KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS BERDASARKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMI
Abstract
Fokus penelitian ini adalah untuk melihat kemampuan pemahaman konsep matematis berdasarkan motivasi belajar siswa pada materi limit fungsi dimasa pandami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis berdasarkan motivasi belajar siswa pada materi limit fungsi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun 2020/2021 di SMAN 4 Singkawang. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA 1 SMAN 4 Singkawang dengan jumlah sampel sebanyak satu kelas yang terdiri dari 32 siswa. Data yang dikumpulkan berupa soal tes kemampuan pemahaman konsep dan angket motivasi belajar siswa. Soal tes digunakan untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi limit fungsi yang terdiri dari empat soal dengan empat indikator yang berbeda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) siswa dengan motivasi belajar tinggi memiliki kemampuan pemahaman konsep dengan nilai rata-rata sebesar 70 (kategori sedang). 2) Untuk siswa dengan motivasi belajar sedang memiliki kemampuan pemahaman konsep dengan nilai rata-rata sebesar 69,88 (kategori sedang). 3) Pada siswa dengan motivasi belajar rendah tidak ada.
Downloads
References
Damayanti, F., & Rufiana, I. S. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Bangun Ruang Kubus Dan Balok Ditinjau Dari Motivasi Belajar. Edupedia, 4(2), 172-180.
Depdiknas. 2003. Pedoman Khusus Pengembangan Sistem Penilaian Berbasis Kompetensi SMP. Jakarta: Depdiknas.
Emda, A. (2018). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172-182.
Fadhila El Husna, Fitriani Dwina dan Dewi Murni. (2014). Penerapan Strategi REACT dalamMeningkatkan Kemamupan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X SMAN 1Batang Anai. Jurnal Pendidikan Matematika, 3 (1), Jurnal Pendidikan Matematika, 3 (2), 26-30
Fahmi, dkk. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Motivasi dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII B. JMPM,5(1), 85-89
Fajar, A. P., Kodirun, K., Suhar, S., & Arapu, L. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 229-239.
Kartika, Y. (2018). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas vii smp pada materi bentuk aljabar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2), 777-785.
Khodijah, N. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Lestari, Karunia Eka dan Mokhammad Ridwan Yudhanegara. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
Lestari, Witri. 2012. Efektifitas Strategi Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap Hasil belajar Matematika. Jurnal Formatif, 2(3): 170-181.
Mutoharo, dkk. (2015). Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Pemahaman Konsep IPA pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri21 Surabaya. e-Journal UNESA (Pendidikan Sains), 3(2), 1-9.
National Council of Teachers of Mathematics (NCTM). (2000). Principle and Standards for School Mathematics. NCTM. Virginia: Reston.
Sardiman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali
Utami, C., & Anitra, R. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Berdasarkan Gender pada Pembelajaran Realistic Mathematics Education Berbantuan Alat Peraga PANDU. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(3), 475-489.
Copyright (c) 2022 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.