Tionghoa. In Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling Universitas Negeri Semarang 2015.
National Council of Teacher of Mathematics (NCTM). (2000). Curriculum And Evaluation Standars for School Mathematics, United States of America: TheNational Council of Teachers of Mathematics Inc.
Noviyana, I. N., Dewi, N. R., & Rochmad, R. (2019, February). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari Self-Confidence. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 2, pp. 704-709).
Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, Hilos Tensados (2019).https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Rizqi, A. A., Suyitno, H., & Sudarmin, S. (2016). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Kepercayaan Diri Siswa Melalui Blended Learning. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 5(1), 17-23.
Syam, A., & Amri, A. (2017). Pengaruh kepercayaan diri (sel confodence) berbasis kaderisasi IMM terhadap prestasi belajar mahasiswa (studi kasus di program studi pendidikan biologi fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas muhammadiyah parepare). Jurnal Biotek, 5(1), 87-102
Triana, C. R., & Rahmi, D. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Materi Lingkaran: Analisis Deskriptif Berdasarkan Sel confodence Siswa SMP IT Insan Utama 2. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 4(1), 19-28.
Widyaningrum, D., Mariani, S., & Sutikno. 2015. “Analysis of Student‟s Confidence and Mathematical Communication in Reciprocal Teaching with Media „Wayang‟”. Proceeding. International Conference on Mathematics, Science, and Education 2015 at Semarang State University. Semarang, 5 – 6 September 2015.
Copyright (c) 2021 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.