MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING

  • Uba Umbara

Abstract

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di salah satu SMA Negeri di
Kabupaten Kuningan sedangkan sampel adalah siswa kelas XI IPA dengan
mengambil dua kelas, satu kelas sebagai kelas kontrol dan satu kelas sebagai kelas
eksperimen. Dari hasil pembelajaran yang menggunakan metode penemuan
terbimbing dan setelah data dianalisis, diperoleh hasil siswa yang mendapat
pembelajaran dengan metode penemuan terbimbing memperoleh peningkatan
kemampuan koneksi matematis yang lebih baik dibanding siswa yang belajar
matematika dengan pembelajaran konvensional. Siswa yang mendapat pembelajaran
dengan metode penemuan terbimbing memperoleh peningkatan kemampuan
pemecahan masalah matematis yang lebih baik dibanding siswa yang belajar
matematika dengan pembelajaran konvensional serta terdapat hubungan yang saling
mempengaruhi antara kemampuan koneksi dengan kemampuan pemecahan
masalah matematis siswa yang mengikuti pembelajaran melalui metode penemuan
terbimbing.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-05-02
How to Cite
Umbara, U. (2016). MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 2(1), 146-157. Retrieved from http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/jumlahku/article/view/143
Abstract viewed = 132 times

Most read articles by the same author(s)

> >>