Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar teori Honey Mumford

  • Nindy Citroresmi STKIP Singkawang
  • Evi Susanti STKIP SINGKAWANG

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahhan masalah matematis siswa di SMA Negeri 6 Singkawang ditinjau dari gaya belajar menurut honey mumford pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Jenis peneltian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 6 Singkawang yang berjumlah 21 orang. Teknik pengumpulan data yag digunakan adalah teknik kuesioner, teknik tes dan teknik wawancara. Instrument dalam penelitian ini adalah angket gaya belajar Honey mumford, soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Siswa yang memiliki gaya belajar aktivis memiliki kecendrungan senang dengan pengalaman atau permasalahan baru, siswa dengan tipe gaya belajar ini mampu memahami masalah, merencanakan masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan penyelesaian namun sedikit tergesa-gesa dalam memerikasa kembali. 2) siswa degan gaya belajar reflektor memiliki kemampuan observasi yang tinggi sehingga membantu siswa dalam menyelesaikan masalah namun melakukan kesalahn jika di bawah tekanan. 3) siswa yang memiliki gaya belajar pragmatis memiliki kecendrungan menyukai cara-cara praktis dalam belajar, siswa dengan gaya belajar ini mengalami kesulitan saat merencanakan penyelesaian. 4) Siswa yang memiliki gaya belajar teoritis memiliki kemampuan pemecahan yang baik .
Kata Kunci: kemampuan pemecahan masalah, gaya belajar, honey mumford.

Keywords: kemampuan pemecahan masalah, gaya belajar, honey mumford.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arum,S.Z.P.,& Khabibah, S. 2016. Profil Pemecahan Masalah Matematika Sisswa SMMA ditinjau dari Gaya Belajar Honey Mumford. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 3(5): 549-550

Dahar, R.W. 2011. Teori-Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Erlangga

Handoko , Z.P.,& Wrastati,A.T. 2014. Hubungan Gaya Belajar dengan Metode Pengajaran Guru SMA di Kawasan Surabaya. Jurnal Psikologis Klinis dan Mental. 3(2): 90-96


Heryani,Y.,& Ramadani.R. 2019. Analisis kemampun pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Berdasarkan Gaya belajar. Jurnal Metaedukasi. 1(2): 66-71

Mariam,S., Nurmala,N., Nurdianti, D., Rustyani,N., Desi,A.,A Hidayat,W. 2019. Analisis Kemapuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTsN dengan Menggunakan Metode Opend Ended di Bandung Barat. Jurnal Pendidikan Matematika. 3(1): 178-186

Palapasari,R., & Angga, M. 2019. Pengaruh Penerapan Konstruktivitas Realistik dan Kemampuan Dasar matematika Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika. 8 (1): 45-56

Perni,N.N. 2018. Penerapan Teori Belajar Humanistik dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar. 3 (1)

Rosmawati, Elniati., S. Murni, D. 2012. Kemampuan Pemecahan Masalah dan Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Problem Solving. Jurnal Pendidikan Matematika 1 (1): 80-84

Sanjaya, I.I, Maharani, H.R.,& Basir,M.A. 2018. Kemampuan Representasi Matematis siswa pada Materi Lingkaran Berdasarkan gaya Belajar Honey Mumford. Jurnal Penelitian Didaktik Matematika. 292): 60-72

Sugiyono. (2014). Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis dan Disertasi. Bandung : CVAlfabeta.

Sugiyono. (2015). Metdoe Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : CV Alfabeta.
Zakirman. 2017. Pengelompokan Gaya Belajar Mahasiswa menurut Teori Honey Mumford Dalam Paradigma Perpustakaan. Jurnal Perpustakaan, Arsip dan Dokumen. 8(2):133-142
Published
2021-12-10
How to Cite
Citroresmi, N., & Susanti, E. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar teori Honey Mumford . JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 7(2), 1-8. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v7i2.1442
Abstract viewed = 622 times
pdf downloaded = 0 times pdf downloaded = 769 times