Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar teori Honey Mumford
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahhan masalah matematis siswa di SMA Negeri 6 Singkawang ditinjau dari gaya belajar menurut honey mumford pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Jenis peneltian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 6 Singkawang yang berjumlah 21 orang. Teknik pengumpulan data yag digunakan adalah teknik kuesioner, teknik tes dan teknik wawancara. Instrument dalam penelitian ini adalah angket gaya belajar Honey mumford, soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Siswa yang memiliki gaya belajar aktivis memiliki kecendrungan senang dengan pengalaman atau permasalahan baru, siswa dengan tipe gaya belajar ini mampu memahami masalah, merencanakan masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan penyelesaian namun sedikit tergesa-gesa dalam memerikasa kembali. 2) siswa degan gaya belajar reflektor memiliki kemampuan observasi yang tinggi sehingga membantu siswa dalam menyelesaikan masalah namun melakukan kesalahn jika di bawah tekanan. 3) siswa yang memiliki gaya belajar pragmatis memiliki kecendrungan menyukai cara-cara praktis dalam belajar, siswa dengan gaya belajar ini mengalami kesulitan saat merencanakan penyelesaian. 4) Siswa yang memiliki gaya belajar teoritis memiliki kemampuan pemecahan yang baik .
Kata Kunci: kemampuan pemecahan masalah, gaya belajar, honey mumford.
Downloads
References
Dahar, R.W. 2011. Teori-Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Erlangga
Handoko , Z.P.,& Wrastati,A.T. 2014. Hubungan Gaya Belajar dengan Metode Pengajaran Guru SMA di Kawasan Surabaya. Jurnal Psikologis Klinis dan Mental. 3(2): 90-96
Heryani,Y.,& Ramadani.R. 2019. Analisis kemampun pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Berdasarkan Gaya belajar. Jurnal Metaedukasi. 1(2): 66-71
Mariam,S., Nurmala,N., Nurdianti, D., Rustyani,N., Desi,A.,A Hidayat,W. 2019. Analisis Kemapuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTsN dengan Menggunakan Metode Opend Ended di Bandung Barat. Jurnal Pendidikan Matematika. 3(1): 178-186
Palapasari,R., & Angga, M. 2019. Pengaruh Penerapan Konstruktivitas Realistik dan Kemampuan Dasar matematika Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika. 8 (1): 45-56
Perni,N.N. 2018. Penerapan Teori Belajar Humanistik dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar. 3 (1)
Rosmawati, Elniati., S. Murni, D. 2012. Kemampuan Pemecahan Masalah dan Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Problem Solving. Jurnal Pendidikan Matematika 1 (1): 80-84
Sanjaya, I.I, Maharani, H.R.,& Basir,M.A. 2018. Kemampuan Representasi Matematis siswa pada Materi Lingkaran Berdasarkan gaya Belajar Honey Mumford. Jurnal Penelitian Didaktik Matematika. 292): 60-72
Sugiyono. (2014). Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis dan Disertasi. Bandung : CVAlfabeta.
Sugiyono. (2015). Metdoe Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : CV Alfabeta.
Zakirman. 2017. Pengelompokan Gaya Belajar Mahasiswa menurut Teori Honey Mumford Dalam Paradigma Perpustakaan. Jurnal Perpustakaan, Arsip dan Dokumen. 8(2):133-142
Copyright (c) 2021 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.