PENERAPAN PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN GENERALISASI MATEMATIKA SISWA SMP

  • Zuli Nuraeni

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah siswa pada kelas eksperimen yang
belajar geometri dengan pembelajaran penemuan terbimbing memiliki perbedaan
kemampuan generalisasi matematik secara signifikan dibandingkan siswa kelas
kontrol yang belajar secara konvensional. Sampel terdiri dari tiga kelas, dipilih dari
kelas VII secara random klaster. Alat pengumpul data berupa tes bentuk essay dan
format observasi. Hasil penelitian menunjukkan: Terdapat perbedaan secara
signifikan kemampuan generalisasi matematik siswa kelas eksperimen dibandingkan
dengan siswa kelas kontrol. Disimpulkan bahwa belajar geometri dengan
pembelajaran penemuan terbimbing merupakan alternatif untuk meningkatkan
kemampuan generalisasi matematik siswa.

Published
2016-05-02
How to Cite
NURAENI, Zuli. PENERAPAN PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN GENERALISASI MATEMATIKA SISWA SMP. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 119-132, may 2016. ISSN 2654-833X. Available at: <http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/jumlahku/article/view/141>. Date accessed: 23 oct. 2019.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.