KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS BERDASARKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMI

  • Citra Utami STKIP Singkawang

Abstract

Fokus penelitian ini adalah untuk melihat kemampuan pemahaman konsep matematis berdasarkan motivasi belajar siswa pada materi limit fungsi dimasa pandami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis berdasarkan motivasi belajar siswa pada materi limit fungsi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun 2020/2021 di SMAN 4 Singkawang. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA 1 SMAN 4 Singkawang dengan jumlah sampel sebanyak satu kelas yang terdiri dari 32 siswa. Data yang dikumpulkan berupa soal tes kemampuan pemahaman konsep dan angket motivasi belajar siswa. Soal tes digunakan untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi limit fungsi yang terdiri dari empat soal dengan empat indikator yang berbeda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) siswa dengan motivasi belajar tinggi memiliki kemampuan pemahaman konsep dengan nilai rata-rata sebesar 70 (kategori sedang). 2) Untuk siswa dengan motivasi belajar sedang memiliki kemampuan pemahaman konsep dengan nilai rata-rata sebesar 69,88 (kategori sedang). 3) Pada siswa dengan motivasi belajar rendah tidak ada.

Keywords: Kemampuan pemahaman konsep, motivasi belajar siswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Damayanti, F., & Rufiana, I. S. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Bangun Ruang Kubus Dan Balok Ditinjau Dari Motivasi Belajar. Edupedia, 4(2), 172-180.
Depdiknas. 2003. Pedoman Khusus Pengembangan Sistem Penilaian Berbasis Kompetensi SMP. Jakarta: Depdiknas.
Emda, A. (2018). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172-182.
Fadhila El Husna, Fitriani Dwina dan Dewi Murni. (2014). Penerapan Strategi REACT dalamMeningkatkan Kemamupan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X SMAN 1Batang Anai. Jurnal Pendidikan Matematika, 3 (1), Jurnal Pendidikan Matematika, 3 (2), 26-30
Fahmi, dkk. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Motivasi dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII B. JMPM,5(1), 85-89
Fajar, A. P., Kodirun, K., Suhar, S., & Arapu, L. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 229-239.
Kartika, Y. (2018). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas vii smp pada materi bentuk aljabar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2), 777-785.
Khodijah, N. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Lestari, Karunia Eka dan Mokhammad Ridwan Yudhanegara. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
Lestari, Witri. 2012. Efektifitas Strategi Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap Hasil belajar Matematika. Jurnal Formatif, 2(3): 170-181.
Mutoharo, dkk. (2015). Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Pemahaman Konsep IPA pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri21 Surabaya. e-Journal UNESA (Pendidikan Sains), 3(2), 1-9.
National Council of Teachers of Mathematics (NCTM). (2000). Principle and Standards for School Mathematics. NCTM. Virginia: Reston.
Sardiman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali
Utami, C., & Anitra, R. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Berdasarkan Gender pada Pembelajaran Realistic Mathematics Education Berbantuan Alat Peraga PANDU. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(3), 475-489.
Published
2022-06-20
How to Cite
Utami, C. (2022). KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS BERDASARKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMI. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 8(1), 156-165. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v8i1.1441
Abstract viewed = 47 times
pdf downloaded = 25 times