Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Aplikasi Android untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep pada Materi Transformasi Geometri Kelas IX

  • Reggina Dwiputri Mahasiswa
  • Jajang Rohmatudin
  • Titi Rohaeti

Abstract

Masalah yang terjadi yaitu sedikitnya alternatif pembelajaran pada masa pandemi mengakibatkan makin sulitnya memahami pelajaran matematika terutama pada materi transformasi geometri submateri rotasi yang seharusnya pembelajaran terjadi secara interaktif namun tidak terlaksana. Adapun tujuan penelitian ini adalah membuat media pembelajaran matematika berbasis aplikasi android pada materi transformasi geometri dengan submateri rotasi kelas IX. Research and Development merupakan jenis dari penelitian ini serta mengadopsi model ADDIE (Analysis, Desaign, Development, Implementation, Evaluation) dengan tujuan mengetahui kelayakan serta respon peserta didik.  Pengumpulan data menggunakan angket skala likert modifikasi dengan menghilangkan pilihan netral. Kelayakan media pembelajaran akan divalidai oleh 2 ahli materi dan 2 ahli media, dan respon peserta didik menggunakan teknik purposive sampling dengan 12 peserta didik kelas 9C. Namun karena keterbatasan penelitian ini hanya sampai tahap implementasi. Penelitian ini menghasilkan sebuah produk berupa media pembelajaran matematika berbasis aplikasi android untuk meningkatkan pemahaman konsep pada materi transformasi geometri kelas IX. Kelayakan pada media pembelajaran memperoleh skor total 188 dengan persentase 94% kategori “Sangat Layak” sedangkan respon peserta didik memperoleh skor total 215 dengan persentase 89.58% kategori “Sangat Baik”.

The problem that occurs is that the lack of learning alternatives during the pandemic makes it increasingly difficult to understand mathematics lessons, especially in the rotational submaterial geometry transformation material, which should be taught interactively but is not implemented. The purpose of this research is to create an android application-based mathematics learning media on geometry transformation material with rotation submaterial for class IX. Research and Development is a type of this research and adopts the ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) with the aim of knowing the feasibility and responses of students. Collecting data using a modified Likert scale questionnaire by eliminating the neutral choice. The feasibility of learning media will be validated by 2 material experts and 2 media experts, and student responses using purposive sampling technique with 12 students in grade 9C. However, due to the limitations of this research, it is only up to the implementation stage. This research produces a product in the form of an android application-based mathematics learning media to improve understanding of concepts in the geometry transformation material for class IX. The feasibility of learning media obtained a total score of 188 with a percentage of 94% in the "Very Eligible" category while the student responses obtained a total score of 215 with a percentage of 89.58% in the "Very Good" category.

Keywords: R&D, Media Pembelajaran, Transformasi Geometri, Aplikasi Android, Pemahaman Konsep

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anesia, R., Anggoro, B. S., & Gunawan, I. (2018). Pengembangan Media Komik Berbasis Android Pada. 01(1), 53–57.
Batubara, H. H. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika berbasis Android untuk Siswa SD/MI. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 3(1), 12–27. http://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf%0Ahttp://fiskal.kemenkeu.go.id/ejournal%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.cirp.2016.06.001%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.powtec.2016.12.055%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ijfatigue.2019.02.006%0Ahttps://doi.org/10.1
Fatimah, S., & Mufti, Y. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Ipa-Fisika Handphone Berbasis Android Sebagai Penguat. X(1), 59–64.
hanafi, M., Wulandari, K. N., & Wulansari, R. (2017). Transformasi Geometri Rotasi Berbantuan Software Geogebra. Fibonacci Jurnal Pendidikan Matematika Dan MAtematika, 3(2), 93–102.
Juannita, & Adhi, B. P. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Sistem Pencernaan Manusia Untuk Kelas 8 Smp Dengan Fitur Augmented Reality Berbasis Android ( Studi Kasus : Smpn 7 Depok ) Avalaiable at : Avalaiable at : 76–81.
Maiyana, E. (2018). Pemanfaatan Android Dalam Perancangan Aplikasi Kumpulan Doa. Jurnal Sains Dan Informatika, 4(1), 54–65. https://doi.org/10.22216/jsi.v4i1.3409
Media Indonesia ( 2021, Maret 7) Kemenkominfo: 89% Penduduk Indonesia
Menggunakan Handphone. Retrieved 7 Maret 2021, from https://mediaindonesia.com/humaniora/389057/kemenkominfo-89-penduduk-indonesia-gunakan-handphone
Meirawati Handayani, I., & Sulisworo, D. (2021).
Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbantuan Development Of Geogebra-Assisted Mathematics Learning Media On Geometry Transformation Materials. 4.
Mustaqbal, M. S., Firdaus, R. F., & Rahmadi, H. (2015). Pengujian Aplikasi Menggunakan Black Box Testing Boundary Value Analysis (Studi Kasus : Aplikasi Prediksi Kelulusan Snmptn). I(3), 31–36.
Mutia, M. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa SMP Kelas IX dalam Memahami Konsep Tabung dan Alternatif Pemecahannya dengan Pendekatan Pemecahan Masalah. Jurnal Equation: Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 2(1), 1. https://doi.org/10.29300/equation.v2i1.2305
Nila, K. (2008). Pemahaman konsep matematik dalam pembelajaran matematika. Prosiding SeminarNasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta, 229–235.
Nur, I. L., Harahap, E., Badruzzaman, F. H., & Darmawan, D. (2017). Pembelajaran Matematika Geometri Secara Realistis Dengan GeoGebra. 16(2), 1–6.
Putra, R. W. Y., & Anggraini, R. (2016). Pengembangan bahan ajar materi trigonometri berbantuan software iMindMap pada siswa SMA. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 39–47.
Rahmaibu, F. H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Dengan Menggunakan Adobe Flash Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Studi Kasus: Sdi Al Madina Semarang. https://lib.unnes.ac.id/24463/1/1401412398.pdf
Statcounter ( 2021) Pangsa Pasar Verdor Seluler Indonesia Retrieved
5 September 2021, from https://gs.statcounter.com/vendor-market-share/mobile/indonesia
Published
2021-12-11
How to Cite
Dwiputri, R., Rohmatudin, J., & Rohaeti, T. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Aplikasi Android untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep pada Materi Transformasi Geometri Kelas IX. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 7(2), 79-89. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v7i2.1431
Abstract viewed = 1095 times
pdf downloaded = 659 times